Pelatihan DX dan Contest Oleh YE1R

bendera-orda

Setahun sudah, sejak berdirinya sebuah station contest dan dxpedisi, ORARI Daerah Banten selalu aktif dalam dan ikut andil dalam kegiatan berbagai contest besar didunia. YE1R, selain berdiri sebagai wadah sarana saling berbagi pengetahuan dan informasi tentang DX juga untuk meningkatkan skill ke-amatir radioan seluruh anggota Orari Daerah Banten. Pada khususnya dalam kegiatan  Dx dan contest. Tercatat sudah hampir 5 kali YE1R mengikuti World Contest.

Di usianya yang sudah menginjak 1 tahun, pada tanggal 29-30 Oktober 2016 YE1R kembali mengikuti CQWW SSB Contest 2016. Dengan tujuan utama untuk menjaring operator-operator baru, maka dengan kekompakan team yang sudah begitu solid, YE1R ikut ambil bagian dalam pesta besar ini. Seluruh lokal-lokal yang berada di Banten ikut ambil bagian dengan mengirimkan anggotanya masing-masing untuk bergabung dengan YE1R. Dengan demikian, harapan utama penyebaran “virus” DX dan Contest di ORDA Banten akan berjalan dengan baik.

20161029_070130
Beberapa hari sebelum pelaksaanaan contest Team advance sudah melakukan survey dilokasi yang dipilih, yaitu di Lighthouse (Mercusuar) Cikoneng – Anyer. Dengan posisinya yang tepat menghadap laut dan arah utara, barat dan timur yang membuka akan dengan mudah untuk menghasilkan contact dalam contest nanti. Mercusuar yang dibangun pada masa pemerintahan Z.M Willem III ini memiliki tinggi 75,5 meter dan terdiri dari 18 tingkat.Menara yang dibangun pada tahun 1885 tersebut hingga kini masih aktif untuk memandu kapal yang lalu lalang di malam hari.Menara ini juga di ketahui sebagai titik Nol jalan Anyer (Banten) ke Panarukan (Jawa Timur) yang dibangun oleh Gubernur Jendral Jawa Barat pada masa itu, yaitu Daendles. Sementara di Amatir Radio, Mercusuar ini memiliki nomor ARHLS IDO-081.

Dalam Contest kali ini, rencana  YE1R menurunkan beberapa antenna baru. Seperti Antena Vertical Dipole Array di band 20, 15 dan 10 meterband. Quad loop di 40 meter dan 160 meterband serta Dipole di 80 meterband. Team pertama datang hari Jumat, 28 Oktober 2016 untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Termasuk pemasangan tenda, antenna dan stasiun contest. Dengan menggunakan peralatan yang sederhana, YE1R akan mencoba turun di kelas Multi two Multi Operator, High Power (250 watt) dengan operator-operator pemula sebagai media berlatih bagi mereka. Dengan didampingi oleh Operator yang lebih lama, harapannya transfer pengetahuan Contest akan lebih efektif serta mudah di serap.

20161029_070113
Ini adalah antena Vertical Dipole array di 15 meterband. Pada awalnya kami agak kesulitan untuk mendapatkan tuning yang baik di 21.200 Khz. SWR Analyzer MFJ-259 kami menunjukan di 20.500Khz. Walaupun proses triming sudah dilakukan namun impedance dan Value SWR belum sesuai dengan harapan kami. Namun ternyata, permasalahan adalah di catudaya Analyzer yang sudah low batt. Dengan bantuan team kedua yang datang, akhirnya VDA antena di 15 meterband dapat berdiri dengan perfect dan VSWR yang sangat baik. Terima kasih YB1TJ,YB1RAP, YB1TIA & YD1RMI yang dengan kompak untuk troubleshoot VDA. Good Team!

20161029_070046Gambar diatas adalah antena Quadloop di 20 meterband yang diinstall persis diatas air laut. Dengan memanfaatkan kondisi air laut sebagai pantulan yang efisien, maka akan dicapai sudut pancaran yang rendah dan baik untuk melontarkan signal ke berbagai penjuru dunia. Pada awalnya kami memasang antenna Vertical Dipole Array (VDA) di band ini. Dengan work team, malam itu proses tuning dan instalasi dilakukan. Sayangnya antena yang berbahan dari joran pancing sepanjang 10 meter dan disambung dengan bambu, roboh terkena angin yang cukup kuat. Dengan cepat ditengah malam itu kami segera berubah ke rencana B, yaitu membuat dan memasang antena Quadloop. Hujan dan badai serta gelapnya malam, kami abaikan demi terpasangnya antena 20 meter band.Terima kasih buat YD1WAT,  YB1TIA, YD1RMI, YC1RDX dan Om Retno yang dengan gigih dan kompak hingga tidak tidur sampai sabtu pagi untuk mempersiapkan station YE1R agar bisa mengudara dengan baik.

20161029_171715Terlihat foto diatas menunjukan kabel yang melintang. Itu adalah Quad loop di 40 meterband, dibuat dari bekas kabel LAN komputer made in YD1WAT yang dipasang hanya 10 Cm pada titik terendah di air laut. Sementara titik tertinggi sekitar 1.5 meter saja yang di kaitkan ke ranting pohon sekitar lokasi. Pemasangan tidak terlalu memakan waktu untuk menghasilkan nilai yang perfect. Dengan bantuan semua team, antenna ini berhasil dipasang.

20161028_213118Disela-sela pemasangan Antenna, YD1RMI dengan YB1TIA sempat melakukan eksperimen komunikasi melalui AMSAT (Amateur Satelitte), Satelite IO-86, yang membawa FM transponder. Satelite ini adalah hasil kerjasama antara LAPAN dan ORARI. Dengan menggunakan Arrow antenna dualband dan VHF/UHF handy transceiver, YB1TIA dan YD1RMI berhasil melakukan contact dengan rekan-rekan amatir di Indonesia, Thailand dan Malaysia. Great Job…!!

yb1tt
Salah satu strategi kami dalam contest ini yaitu dengan membuat dua buah station yang jaraknya cukup untuk menghindari gangguan saling interferensi antar band. Tanpa menggunakan BPF (Band Pass Filter) ini menjadikan sebuah problem tersendiri untuk kami. Untuk itu kami membagi menjadi 2 station, Station A untuk bekerja di 20m & 80 meterband, Station B di 15m & 40 meterband.Terbukti dengan strategi ini, kami berhasil menghindari interferensi antar band ketika semua transceiver mengudara secara bersamaan. Terlihat  gambar diatas YB1TT (YL Tuti) dan YC1RDX (Yan) ketika sedang mengoperasikan station B dengan bekerja di 15 meterband. Ini adalah contest pertama kali dan menjadi operator pertama kali bagi mereka berdua. Hebatnya, mereka berhasil melewati masa-masa sulit saat meng-handle pileup dengan baik. Kerja sama yang baik..!!

yb1tj2
Sementara di Station A, terlihat YB1TJ  mengoperasikan peralatan di 20 meterband. Diband ini kondisi propagasi tidak sebaik di 15 meterband. Dengan kondisi SFI yang jatuh di angka 76, membuat hasil perolehan QSO tidak sebanyak di 15 meterband. Sementara di 80 meterband kami tidak terlalu fokus karena tidak bisa mendengarkan station contest lainnya. Kami hanya bisa membukukan 1 QSO saja. Yang agak membuat sport jantung kami adalah ketika pada tengah malam, tiba-tiba badai datang. Angin yang disertai hujan, membuat tenda di station A ini mengalami sedikit kerusakan dan air masuk ke dalam tenda. Akhirnya tengah malam itu diputuskan station A berhenti memancar. Semua peralatan radio di amankan. Praktis malam itu hanya station B yang digawangi YB1TIA & YB1TJ yang bisa beroperasi hingga pagi. Terima kasih Om Djoko, yang sudah memberikan ilmu dan pengetahuan tentang contest kepada rekan-rekan operator lainnya.

20161030_130502
yc1bjxHari minggu pagi, tanggal 30 Oktober 2016….
Cuaca cukup cerah. Station B terus melakukan CQ. Malam itu station ini berhasil melakukan contact yang cukup lumayan banyak di 40 meterband. Terlihat YD1WAT (Priyo), sedang CQ’ing sendiri. Melalui logger N1MM+, satu demi satu station contest yang menghubungi YE1R berhasil di log. Ini juga pertama kali bagi YD1WAT menjadi operator dalam contest. Sementara terlihat juga YC1BJX  istirahat sejenak setelah berjam-jam melakukan CQ. Terima kasih Om Surata, sudah bersedia mendampingi sekaligus menjadi tutor buat kami.

ye1tx
Minggu pagi, kembali kami memasang station A untuk meneruskan contest. Kami masih sangat berharap untuk memperoleh QSO rate di 20 meterband. Sempat sedikit ada masalah di RX relay linear yang tidak contact dengan baik. Namun ini tidak menjadikan masalah besar bagi kami. Dengan sedikit improvisasi, contest terus berlanjut di station ini. Digambar YE1TX, terlihat mengoperasikan station A. Dengan menggunakan transceiver IC-7300, kami cukup lumayan terbantu untuk melakukan auto CQ sehingga lebih menghemat energi. Thanks Om Adrianus.

yb0mwm
Dengan diperkuat oleh operator yang handal, kami terus menambah QSO satu demi satu. Kesabaran dan ketahanan fisik sangat diperlukan dalam contest mode SSB yang memerlukan durasi waktu cukup panjang. Apalagi di station B ini kami tidak memasang DVK (Digital Voice Keyer), sehingga praktis saat melakukan CQ, operator harus selalu berteriak dengan lantang. Namun dengan semangat tinggi, kami terus melakukan CQ. Ketika perolehan QSO mulai lambat, kami merubah strategi dengan cara hunting. Terlihat YB0MWM bersama YB1TT dan YB1TIA sedang serius menghadapi pileup. Thanks Om Har, sudah berkenan untuk transfer pengetahuan Contest kepada rekan-rekan operator lainnya.

img-20161030-wa0007Yang membuat sedikit terhenyak adalah pada Minggu sore hari. Propagasi membuka dengan baik di 15 meterband. Dalam waktu singkat ratusan station contest berhasil log dengan kami. Sore itu Eropa membuka. Dan terbukti memang, VDA antena cukup lumayan baik di contest ini. Dengan mengambil arah utara, kami masih bisa melakukan contact ke Eropa, jepang dan Amerika tanpa kesulitan. Beamwidth yang tidak terlalu tajam ini sangat membantu kami tanpa harus berulang kali melakukan pengaturan arah antenna. Dan memang, jenis antenna ini banyak dipergunakan pada kegiatan dxpedition-dxpedition besar.

total-qsoTerlihat hasil perolehan QSO yang berhasil dibukukan. Terbanyak adalah di 15 meterband dengan jumlah QSO 730 station. Kedua diduduki pada 20 meterband dengan jumlah 194 QSO. Disusul pada 40 meterband sejumlah 119 QSO, dan 80 meterband sejumlah 1 QSO. Dengan total QSO sebanyak 1044 station merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami karena berhasil “meracuni” rekan-rekan operator baru untuk ambil bagian secara total di contest bergengsi ini. Hasil akhir yang ingin kami capai adalah semakin bertambahnya rekan-rekan contester dan Dx’er di ORDA Banten, bukan rate QSO maupun total score.

14900431_1244381178962256_4730904368962739461_n
Demikian, sekilas kegiatan Pelatihan DX dan Contest yang dilaksanakan ORDA Banten melalui YE1R pada CQWW SSB contest 2016. Semoga dengan kegiatan ini, ORDA Banten akan semakin banyak memiliki operator-operator tangguh dalam contest maupun DX. Terima kasih kepada YB1VDB (OM Pandji), dan YB1SAM (OM Sammy) dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar.


img-20161031-wa0009
Sampai jumpa di kegiatan lainnya dan salam hangat, de yon – YB1UUU…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: