IKUTAN OK-OM CW DX CONTEST 2014

20141108224814

07 November 2014

Berawal dari baca e-mail  dari rekan rekan di YBDXC Yahoo group, terdapat sebuah kiriman e-mail yang menarik dari Om Karsono yaitu tentang informasi akan adanya JIDX Contest 2014. Sebuah contest yang cukup bergengsi dari jepang dengan mode SSB pada tanggal 08 November – 09 November 2014. Pada kesempatan itu saya berencana akan mengikuti di kelas single operator 21 Mhz single band low power.

08 November 2014

Pagi itu tepat pukul 07.30UTC saya coba scan di

rentang 15 meter band. Propagasi tidak terlalu bagus dan noise figure di IC-718 sangat tinggi. Masih bisa terdengar beberapa station yang melakukan panggilan CQ Contest namun ketika saya coba panggil masih tidak berhasil. Beberapa kali coba search and pounce namun sangat susah untuk contact dengan station amatir jepang walau dengan 100 watt yang di umpan ke wire dipole ketinggian 6 meter. Saya putus asa dan di ambil langkah untuk cancle mengikuti JIDX Japan Contest….

10388644_10202659621523310_7261478270638658028_nSiang itu ketika lagi asyik menata ruangan hamshack tiba-tiba ada petugas JNE datang. Ah, ini dia yang ditunggu. Sebenarnya saya sedang menunggu dengan harap-harap cemas kedatangan DSP-9+ Timewave. Dan ternyata benar, 2 buah paket datang dengan selamat. Yang satunya DSP-9+ dan satunya lagi IC-NE602. Untuk cerita tentang DSP eksternal ini lain kali akan saya buat postingan tersendiri. Yang jelas saya sangat membutuhkan DSP-9+ ini untuk menunjang keseriusan saya dalam ber DX’ing dan Contesting.

Segera saya pasang DSP-9+ ke IC-718 dan melakukan setup serta testing. Ternyata hasilnya sangat luar biasa, DSP ini mampu merejeksi noise yang sangat baik di mode SSB dan CW. Nah, pada saat test receiving di CW inilah saya mendapati sebuah station melakukan panggilan CQ CQ TEST. Jelas, ini adalah panggilan dari station contest CW. Kepalang tanggung, sekalian saya mau ikutan contest saja untuk mencoba konfigurasi DSP-9+ dan IC-718. Setelah mencoba searching di google ternyata benar, ada contest OK-OM DX Contest CW 2014 yang diselenggarakan amatir radio dari benua EROPA tersebut. Silahkan klik http://okomdx.crk.cz/index.php?page=english untuk melihat aturan dalam contest ini.

scoreN1MM menjadi pilihan software yang menarik digunakan untuk contest ini, dan pertukaran report sudah di set dengan RST + Progressive QSO number starting 001. Kalau bagi mereka yang tinggal di OK Land sana mereka menggunakan RST + Direct abbrevation. Kategori single operator low power – single band (15 meterband) adalah pilihan terbaik saat ini. Dan disinilah kehebatan DSP-9+ diuji. Saya benar-benar sangat menikmati konfigurasi tersebut karena bandwidth bisa di set sampai 100 Hz, yang artinya sangat menguntungkan sekali untuk memisahkan station CW Contest yang saling berhimpitan. Siang itu saya mendapatkan sekitar 22 station dengan total score 1.452. Cukup lumayan, karena hanya di niatkan untuk sekedar partisipasi saja.

cant logKejadian yang menarik, lucu dan geli adalah ketika saya coba masuk pada panggilan kontest dari 9M2SE. Jelas sudah ini adalah station dari West Malaysia. Sekali panggil saya mendapatkan RST dan progressive number dengan sangat mudah. Namun, ketika saya masukan ke LOG di N1MM apa yang terjadi? si N1MM nya menampilkan peringatan ” Only OM, OK stations can be logged!”. Inilah akibatnya kalau tidak baca ruler dengan teliti. Ternyata pada contest ini untuk station DX hanya di ijinkan untuk bekerja dengan station dari OK dan OM Land. Di luar itu jangan coba-coba untuk contact daripada di peringatkan sama NIMM.. he he!

Overall, saya cukup puas ikut partisipasi dalam contest ini. Terus terang, dalam OK-OM DX Contest CW 2014 ini adalah pertama kali saya menggunakan peralatan yang cukup mendukung dalam ber-contest CW ria. Mengapa?, karena Bencher Keyer bisa diistirahatkan dan tangan cukup pencet-pencet macro yang sudah di set di Netbook HP 10″ saya. Gak pakai capek dan gak pakai pegel serta kuping-pun adem berkat DSP-9+ Timewave baru. Sangat membantu sekali untuk decode pertukaran callsign dan report dengan sistem “kuping’er”. hi hi..!! Ok, guys see you on the contest

2 responses

  1. jika 9M2SE transmitting on CW mode, kebanyakkan masa saya adalah operatornya OM. salam kenal dari 9M2PJU.

    1. salam kenal kembali Om… senang bisa jumpa dengan station 9M2SE di contest tersebut… salam de YC1UUU TU E E

Leave a Reply

