SOUNDCARD INTERFACE PSK31 HOMEMADE

IMG_0037

Ngomongin PSK31 pokoknya gak bakalan ada habisnya. Mode yang satu ini memang mbikin saya seneng didepan radio dan ‘ngamar’ terus. Apalagi kalau pas propagasi lagi mbuka… Mau ada wanita cantik sekalipun sepetinya ogah nengok..

Setelah beberapa tahun absen di dunia per-digital mode-an, mau gak mau sekarang harus mbikin soundcard interface lagi. interface yang lama sudah ‘dedel-duel’ buat kanibalan ekseperimen yang lain. Kebiasaan yang buruk.

Sehubungan sekarang sudah ada transceiver icom IC-718 yang menambah sesak ruang hamshack, maka diputuskan benda ini menjadi radio utama untuk bekerja di PSK31. Radio ini sudah ada fasilitas VOX, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pensaklaran.

Nah, kalau dulu saya mbikin interface ini gak pakai trafo yang fungsinya untuk mengisolasi antara ground komputer dan radio, kali ini saya menggunakan trafo IT-191. memang ini bukan trafo 1:1 600 ohm seperti yang di minta pada berbagai literature. Tapi sebagai seorang homebrew-er yang hidupnya dipenuhi dengan prinsip “apapun bisa” maka dialih fungsikan lah IT-191 ini.

IMG_0053

Gambar trafo IT-191

Trafo ini setelah diukur dengan ohmmeter menunjukan nilai beberapa ohm. Saya nggak terlalu peduli dengan berapa nilai ohm yang dihasilkan, yang penting trafo ini bisa difungsikan sebagai trafo isolasi. Anda bisa ber-improvisasi pula dalam menggunakan trafo isolasi. Tapi asal jangan nekat menggunakan trafo tegangan…. Dibawah ini

salah satu trafo OT yang bisa anda gunakan juga, trafo legendaris OT-240. Mau?

IMG_0054

gambar trafo OT-240

Penggunaan trafo isolasi ini sangat diperlukan, selain sebagai isolator ground, ia sangat berperan aktif untuk membuat signal anda menjadi lebih ‘clean’ sehingga saat pengaturan ALC pada transceiver yang digunakan menjadi lebih mudah. Dalam bermain PSK31 ini bukan power yang diutamakan, namun kebersihan signal lah yang menjadi point dasarnya. Dengan 10 watt anda sudah bisa berkeliling dunia jika menggunakan PSK31. Gak percaya? makanya, cobain.

IMG_0056

Gambar optocoupler

Komponen diatas adalah optocoupler. Gunakan komponen sakti ini untuk pensaklaran. Kalau dulu saya menggunakan transistor, sekarang mendingan optocoupler karena dia mengisolasi kembali grounding radio dengan komputer. intinya usahakan tidak ada interaksi langsung antara komputer dengan radio. Harganya murah kok bro…. ga nyampe 5000 rupiah. Yah, es cendol segelas lah

Berikutnya komponen sakti yang digunakan adalah ferit bead dan L. Ferit beat ini digunakan untuk mencegah RF memasuki ke komputer yang bisa membuat icon mouse anda jalan-jalan sendiri atau bahkan tiba tiba ada karakter yang muncul di layar sending, padahal kita gak mencet keyboard saat TX. Paling parahnya adalah bisa rusak mainboard komputer karena induksi RF. Tambahin juga sekalian L atau RF Choke. saya menggunakan RFC yang nilainya gak saya ukur. mungkin sekitar beberapa ratus mikro henry. Bisa juga dibaca dari gelang warnanya, tapi saya gak peduli dengan nilai. Yang penting dia adalah RFC. Anda mau pakai RFC bekas pemancar 80 meter band juga bisa… hi!

IMG_0057IMG_0058

Gambar RFC dan Ferit beat

Perakitan paling hanya memakan beberapa menit jam kerja. Yang lama adalah memasukannya kedalam kotak karena kita harus menempatkan dengan posisi yang pas, dan membuat lubang yang tepat untuk potensiometer dan beberapa aksesoris lainnya. Gunakan kabel yang bagus pula untuk menghubungakan dari soundcard ke interface ini, termasuk hubungan dari interface ke radio. Percaya deh, kabel yang abal-abal kadang kala akan menimbulkan suatu fenomena yang bikin jengkel saat transmit. Jadi investasikan pula kabel audio yang bagus, relakan anda gak makan bakso hari ini.

IMG_0031IMG_0047

Gambar setelah dirakit dan dimasukan ke enclouser universal

Kalau anda perhatikan ada 2 buah resistor dan elco. resistor ini saya pasang dan difungsikan sebagai attenuator untuk mereduksi gangguan gangguan yang muncul saat decoding. Pada awalnya ketika belum  dipasang, ada gangguan signal ‘ghost’ yang selalu menyertai setiap signal PSK31 yang saya decode. Bahkan gangguan semacam noise akibat interferensi dari power supply switching komputer abal-abal saya selalu muncul dan menimbulkan beberapa garis signal di sepanjang waterfall MixW gratisan. Efeknya saat decoding signal menjadi tidak sempurna, bahkan selalu gagal walau sudah kita atur volume inputnya. Dengan memasang attenuator ini, problem bisa diselesaikan. Saya menggunakan R 10 Ohm 2 buah. Kenapa 10 Ohm? lha saya nemu-nya cuma R itu di junk box. Jadi ya tak pasang saja, pokoknya masalah bisa diatasi… he he!! wes, pokoke ngawur tenan!!

IMG_0038

gambar uji joba TX

Langkah terakhir adalah testing TX. Perhatikan, tidak ada ALC yang muncul. Ini mengindikasikan bahwa signal anda clean dan tidak overdrive. Atur sedemikian rupa pada potensio interface audio, dan pengaturan output audio dikomputer. Adjust sedemikian caranya agar ALC tindak muncul namun power TX bisa keluar sesuai keinginan anda. Ingat, PSK31 ini memancar dengan terus menerus / continue. Jadi usahakan jangan lebih dari 50% power TX. Misalnya, power yang anda punya 100 watt. Usahakan maksimal memancar dengan 50 watt saja. Itupun menurut saya sudah terlalu sangat besar. Saran saya gunakan maksimal 20 watt, membuat radio lebih adem dan hatipun tenang tidak takut terjadi fenomena ‘blow final unit’  :-)

IMG_0030

Gambar situasi ngoprek

Terakhir saran saya, panaskan solder jangan cuma asyik mbaca dan nonton postingan saya. Apapun karya anda hari ini, itu adalah sebuah bentuk pencapain yang terbaik. Share juga ke teman-teman lain, jangan pelit-pelit punya ilmu. Apalagi ini adalah amateur radio, saling berbagi adalah hal yang mengasyikan. Ok, see you on the band yaa….

UPDATE…… Berikut gambar skemanya. Sesuaikan dengan conector pin radio yang anda gunakan.
skema

6 responses

    1. Dear Om Rangga… Waduh kelamaan balasnya yah. Maaf… Skema nanti saya susulin deh dipostingan yaaa… Tnx attentionnya.

  1. kapan2 bisa ketemu om, aku juga sedang greget mainan digimode lagi🙂
    widigresik.wordpress.com

    1. Siip… Sampai ketemu di udara Om Juhar dengan mode yg efisien ini.

  2. OM Skemanya boleh donk

    1. Ok , Sudah diupdate skemanya Om Sammy… mudah-mudahan bisa sedikit membantu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: