Yuk, Bikin QSL Card Yang Murah

20160302174404.jpg

The Final Courtesy of a QSO is a QSL….
Semua pasti setuju, siapapun yang sudah berniat menjadi seorang amatir radio mempunyai sebuah kewajiban yang harus dipenuhi ketika selesai QSO. QSO tidak selesai begitu saja setelah mengucapkan Thank you , happy nice DX and 73!. Kewajiban apa lagi setelah itu?

Ya, saling mengirim QSL Card sebagai bentuk bukti syahnya sebuah QSO. Jadi, QSL Card adalah sebuah benda wajib yang harus dimiliki oleh semua amatir radio. Pada saat ini dengan mudah kita mendapati design QSL Card yang bagus dengan pilihan warna dan kertas yang sangat menarik. Tampilan yang begitu menggoda tentunya akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi sang pemilik. Namun tentunya, untuk mendapatkan QSL Card seperti itu perlu biaya yang tidak sedikit dan pastinya mahal…

Lha, disinilah saya harus berkreasi. Sebagai seorang amatir radio kelas murahan seperti saya yang semuanya serba terbatas (Baca: Enggak punya duit banyak) harus mempunyai akal. Rasanya sayang sekali kalau harus mengeluarkan ratusan ribu rupiah hanya untuk sebuah QSL Card yang bagus. Padahal tahu nggak, selama kita mengikuti kaidah pembuatan dan informasi apa yang wajib kita cantumkan didalam QSL Card, maka sebenarnya QSL Card itu sudah valid. Ndak perlu yang neko-neko. Mesti harus gambar muka sendiri sambil nyengirlah, atau gambar monyet yang lagi pelukan. Ndak perlu buat saya, lha wong kantong isinya cekak! Harus ke digital printinglah atau ke percetakan yang sebenarnya cost masih bisa kita hemat sehemat-hematnya….🙂

Gini, mendingan kita design sendiri dengan menggunakan Office Word software. Kita bikin template dengan ukuran kertas A4 yang mampu menghasilkan 4 QSL Card setelah kita gunting nanti. Sesuaikan informasi apa saja yang wajib ditampilkan kemudian di print di kertas HVS putih biasa. Kalau ndak punya printer seperti saya, maka kita bisa pergi ke warnet dan nge-print selembar saja dengan warna tunggal (hitam). Nge-print ginian saya cuma mengeluarkan uang Rp.1000 saja. Nah, hasil print  template selembar ini akan kita jadikan masternya.

20160302174430.jpg

Nah, setelah itu saya menuju ke tukang foto kopi. Ngapain mas…? Ngopi lah…!!! he he… Bukan, tapi saya minta tolong untuk mem-foto kopi master tadi diatas kertas buffalo. Kertas ini biasanya dipakai untuk sampul-sampul buku skripsi maupun buku jilidan dan mempunyai ketebalan yang cukup bagus. Harganya sangat murah, untuk selembar foto kopi diatas kertas buffalo hanya di hargai Rp.1000 saja. Dan tentunya akan menjadi 4 QSL Card setelah kita potong nanti. Langsung saja saya minta di foto kopikan 20 lembar sehingga total biaya Rp.20.000 doang! Saya pilih warna putih agak mBladhus agar biar kelihatan klasiknya. Anda boleh pilih warna apa saja. Mau Merah, Kuning, Hijau… dilangit yang tinggiiii… Pelukismu Agung… siapa gerangan…Pelangi-pelangi… Ciptaan Tuhan! 

20160302174313.jpg

Lha kok malah nyanyi Pelangi-Pelangi…?
Nah, seetelah selesai di foto kopi sekalian saja minta tolong di potongin disana. Tapi kalau tukang poto kopinya ndak mau ya udah, potong sendiri saja dirumah pakai pisau cutter. Hati-hati ya, resiko jari bisa teriris. Safety First Bro….! Kini saya mempunyai QSL Card sejumlah 80 lembar. Oh ya, sekalian beli amplop 1 dus yaaa, untuk nanti kita berkirim QSL Card. Harganya cuma Rp.15000 satu dus isi 100 pcs dengan ukuran 95 X 152mm. Pas banget dengan ukuran QSL Card saya.

20160302174523.jpg

Sekarang coba kita hitung berapa total biaya untuk mendapatkan 80 lembar QSL Card dengan kreasi sendiri ini.

  • Bikin Template                                                                        : Gratis
  • Ngeprint template selembar buat master copy                  : Rp. 1000
  • Foto copy 20 lembar di kertas “kebo” buffalo                    : Rp.20.000
  • Motongin kertas hasil foto copy                                            : Gratis
  • Bonus ngobrol sama cewek penjaga toko nya                    : Gratis

TOTAL BIAYA 80 QSL CARD                                                                = Rp.21.000

Murah banget bukan…? kalau di hitung rata, perlembar QSL Cardnya hanya 250 perak saja. Dan itupun sudah termasuk dapat bonus-bonus diatas tadi. Langsung jadi ndak pakai lama. Kini, tidak ada alasan lagi ndak punya QSL Card…. he hehe!! Ayo, kreasikan template sendiri dan selamat ber-QSL’ing, 73!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: