Bagaimana cara membuat realtime log saat Dxpedition?

1

Ini adalah sedikit ide yang barangkali bisa kita gunakan sebagai jalan keluar untuk membuat sebuah realtime online  log ketika kita mengadakan QSO, baik saat DXpedition atau pada saat kita melakukan sebuah kegiatan QSO lainnya. Apa fungsi utama log realtime  ini?, Yang jelas adalah memudahkan bagi station yang sudah melakukan contact dengan kita untuk segera memastikan apakah memang ia sudah masuk log di logger kita. Dengan demikian akan membuat station tersebut lebih yakin dan tidak ragu-ragu lagi dengan status lognya. Apalagi dalam kondisi pileup yang begitu tinggi kadang konfirmasi kita tidak bisa di dengarkan dengan baik akibat tumpukan signal dari berbagai penjuru dunia.

Apa yang kita butuhkan?

  1. Software N1MM+ maupun N1MM classic. Software ini dipergunakan untuk log QSO kita. Silahkan download disini http://n1mm.hamdocs.com/tiki-index.php?page=Full+Install jika belum ada. Lalu install.
  2. Software N1MM-CLUBLOG Gateway, yang fungsinya adalah sebagai media jembatan/gateway untuk mengirimkan data log yang kita input di N1MM ke server clublog kita. Jika belum punya, langsung saja download disini http://www.n2amg.com/software/n1mm-clublog-gateway/ kemudian install juga.
  3. Anda sudah mempunyai id web CLUBLOG? Ini era jaringan bung, segeralah buat disini https://secure.clublog.org/loginform.php . Clublog dibutuhkan sekali untuk manajemen logger secara online sehingga kita bisa mendapatkan info apa saja yang diperlukan saat melakukan kegiatan DX.  Semua log yang diinput di N1MM logger nanti akan ditampung secara online di website tersebut. Kenapa masih tertegun? segeralah membuat!
  4. Sebagai seorang yang berkecimpung di kegiatan DX, tentunya sudah meregister callsign anda di www.qrz.com. Atau sudah mempunyai website pribadi DX anda? itu lebih bagus. Sekarang tinggal kita koneksikan antara log online web CLUBLOG ke dalam web pribadi anda atau di WWW.QRZ.COM . Caranya coba baca di postingan yang lalu https://cqradio.wordpress.com/2014/06/16/embedding-log-di-halaman-qrz-com/

Setelah semuanya dipersiapkan sekarang lakukan beberapa langkah kecil dibawah ini :

  1. n1mmini-sudah-di-update
    Bukalah file N1MM Logger.ini dan perhatikan di bagian [ExternalBroadcast]. Jika tampilan belum seperti digambar tersebut, maka tambahkanlah lalu simpan. Kalau anda malas me-ngetik, berikut di copy paste saja🙂

    DestinationIPs=127.0.0.1
    DestinationPort=12060
    IsBroadcastAllQsos=True
    IsBroadcastAppInfo=False
    IsBroadcastContact=True
    IsBroadcastRadio=False

  2. pengaturan-di-n1mm-clublog-gateway
    Jalankan software N1MM-Clublog Gateway, lalu isi pada bagian EMAIL ADDRESS dengan alamat email yang kita gunakan saat register di web Clublog. Demikian pula dengan CALLSIGN dan PASSWORD. Lalu centanglah pada bagian Enable auto upload to clublog. Sudah itu saja….

Selamat, kini kita sudah bisa melakukan log realtime. Sekarang jalankanlah software N1MM+ logger, dan kini kita siap untuk CQ DX. Semua station yang kita log ke dalam N1MM maka secara otomatis pula akan disimpan di weblog CLUBLOG. Lalu secara otomatis dan langsung pula semua data tersebut akan ditampilkan ke dalam fasilitas log check di WWW.QRZ.COM atau website pribai anda. Dengan demikian setiap station yang menghubungi kita dapat secara langsung untuk memeriksa apakah betul ia sudah log ke kita. Kalau belum ia akan hunting lagi, namun jika sudah tentunya ia akan mempersiapkan untuk QSLing dan tidak akan memanggil-manggil kita di mode dan band yang sama. Ini akan mengurangi pileup yang tidak berguna.

hasil-di-clublog
Contoh gambar diatas adalah semua callsign yang diinput di N1MM maka akan disimpan di web Clublog. Data diatas tidak akan bisa dikonsumsi publik, hanya kita yang mempunyai account saja.

hasil-di-qrzcom
Supaya bisa dikonsumsi publik, maka kita tampilkan di website pribadi kita atau di WWW.QRZ.COM. Dikolom Log Search itulah nantinya semua station akan melakukan pemeriksaan akan status log mereka. Menarik bukan? salam terbaik de YB1UUU, yon!

2 responses

  1. Very cool, Awesome

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: