YC1UUU ON CQWW DX SSB CONTEST 2014

YC1UUU CQWW TESTKebetulan sekali, pas lagi work off duty pas banget ada CQWW SSB DX Contest yang jatuh pada tanggal 25-26 oktober dimulai dari  hari sabtu jam 00.00 UTC sampai minggu jam 23.59 UTC. Kontest ini sangat bergengsi dan di ikuti oleh ribuan amatr radio dari seluruh dunia. Informasi untuk

kontes ini bisa anda lihat di www.cqww.com

Tidak banyak persiapan yang saya lakukan, hanya sekedar memastikan   bahwa semua peralatan bekerja dengan semestinya. Di contest ini saya akan ikut di kategori Single operator Single Band (SOSB) di 15 Meterband, no-assisted Low Power. Artinya hanya akan fokus di band 15 meter saja dengan power output maksimal 100 watt. Berikut persenjataan ala kadarnya pada kontes kali ini :

  1. Transceiver : Icom IC-718, tanpa filter maupun DSP dengan power maksimal 100 watt. Microphone masih menggunakan hand mic aslinya.
  2. Power Supply : RTVC 30A, dengan masih menggunakan trafo (mungkin lain kali bisa menggunakan jenis switching power supply)
  3. SWR Tuner : Daiwa CNW-419. Saya gunakan untuk tuning SWR agar 1:1 karena antena saya masih 1:1,4. Namun pada pelaksanaan kontes, tuner saya bypass / tidak difungsikan, hanya untuk memonitor SWR dan power output selama kontest sehingga jika terjadi malfungsi transceiver dan antenna bisa lekas terdeteksi.
  4. Antenna : Fishing Pole wire dipole. Antenna yang sangat sederhana, hanya sebuah dipole kabel yang dirakit dari kabel NYA 1,2mm di bentang dan di ikat denga wire ties sepanjang joran pancing. Dengan demikian bisa di putar-putar (rotateble) untuk di arahkan ke station tujuan. Dipasang di ketinggian 5 meter dari tanah.
  5. Kabel : Menggunakan coax RG-58u sepanjang 15 meter.
  6. Komputer : Netbook HP 10” untuk menjalankan N1MM logger software.
  7. Headphone : Tidak ada merk, saya dapatkan dengan harga Rp.40.000 dari salah satu toko acesories Handphone.

 

Saatnya kontes bergengsi tiba….

IC-718 saya set dengan High Power, Compressor mic saya On kan dan Gain mic di set di nilai 90. Dengan demikian saya berharap ketika lagi kontest power bisa average pada 80-100 watt. Jam 00.50UTC  saya mulai contest dengan tekhnik Search & pounce, artinya mencari dan menemukan peserta. Scaning di mulai dari frekuensi yang terendah ke frekuensi yang paling tinggi. Propagasi pagi itu cukup lumayan baik,dengan antenna yang sangat simple saya mampu mendengarkan peserta contest dari zone 25, 26, 27. Sengaja memang pagi itu rotary dipole wire di arahkan ke zona tersebut, karena biasanya propagasi membuka ke arah sana. Sedangkan dari zona 14, 15 dan sekitarnya akan membuka di sore hari. Saya mengawali dengan membukukan HS0ZKX dengan pertukaran report 59 26. Berturut-turut hingga sore hari saya mendapati setation dari zona 26, 25, 27 dan 1.

IMG_0255Menjelang sore propagasi ke arah eropa mulai membuka dan dengan “ototer” antenna mulai saya arahkan ke benua eropa. Dan benar adanya, terdengarlah station dari zona 8, 14,15,16 dengan cukup baik. Dan dengan mudah saya mendapatkan mereka walau kadang ada beberapa station yang harus saya ulang untuk pertukaran report. Wajarlah, station yang saya gunakan sangat sederhana sekali. Menjelang malam sayangnya propagasi di 15 meterband mulai menutup ke semua zona dan tepat pukul 16.00 UTC saya putuskan untuk off dan akan dilanjutkan keesokan harinya saja dengan membukukan HG1S, station contest dari negara Hungaria yang masuk di zone 15.

Minggu pagi tanggal 26 oktober 2014, tepat pukul 00.40 UTC saya mulai membukukan kembali station dari zone 30, VK4KW, station contest dari negara tetangga, Australia. Sepanjang siang itu kembali saya dapatkan beberapa station dari zone tetangga saja, dan dengan terpaksa contest tidak saya ikuti sampai selesai karena tiba-tiba telepon berdering dari boss untuk segera persiapan berangkan tugas ke luar kota.  Tepat pukul 04.00 UTC, kontes saya akhiri dengan membukukan HS3XVP sebagai penutup logsheet di N1MM. Walaupun kontest tidak sampai selesai, namun saya sangat puas karena bisa berpartisipasi dalam kontes tingkat dunia yang sangat bergengsi ini. Untuk melengkapi persyaratan, segera saya upload hasil kontes ke panitia dan akhirnya selesailah tugas akhir dalam mengikuti kontes ini.

Berikut Hasil Akhir dari logsheet kontes CQWW DX SSB Contest 2014:

Band    QSOs    Pts  ZN    Cty

21      98     248   17   34

Total      98     248   17   34

Score : 12.648

Lumayan lah mendapatkan score 12.648 karena kontes ini saya ikuti hanya untuk “just fun” saja, tidak ada target apa-apa.

 

Demikianlah sekilas laporan dari station YC1UUU, walau peralatan sangat sederhana namun yang penting adalah niatnya untuk memaksimalkan peralatan dengan optimal. Lalu bagaimana dengan anda? See you on world contest….

Leave a Reply

