Cara download semua log di LOTW

lotw-logo

Ada kalanya kita ingin mengambil semua hasil QSO kita yang berada di LOTW baik yang sudah di confirm maupun yang belum di confirm dan akan kita gunakan untuk di export ke logger lainnya, misal HRD Log / Logger32. Memang, LOTW sudah menyediakan fasilitas untuk ini, namun sayangnya hanya log yang sudah di confirm saja yang ter download. Selebihnya tidak akan di ambil.

lotw yon
Perhatikan gambar diatas. Yang saya lingkari merah menunjukan jumlah QSO yang saya upload sejumlah 3772 QSO.  Sementara angka 971 menunjukan jumlah QSO kita yang sudah confirm. Nah, saya ingin mengambil semua QSO yang berjumlah 3772 tadi. Sayangnya untuk mengambil semua tadi kita tidak di ijinkan jika melalui tab “YOUR QSO’s”. Yang bisa terambil hanyalah sejumlah 971 QSO ter confirm.

Untitled.jpg
Untuk mengambil yang terconfirm cukup kita masuk ke menu “Your QSO’s” kemudian pilih “Download Report”. Disini tinggal kita isi mulai kapan QSO terconfirm yang akan kita download. Contoh di gambar atas adalah saya ingin mendownload semua QSO ter confirm sejak 01 Maret 2014. Kemudian klik ” Download Report” maka akan tersimpan file bernama lotwreport.adi.

Kembali ke pokok masalah, bahwa saya ingin mendownload semua QSO sejumlah 3772 tadi dan akan saya olah di HRD Log supaya lebih mudah manajemen loggernya.

Perhatikan kuncinya disini.

https://www.arrl.org/lotwuser/lotwreport.adi?login=<yourcall>&password=<your_password>&qso_query=1&qso_withown=yes&qso_detail=yes&qso_qsl=no&qso_qsorxsince=1900-01-01

Gunakan link diatas tadi. Cukup dengan copy paste di alamat browser lalu enter. Maka akan terdownload semua QSO yang sudah pernah kita upload, baik yang sudah di confirm maupun belum dalam bentuk file adif bernama lotwreport.adi. Setelah itu silahkan kalau mau diexport ke logger kesayangan anda yang lain. Oh ya, jangan lupa yaa… untuk <Yourcall> diisi callsign anda & <Your_password> diisi dengan password lotw anda.

LOTW sudah memberikan parameter Query untuk beberapa hal tentang output ADIF sesuai keinginan kita di http://www.arrl.org/adif.

Gitu broo…! mudah-mudahan tips sederhana ini bisa menambah kemudahan kita dalam manajemen QSO kita. Sayangkan kalau kita harus kehilangan ribuan QSO kita karena ketidak mengertian kita dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan LOTW..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: