Ekspedisi IOTA OC-237 Pulau Panjang

20161119_053011
Baru sekarang saya bisa menuangkan sedikit pengalaman mengikuti sebuah Expedition IOTA (Island On The Air). Sebagai seorang pemula, tentunya ini adalah kesempatan yang sangat langka. Bisa banyak belajar tentang apa itu IOTA, persiapan sebelum pelaksanaan hingga sampai pada apa yang harus dilakukan setelah selesai pelaksanaan IOTA. Nah, kalau anda tertarik ingin menggali lebih dalam tentang IOTA, silahkan telusuri semua informasinya di https://www.rsgbiota.org/. Pelaksanaan IOTA ini diadakan dalam rangka hari ulang tahun propinsi Banten yang ke-16 dan mengudara dengan callsign YB16T. Tentang YB16T anda silahkan lihat di https://www.qrz.com/db/YB16T.

800px-peta_pulo_panjangGambar diatas adalah Pulau Panjang yang letaknya persis di atas Pulau Jawa sisi utara. Secara kepemerintahaan masuk di Kabupaten Serang, Propinsi Banten dengan posisi pada  6º25’18”-6º28’12” Lintang Selatan dan 106º22’9″-106º25’36” Bujur Timur. Untuk menuju ke Pulau Panjang kita harus menyebrang melewati Bojonegara, tepatnya di Pol Air Grenyang, Kecamatan Pulo Ampel.

20161118_144310
Terlihat beberapa crew sedang loading genset ke sebuah perahu kecil. Pulau panjang tidak mempunyai supply listrik 24 Jam. Penerangan disana aktif hanya ketika malam hari dari jam 18.00 WIB sampai 07.00 WIB. Sehingga untuk bisa mengudara selama 24 Jam harus menggunakan genset. Kami membawa 2 genset untuk mengantisipasi terjadinya malfungsi genset utama.

20161118_144411
Ini adalah perahu kecil yang akan mengantarkan kami menuju ke Pulau Panjang. Kami menyebrang pukul 15.00 WIB dan berharap sampai dilokasi masih tidak terlalu sore agar mudah untuk instalasi antena. Perahu ini walaupun kecil namun cukup leluasa untuk mengangkut penumpang sebanyak 20 orang dengan beban bawaan kami yang luar biasa beratnya, terutama 2 genset tersebut. Untuk Antena kami sengaja membawa antena yang sifatnya ringan dan mudah diinstall. Bahan joran pancing dengan kabel NYAF 1.5mm menjadi favorit kami.

20161118_145426Nah lihat, equipment IOTA kami. Dengan logistik yang dihitung mampu untuk supply kegiatan selama 2 hari membuat lumayan jadi persiapan tersendiri.

20161118_150222
Perjalanan menuju pulau Panjang tidak terlalu lama. Dengan waktu sekitar 25 menit, kami sampai dilokasi. Untunglah walaupun dibulan November – Desember menurut prakiraan cuaca sangat ekstrim, namun pada saat kami menyebrang cuaca sangat bagus. Angin tidak terlalu besar sehingga kami masih  bisa menikmati perjalanan.

20161119_052938
Inilah dermaga Pasir Putih, Desa Pulo Panjang. Didekat dermaga ada sebuah bangunan Pos TNI AL yang akan digunakan untuk mengudara selama 2 hari nanti. Rekan-rekan dari TNI AL sangat welcome sekali dan support dalam kegiatan tersebut.

20161119_053910
Seperti biasa kami membagi beberapa team untuk mempermudah persiapan dalam mendirikan station. Terlihat team electricity sudah menginstal dengan baik kedua genset untuk supply listrik. Function test dilakukan dan semua berjalan normal. Genset ini kami anggap sebagai salah satu jantung kami, untuk itu persiapan termasuk pengecekan kedua genset benar-benar harus teliti.

img-20161119-wa0002
Proses pemasangan antenna 33 feet Vertical. Antena ini akan digunakan pada 40 meterband – 10 meterband dengan AT-130. Saat pemasangan antenna ini tidak terlalu sulit karena cukup dengan menggunakan joran pancing sepanjang 10 meter kemudian dipasang wire 9.86 meter. Tidak lupa counterpoise kami gunakan untuk menghindari terjadinya efek loopback RF dan cukup di gelar saja di atas air. Bahkan sebagian terendam di air laut. Dengan posisi seperti ini kami sangat berharap untuk mendapatkan banyak QSO nantinya.

Beberapa kali dalam kegiatan konfigurasi antena ini terbukti sangat ampuh untuk mempercepat dalam perpindahan band. Dengan sifatnya yang vertikal ia mempunyai sudut take off yang rendah, dan sifat inilah yang menjadi sebuah keuntungan tersendiri saat dipergunakan dalam komunikasi long distance atau DX.

img-20161119-wa0023

Vertical Dipole Aray, sebuah antena yang akhir-akhir ini menjadi favorit dalam setiap kegiatan Dxpedition. Dengan beban yang cukup ringan, menjadi nilai lebih tersendiri untuk dipergunakan. VDA adalah jenis antena beam parasitik 2 elemen, yang terdiri dari Reflektor dan Driven.  Keuntungan konfigurasi ini akan menghasilkan beamwidth yang tidak terlalu sempit, sehingga jika kita arahkan ke utara, maka kita masih bisa mendapatkan signal yang datang dari arah barat dan timur. Sehingga saat mengarah ke Jepang, dari posisi kami masih bisa untuk melakukan contact dengan amatir radio yang datang dari arah eropa dan amerika. Australia walaupun secara teori berada dibelakang antena, namun kami masih bisa mendapatkannya walaupun signal tidaklah besar seperti dari arah depan. Jika anda tertarik dengan antena ini klik saja http://www.f4bkv.net/antenna-vda.html.

20161119_052931
Berikutnya untuk melayani komunikasi dalam negeri, kami sengaja memasang antena Inverted V 40 meterband pada ketinggian sekitar 12 meter dengan memanfaatkan tiang yang sudah ada. Inverted V mempunyai sudut pancar yang tinggi, sehingga sangat baik untuk digunakan QSO diantara jarak sekitar 1000 Km. Melalui antena inilah kami melakukan spesialcall YB16T di 40 meterband. Terbukti pada saat QSO kami dengan mudah mendapatkan setiap station amatir radio di Indonesia yang berusaha menghubungi kami.

YB0MWM dan YD1WAT sedang CQ di 40 meterband dan 20 meterband. Tanpa menggunakan BPF (Band Pass Filter) menjadi sebuah kendala tersendiri. Terjadi interferensi di tiap band mengingat jarak antenna yang sedemikian dekatnya. Namun untunglah, kami sempat membuat BPF homebrew di 40m dan 20m sehingga issue interferensi dapat terselesaikan. Terlihat juga YC1RDX saat bekerja handling pileup di 15 meterband SSB. Sementara mode CW diserahkan kepada YC1BJX, Om Surata yang sudah terkenal dengan kegigihannya dalam contact CW.

Gambar situasi di ruang berikutnya, dimana kami menggunakan IC-7300 transceiver dan didukung beberapa operator lainnya. YB1TIA bekerja menggunakan mode CW dibeberapa band. Melalui N1MM software  pekerjaan ini menjadi lebih mudah. Mode RTTY & PSK31 di operatori YC1XST & YB0MWM. Dilain waktu YB2EUZ pun bekerja pada mode CW  dengan station yang sama. Team begitu kompak untuk menghasilkan contact demi contact dengan seluruh amatir radio di berbagai pelosok dunia. Seru, menegangkan namun menyenangkan.

Disiang hari kami sempat mengadakan contact melalui satelit IO-86. Satelit orbit rendah karya anak bangsa. Menggunakan yagi arrow antenna YB1TJ, YB0MWM, YB1TIA dan YB1TT berhasil menghubungi amair radio di Indonesia dan thailand. Tekhnik QSO satelit ini mempunyai tingkat kesulitan tersendiri. Kita harus mengetahui kapan jadwal satelit melintas di atas kita. Saat masuk foorprint itulah kita bisa melakukan QSO. Pada jaman sekarang hal ini sudah bisa dipermudah dengan menggunakan software seperti orbitron ataupun satdroid, sebuah aplikasi berbasis android yang dengan mudah bisa diunduh melalui playstore.

img-20161120-wa0027Ini adalah foto sebagian team Expedition dan Special call  YB16T. Senang rasanya bisa menjadi bagian didalamnya. Banyak pelajaran yang bisa diambil dalam setiap kegiatan yang melibatkan orang banyak seperti ini. Dari keseluruhan, kami berhasil mendapatkan contact sebanyak 1200 station. Ditengah propagasi yang kurang begitu bagus dan posisi station yang kurang begitu menguntungkan karena berada tepat diantara kedua pulau membuat kami harus lebih ekstra untuk melakukan QSO yang sempurna.

Demikian sekilas cerita tentang keikut sertaan dalam sebuah ekspedisi yang dilaksanakan oleh ORDA Banten. Berharap semoga kedepannya masih bisa untuk bersama-sama lagi dengan team yang begitu menyenangkan. Edukasi, sharing, diskusi dan belajar bersama-sama dengan mereka adalah moment yang tidak bisa dilupakan begitu saja.
Salam terbaik, de YB1UUU GL GDX 73 tu!

Advertisements

About YB1UUU

DX'ing and Contesting
This entry was posted in iota and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s