Tabah sampai akhir bersama YE1R di ARRL DX CW Contest 2016

20160221084450

Woookeee….!! Siyap komandan, Saya ikut dalam kontest nanti…

Demikian ucapan yang pertama kali saya berikan saat mendapat undangan lagi dari Mbak Tia, YB1TIA ketika mengabarkan bahwa YE1R akan mengudara kembali dalam rangkan ARRL DX Contest 2016 dengan mode CW. Terus terang dalam contest ini saya belum pernah ikut, sehingga dengan semangat yang membara sebanyak mungkin saya mencari informasi. Mbah dukun Google mengarahkan untuk mencoba berkunjung ke sini http://www.arrl.org/arrl-dx. Dan jelas sudah, dalam kontes ini ada yang istimewa dibandingkan kontes yang pernah saya ikuti. Apaan tuuuuh….??!! Kita hanya di ijinkan untuk bekerja dengan stasiun dari Amerika saja, W atau VE stasiun saja. Gila broo…!! Ini diperlukan setup yang baik untuk mendapatkan point!

IMG-20160221-WA0003

Komunikasi kami terus berlanjut, termasuk mengabari ke rekan-rekan operator YE1R lainnya untuk ikut mendukung sebagai operator. Namun sayangnya sebagian belum bisa gabung karena kesibukan masing-masing. Untunglah YB2EUZ, Om Dadang bisa bergabung. Rencana kami akan turun di semua band, 160/80/40/20/15/10 meterband. Pada 20-10 meterband  kami akan menggunakan antena Yagi multiband yang kebetulan sudah di install di ORDA Banten dengan ketinggian yang cukup lumayan. Saya berharap banyak dengan antena ini untuk mendulang QSO. Directional antena sangat diperlukan dalam kontes ini mengingat hanya satu titik arah yang akan kita tuju, yaitu W dan VE Land saja.

IMG-20160220-WA0007

Tapi memang kami ini gila campur edan… Lhoo? kok bisa?

Seperti yang tadi di tulis diatas, bahwa kami akan bekerja di semua band. Dan gilanya kami mempunyai rencana akan menggunakan antena vertikal 33 feet + AT130 untuk mengejar point di 160/80/40 meterband. Apa nggak edan, vertikal ini mau dipasang di daerah perkotaan? Iya, karena kami akan menguji coba kembali setelah keberhasilan saat contest di pinggir pantai beberapa waktu yang lalu (Lihat postingan yang lalu). Dipantai, setup antenna ini sangat sakti. Kami berhasil melakukan banyak contact di 40 meterband. Menyusul di 80 dan 160m. Nah, apakah hal ini akan berlaku juga jika dipasang di perkotaan yang jauh dari ground ideal? Disitulah kami akan mengujinya……

20 Februari 2016 pagi hari…
Jam 07.00 WIB saya mengajak sahabat homebrew’er, OM Wahyono untuk ikut bergabung. Berdua kami menuju titik pemberangkatan dengan menggunakan GOJEG ke rumah OM Har, YB0MWM. Disana sudah menunggu YB2EUZ untuk kemudian berangkat bersama-sama dengan YB1TJ, OM Djoko ke ORDA Banten. Rencana kami akan langsung menuju ke ORDA Banten dimana stasiun YE1R berada. Sementara YB1TJ akan menuju ke acara lainnya.

Pukul 11.00 siang kami sampai di titik target. Sambil menunggu YB1TIA datang kami mengisi “kampung tengah” sejenak di warung sebelah. Lapeeeeer broooo…!! Semangkuk mie rebus plus kopi segelas dan sebotol air mineral tandas habis dengan cepat pindah kedalam perut… wkwkw!

20160221085108

14.00-17.00 local time…..
Kami segera setup stasion contest termasuk memasang vertical antena dan counterpoise sepanjang 40 meter untuk mengejar kehandalan antena di 160m. Beberapa transceiver sudah disiapkan untuk hajat besar ini. Termasuk kami men-setup  beberapa laptop yang kami koneksikan semuanya sehingga semua dapat melihat pergerakan QSO secara langsung dimasing-masing komputer. Nah, asyiknya contest diperkotaan adalah kami mempunyai akses internet full time dengan kecepatan yang cukup lumayan.

Pukul 17.00 wib kami mulai mencoba untuk CQ. Memang terlambat, karena contest sebenarnya sudah dimulai dari pukul 00.00 utc Sabtu pagi ini.  Sore itu propagasi kurang bagus di beberapa band. Namun demikian kami mencoba lagi dengan trik berikutnya yaitu hunting. Dan terbukti, dengan trik ini kami bisa mendapatkan kontak dengan beberapa stasiun amatir radio dari Amerika. 20 & 15 meterband cukup lumayan di sore sampai malam hari. Sayangnya di 10 meterband kami tidak mendengar apa-apa.

Bagaimana dengan di low band? dari sore sampai esok paginya kami tidak berhasil mendapatkan W/VE. Noise cukup lumayan tinggi. Vertikal antena di sini tidak bekerja dengan baik. Demikian pula di 80&40 meterband. Memang edaan…. !! Tapi kami sudah mahfum, bahwa unjuk kerja antena vertikal yang kami pakai akan seperti ini jika di pakai di perkotaan. Lho…, sudah tahu kok nekat to..?? Lha namanya juga pengin nyobain, he he… apakah bener seperti kata-kata diberbagai literatur itu. Dasar nekat!!🙂

20160221085702

21 Februari 2016, Minggu….
Jam 08.00 wib saya kaget sekali. Bagaimana tidak, saat asyik asyiknya istirahat sejenak karena propagasi mati, tiba-tiba terdengar tone kode morse yang cukup kuat. Di ruang operator hanya ada OM Wahyono. Langsung saya melompat dan lari ke depan radio. Headphone saya pasang dan tangan sudah siap di keyboard untuk memasukan log. Dada berdegup dengan kencang seperti melihat hantu… Yaap!! Propagation is open..!!
Dengan cepat antena segera saya pointing ke Amerika. Banyak stasiun dari sana sedang CQ. Level signal cukup besar, rata-rata 20db di atas S9. Makin semangat saya “memetik” stasiun tersebut satu demi satu dan memasukan ke dalam log. 15 Meterband pagi itu membuka.

Hampi 1 jam saya berburu dan kendali kemudian di lanjutkan ke YB1TIA dan YB2EUZ untuk meneruskan pesta. Sementara saya sarapan pagi dulu dengan semangkuk bubur yang sudah disiapkan sejak awal. Hmmmm…. yummy!! Enak tenaaaan…..🙂. Di tengah contest sambil makan bubur diantara teman-teman yang lagi sibuk contest ternyata mempunyai kenikmatan tersendiri.

IMG-20160221-WA0006

11.00 wib…
Sambil meneruskan contest kami menurunkan vertical antena, karena siang itu saya, YB2EUZ dan Om Wahyono harus segera kembali ke Tangerang karena keesokan harinya harus kembali bekerja. Sementara contest di high band akan diteruskan oleh YB1TIA yang memang beliau tinggal dekat stasiun YE1R. Yang menjadi sebuah kejutan buat kami adalah kunjungan dari OM Panji YB1VDB, Ketua ORDA Banten.  Tentunya ini menjadikan semangat tersendiri bagi kami, operator YE1R.

13.00 wib….
Setelah berkemas, kami bertiga pulang ke Tangerang dengan di antar YB1TIA hingga di pemberhentian bus. YB2EUZ akan langsung menuju ke Jakarta, sementara saya & Om Retno menuju ke Tangerang. Ditengah perjalanan hujan cukup lebat dan deras. Udara menjadi begitu sejuk didalam bus. Membuat mata ini ngantuk. Namun dalam fase ngantuk ini sempat terngiang sebuah kalimat yang menjadikan saya sempat tersenyum dengan bahagia, “tabah sampai akhir….” Yah, tabah dalam menjalani sebuah contest yang sulit bersama sahabat-sahabat terdekat di YE1R. Dan akhirnya kelopak mata ini terjatuh hingga tidak sadarkan diri… terlelap tidur… pulas… dan ngorok!  He he he… Sampai jumpa lagi teman-teman YE1R dan terimakasih Mbak Tia atas semuanya. Cu next contest…!!!

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: