Menjadi Operator di YE1R

IMG_20151105_141118Sebuah pengalaman baru dan sangat menarik yang saya rasakan ketika diberi kesempatan untuk bergabung di stasiun Contest dan DXpedition milik ORDA Banten, YE1R.

Tanggal 28 – 29 November 2015 adalah sebuah momentum yang besar. Bertepatan dengan adanya International CW CQ World Wide Contest 2015 dimana seluruh stasiun contest di seluruh dunia akan bermunculan. Saling berlomba mengumpulkan nilai untuk menjadi yang terbaik.

C360_2015-11-28-06-13-27-991YE1R, akan berpartisipasi di contest ini dan mengambil lokasi di Pantai Anyer, Serang-Banten. Sebuah kawasan wisata pantai yang dilengkapi dengan tempat menginap yang cukup nyaman, Hotel Pisita. Konsep yang dipergunakan adalah outdoor dimana YE1R membangun stasiun contest persis di pinggir pantai dengan menggunakan tenda. Kategori yang diambil adalah multi-two All Band dimana pada saat contest nanti akan memancar 2 radio secara bersamaan.

C360_2015-11-28-06-49-16-528Bagaimana dengan peralatan? Walau kategori yang diambil adalah multitwo, tapi power yang digunakan hanya 100 watt. Sebuah tantangan yang menarik karena akan melawan peserta di kategori yang sama dan mereka akan menggunakan power sekitar 1 kilowatt. Transceiver yang digunakan adalah FT-450, IC-718, FT-747, Yaesu System 600 yang dilengkapi dengan antenna vertical 33 feet, antenna vertical 18 feet, Yagi 3 elemen 15 meterband, Dipole 160 meterband dan speaderbeam 20 – 10 meterband. Software N1MM menjadi pilihan yang utama untuk digunakan sebagai logger dan sekaligus keying CW sehingga pergerakan tangan bisa diminimalisir.

PHOTO_20151128_215913.jpgPemasangan antenna menjadi sebuah session yang sangat menarik. Untuk mempercepat pekerjaan, kami membagi beberapa team. Saya masuk di team pertama untuk mendirikan antena vertical 33 feet yang lokasinya agak menjorok di laut dan diatas batu karang. Untungnya ada YC1TOT, Dion dan YC1UCC serta YC1WTS, Boy yang dengan sigap membantu. Team kedua mendirikan antena yagi 15 meterband yang di gawangi oleh YB1SAM, Sammy dan beberapa teman2 dari ORDA Banten.

Bagaimana dengan speaderbeam? Antena ini sangat populer di kancah internasional. Karena sifatnya yang ringan namun mempunyai penguatan yang cukup besar menjadikan kami berharap banyak untuk mendulang score. YB1TJ, Om Djoko dengan dibantu YC0LOU, Jefry dan YB1MWM, Om Har serta YB1YCT melakukan setup antena ini. Dengan menggunakan MFJ-259B antena analyser dengan mudah speaderbeam antenna di setup.

Bagaimana saat pelaksanaan contest?
Seru sekali…!!
Dimulai dengan CQ di 15 meterband pagi itu berhasil membukukan cukup banyak stasiun contest. Sayangnya di 10 meterband propagasi mati, sehingga perolehan angka di band tersebut stagnan. Propagasi mulai membuka untuk di 40 meterband ketika sore menjelang. Sambil diiringi sunset yang indah di Pantai Anyer, kami mulai CQ di 40 meterband. YB2EUZ, Om Dadang dengan style yang cool menerima satu persatu stasiun yang masuk. Sementara YB1TIA, YL Tia dengan sabar pula melayani pile up yang terjadi di 20 meterband. Yang menarik adalah ketika kami berhasil membukukan beberapa stasiun di 160 meterband, sebuah band yang terkenal dengan gudangnya noise. Namun sebagai seseorang yang mempunyai pengalaman sebagai topbander, YB2EUZ berhasil melakukan contact. Pada malam hari kami mendapatkan tenaga tambahan baru, YD1XUH Om Edy. Dengan semangat dan sabar pula beliau melayani pile up di contest ini.

Dikala propagasi mati, kami mempunyai kegiatan menarik sendiri. YB1TIA memilih mainan ayunan he…he…!, sementara YC1WTS dengan tangkasnya memilih memancing di pinggir pantai. Beberapa teman lainnya duduk santai sambil ngobrol dan menikmati kelapa muda. Benar-benar mengasyikan.

C360_2015-11-28-06-49-34-160Dalam kegiatan ini yang tidak kalah pentingnya adalah peran serta dari YC1TAT, YL Tati dan YC1ROS, YL Rosita. Tanpa mereka berdua team tidak akan bisa mempunyai tenaga untuk mengikuti contest selama 2 hari nonstop. Kegiatan ini juga tidak lepas dari peran serta yang sangat luar biasa, YB1RAP, Om Rana yang sejak awal mempersiapkan segala sesuatunya sehingga pelaksanaan contest bisa terlaksana dengan baik. Juga tentunya , YB1VDB Om Pandji selaku Ketua ORDA Banten.

Sebuah pengalaman yang menarik, karena sejatinya sudah lama sekali saya ingin ikut bergabung di stasiun contest & DXpedition. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dan berharap di kegiatan berikutnya bisa diberikan kesempatan untuk bergabung di YE1R.

Good luck for the contest…..!!!

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: