Flux Ala Bodoler? Ya Gondorukem Jawabannya

20161201_124607Sebagai seorang “Bodoler”, kadang kita dituntut untuk selalu kreatif di tengah segala keterbatasan yang ada. Nah, di percobaan “ngawur-ngawuran” ini, saya mencoba membuat flux sendiri dengan bahan yang mudah didapat dan murah meriah. Apa itu flux?, menurut sebuah kitab kuno yang dilansir dari kantor berita milik Boimin (Tokoh terkenal dari kota Jambi Van Bekasi yang di ciptakan oleh Wak Jaka Triyana, YD1EGX), Flux adalah senyawa yang bersifat korosif dan berfungsi untuk menghilangkan lapisan oksidasi dari permukaan benda yang disolder, mencegah pembentukan lapisan oksidasi baru saat disolder dan menurunkan ketegangan permukaan (surface tension) timah solder cair. Pengaplikasan secara nyata buat kami-kami kaum “bodoler” adalah sebagai pemerataan panas dalam proses pemasangan dan pencabutan sebuah part atau IC pada project-project elektronika yang kami buat. Pokoknya bikin mudah saat bongkar-pasang komponen. Tinggal oles, kemudian “tutul-kan” solder, lalu “mak nyosss”, selesai dalam sekejap. Selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai pelapis PCB yang kita buat agar lebih awet saat disimpan.

20161201_114019Nah, sekarang kita siapkan bahan-bahan pendukungnya. Yang utama adalah Gondorukem. Sahibul hikayat diceritakan, bahwa gondorukem  adalah olahan dari getah hasil sadapan pada batang tusam atau Pinus. Anda jangan sampai terkecoh dengan bentuknya yang seperti gula batu. Untuk itu hati-hati saat meletakan gondorukem ini, jangan dicampur di dapur dan berdampingan dengan teh & gula. Apalagi jika anda hobby merokok “Tingwe”, alias ngelinting dewe. Ingat, ini bukan kemenyan!!!

20161201_113845Bahan penting lainnya adalah Thinner dan botol kaca. Fungsi thinner ini adalah untuk melarutkan gondorukem alias songka. Cairan ini bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko besi kesayangan anda. Setelah itu siapkan pula botol kaca. Saya sudah cari-cari botol kaca bekas obat batuk seperti pesannya juragan jagawana, Om Bob Priambodo. Tapi kok ya ndak ketemu. Akhirnya saya punya akal….. Dengan mengunakan sepeda onthel melajulah ke toko swalayan terdekat, dan membeli sebotol minuman vitamin cap C1000. Sampai rumah, tinggal ditenggak isinya dan botolnya dimanfaatkan untuk wadah flux homebrew... he he he!! Keren kan?

20161201_115624Langkah selanjutnya kemudian kita remukan gondorukem dengan alat pukul seadanya. Digambar terlihat dengan gagang obeng, saya berhasil membuat serbuk gondorukem yang nanti akan dicampur dengan thinner. Masukan plastik dan “getok” pelan-pelan supaya tidak berhamburan.

20161201_115742Setelah agak halus, masukan kedalam botol secara hati-hati. Kemudian masukan thinner, lalu botol ditutup. Kocok-kocok sampai semua serbuk gondorukem larut dengan thinner. Perbandingan keduanya secara pastinya saya tidak tahu. Percobaan yang dilakukan adalah 1/4 botol serbuk gondorukem : 3/4 thinner. Jika dirasa masih terlalu encer, ya ditambahin saja serbuk gondorukemnya… Gak usah protes, namanya juga percobaan ngawur-ngawuran. Setuju ya…

20161201_124947Nah, kini kita sudah punya flux dengan biaya murah meriah. Flux segitu banyaknya lebih daripada cukup buat mendukung kegiatan solder-menyolder kita berbulan-bulan kedepan. Kecuali kalau cairan flux ini kesenggol kucingnya Boimin dan pecah… itu lain cerita…. Bagaimana, tertarik buat sendiri?
Salam Bodoler!

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: