Cara mudah mengetahui sampai dimana daya pancar station radio amatir kita

test-antennaSebagai seorang yang berkecimpung didunia amatir radio, biasanya tidak lepas dari berbagai eksperimen. Salah satunya adalah antena. Berbagai perubahan dan bentuk konfigurasi sering di lakukan untuk mencapai hasil yang optimal. Dengan memperhitungkan take off angle hingga efisiensi sebuah antena, sering berharap untuk mendapatkan hasil report yang maksimal di stasiun amatir radio lainnya.

Sebagai puncak prosesi ini adalah keingin tahuan, sampai dimana sebenarnya daya pancar kita dengan menggunakan antenna yang baru saja dirakit. Dengan melakukan CQ? atau hunting sampai menemukan stasiun DX lainnya yg lagi melakukan panggilan umum? Lalu sampai kapan? Ya kalau ada yang menjawab, seumpamanya ada yang mendengar CQ kita namun mereka tidak berminat membalas panggilan kita bagaimana? Lalu kita terlanjur berasumsi eksperimen gagal dan langsung menurunkan antena yang sedang di uji coba… Padahal sebenarnya, antena kita bekerja dengan baik….

Hmmm… Sebuah kekonyolan yang tidak perlu terjadi. Lalu bagaimana jalan keluarnya?

Di era jaringan global seperti sekarang ini, kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi jaringan global untuk membantu permasalahan kita di atas. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan realtime beacon yang akan memberikan laporan secara langsung bahwa pancaran kita sampai distation beacon tersebut. Kunjungi www.reversebeacon.net, disana hampir ada 120 an station skimmer online dari berbagai penjuru dunia yang siap memberikan laporan kekuatan signal kita secara realtime. Kita hanyalah cukup melakukan CQ dengan mode CW atau mode lainnya (kecuali Phone).

Yang kedua, adalah kita memanfaatkan layanan station WebSDR yang sudah disediakan secara free oleh stasiun amatir radio dari berbagai negara yang interest dengan RX WebSDR. Kunjungi www.websdr.org, disana kita bisa menjumpai banyak station WebSDR tersebut. Pilih station WebSDR yang ingin kita gunakan untuk mengetahui apakah pancaran kita sampai disana dan bagusnya adalah kita bisa langsung mendengarkan suara kita secara langsung.

Contoh kasus (lihat video Terlampir) di station YB1UUU ketika sedang melakukan testing antena 33 Feet Vertical multiband. Mengingat band yang mau di uji coba adalah di 40 meterband, maka dipilih station WebSDR yang dekat dengan locator OI33ht, yaitu VK3LP di Melbourne – Australia. Station tersebut menggunakan Fan dipole Antenna. Dengan melakukan CQ mode CW maka kita tune frekuensi WebSDR sesuai dengan frekuensi kita bekerja. Terdengar sayup-sayup ketukan CQ YB1UUU bisa terdengar (kalau tidak mendengar gunakan headphone). Dengan metode ini maka saya bisa mengetahui dengan pasti, kemampuan antena yang baru saja dirakit ke arah negara pilihan kita dan sekaligus bisa membandingkan dengan antena jenis lainnya pada waktu yang bersamaan.

Sangat menarik, dengan WebSDR kita bisa pula mengetahui aktifitas berbagai pancaran radio lainnya. Termasuk fenomena “iwak-iwak” (pirate station) yang marak di Indonesia… 😑
Demikian, semoga bermanfaat.

Salam amateur Radio dan selamat bereksperimen, de Yon 73!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: