Lapor ‘ndan… YC1UUU Ikutan RSGB IOTA Contest

YC1UUU RSGB IOTA CONTEST

Enggak tahu, ini dapat wangsit darimana. Akhir akhir ini jan saya sangat semangat sekali buat ngikut contest skala international ini. Jujur bin sumpah, ini gara gara melihat YB4IR dan YF1AR yang selalu intens dalam ber DXpedition IOTA maupun LightHouse di seluruh kepulauan Nusantara yang sejatinya sangat diharapkan oleh para amatir radio luar negeri untuk di aktivasi. Panganan opo itu aktivasi…? Ndak usah nanya sama saya, lha wong saya sendiri yo ndak ngerti. Tapi yang pasti, semangat beliau berdua benar benar “meracuni” saya untuk mulai ikut-ikutan. Walau cuman ikutan contest di rumah, enggak dipulau… he he he!!

Saya pikir cukup nggedabrusnya ya, kini dengerin, saya mau cerita sebentar ketika kemarin tanggal 25 – 26 juli 2015 ngikut contest yang sangat bergengsi ini. RSGB IOTA Contest 2015. Seperti biasa, saya nyadar kalau harus ngikut mode phone nggak akan mungkin. Lha bijimane coba… modalnya cuman antena vertikal joran pancing dengan ATU AT-130 doang dengan radio FT-450… enggak ada embel-embel AT nya maupun D nya. Radio kelas bawah, murah meriah namun kalau saya turun di mode CW, tentunya radio ini enggak akan menjadi radio murahan lagi. Lha kok bisa? soalnya “mardio” ini sudah dilengkapi dengan filter 500Hz yang tentunya suangat berguna buat CW’er. Sekaligus ada bonus DSP, roofing dan banyak lagi yang enggak bisa disebutin satu satu lha wong saya juga enggak ngerti maksudnya.

IMG_0380Penampakan Antenna yang saya pake… diinstal di ketinggian 4 meter dari tanah. Melihat konstruksi yang ngawur gini saya nggak berkeinginan untuk jadi juara continent apalagi juara dunia. Setup radio contest yang saru bin wagu gini sudah cukup senang untuk ikut berpartisi sapi… eh partisipasi.

Sekiranya temen-temen pengin ngikut dan belum tahu rule-nya, mbok yao klik http://www.rsgbcc.org/hf/rules/2015/riota.shtml saja. Disana sangat lengkap dibandingkan anda harus bertanya sama orang yang senengnya nggedabrus ngalor ngidul gini.

Kontest dimulai pukul 12 UTC 25 Juli 2015. Dengan sok yakin, saya memakai tekhnik RUN dengan kecepatan 32 wpm. Busyet, di hari biasanya dengan speed segitu terus terang enggak pernah saya pakai. Paling banter kalau lagi QSO atau DX hanya sekitar 28 WPM. Wis, embuh… sing penting CQ dan kalau ada station yang masuk ya diterima dengan memberikan report 599 +increase number. Dah gitu aja, simpel dan enggak report. Apalagi ada software N1MM… he he!

Screenshot_2015-07-29-13-44-53

Screenshot_2015-07-29-13-44-21

Lha lak tenan… setelah mengikuti kontest ini disela sela kewajiban saya untuk menunggui papi babe di rawat dirumah sakit karena beliau harus banyak istirahat, saya cuma berhasil mengumpulkan 85 station DX saja. Sebagian besar dari jepang dan eropa. Entah Afrika dan USA kok enggak pada nongol di kontes ini. Tapi dari chat dengan beberapa rekan rekan yang mengikuti kontes ini, memang propagasi sangatlah buruk. Sebagai seorang kontester skala dunia (walaah… nggaya tenan!! wkwkwwk….) saya tetap harus mengirimkan logsheet hasil kontest. Nah, yang uniknya adalah di kontest ini setelah kita submit ke panitia lewat email, maka kita harus melakukan semacam approved sendiri dan sekaligus bisa mengirimkan foto saat kita ikut kontest. Asyik bener dah…

Memang seru kalau ngomongin pengalaman kontest, tapi terus terang cerita ini haris diakhiri dulu sampai disini yaa… saya enggak mau dicap sebagai ahli “ngracuni” pembaca untuk ikut jejak gemblung ini. Tapi,kalau pembaca enggak pernah mau mencoba kontest internasional ini dengan berbagai alasan, saya yakin pembaca akan gemblung beneran.

Wis, sekarang mau milih gemblung beneran apa gemblung-gemblungan…?? pilihan ditangan anda, sumonggo….🙂

2 responses

  1. info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba🙂 , Affleck

    1. Sampai ketemu di contest Om Jhon….🙂

Leave a Reply

