Charger Laptop Bodhol Jangan Dibuang

20161125_164107

Punya Charger laptop yang sudah tidak terpakai? Jangan dibuang! Apalagi jika anda seorang amatir radio yang interest dengan QRP Portable yang dalam kesehariannya selalu membutuhkan aki sebagai sumber catu daya transceiver. Eksperimen kali ini sangatlah amat sederhana, tidak diperlukan keahlian khusus untuk merancang bangun alat ini. Yang terpenting hanyalah dibutuhkan pengetahuan tentang polaritas tegangan dan sedikit keahlian menyolder. Itu saja! Ya, kita akan memanfaatkan charger laptop yang sudah tidak berguna ini menjadi sebuah charger aki.

Jika kita sengaja untuk membeli sebuah charger aki, harganya sudah cukup lumayan mahal. Atau jika mau merakit dengan komponen yang lebih lengkap, kemungkinan biayanya masih lebih tinggi dibandingkan kita memanfaatkan barang “bodhol” seperti ini. Apa saja yang diperlukan ?

20161125_163100Charger Laptop. Kebetulan saya mendapatkan charger laptop bodhol ini secara gratis. Setelah diukur outputnya ternyata sesuai dengan labelnya, keluar 16Vdc. Anda dapat menggunakan jenis charger laptop lainnya, namun pastikan output tegangan yang dihasilkan berkisar antara 15V sampai 19Vdc.

20161125_163121Lampu Rem Motor. Kita bisa membelinya dengan harga yang sangat murah. Dengan harga Rp.4000,- sudah bisa kita dapatkan di toko aksesoris motor. Berikutnya adalah kita tinggal memasang secara seri lampu ini terhadap beban dari charger laptop kita tadi.Lampu ini berfungsi ganda, selain sebagai resistansi juga ia berfungsi sebagai indikator saat melakukan proses charger aki .

Berikut skemanya. Jika kondisi aki dalam keadaan kosong, maka lampu akan menyala dengan terang. Seiring dengan proses pengisian maka lampu akan semakin meredup. Jika aki dalam kondisi normal dan proses pengisian sudah penuh, maka lampu akan redup sekali bahkam nyaris tidak terlihat. Pastikan dengan voltmeter untuk mengetahui kondisi real tegangan yang tersimpan pada aki.

20161125_173300

Bagaimana? masih mau membuang charger laptop anda yang sudah tidak terpakai? Kini anda sudah mempunyai charger aki buat QRP transceiver. Bentuknyapun simpel, hanya paling lampu rem motor yang kelihatan “njendhol” saja saat di packing,  he he he….!!  Hati-hati, jangan sampai lampu rem ini terhantam benda keras karena bisa pecah dan dapat melukai kita. Mudah dan simpel bukan? Mari, kita siap ber-QRP portable sekarang….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: