MEMBUAT BALUN 1:1

IMG_0067Tenan, saat ini saya lagi mbutuhin sebuah komponen yang namanya BALUN, Balance and UNbalance. Kalau sengaja mbeli kok rasanya tidak bijak. Harganya sudah diatas 200 ribu rupiah. Dengan menggunakan prinsip ‘gresek-gresek’, beberapa hari yang lalu saya mencoba mbikin sendiri dari komponen yang ada di junk box. Balun dirancang dengan perbandingan ratio 1:1 yang mempunyai jenis current Balun. Mengapa current? kok nggak voltage balun?. Lha iya lah, soalnya mau diaplikasikan ke antena dipole 40 meterband untuk running QRP portable di lapangan. Dan sudah kita ketahui kalau dipole yang mempunyai panjang sama sisi tersebut mempunyai karakteristik current maxima di titik feed point. Wes to, pokoke manut saja ‘ujar-ujar’ wong londo ini biar slamet bin sukses mbikin Balun ini.

IMG_0060Setelah aduk-aduk junk box diketemukan bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Toroid Cincin.
    Kebetulan saya mempunyai beberapa

    stock toroid jenis ini yang mempunyai diameter luar 3.5cm, diameter dalam 2 cm. Jangan tanya dari jenis material apa, yang penting tak ukur pakai multimeter dia gak short. Berharap ini dari materi karbon padat, bukan serbuk besi padat. Saya sempat hunting toroid ini di Pasar Genteng, Surabaya beberapa bulan yang lalu ketika lagi tugas luar kota.

  2. Kawat E-mail.
    Cukup beberapa cm saja yang diperlukan, dan yang ada di junk box lebih daripada cukup untuk mbuat BALUN samai 10 biji. Ukuran 1,2 mm. Kenapa segitu ukurannya? karena memang yang saya punya ukuran segitu yang paling besar. Besar kecilnya kawat hanya akan menentukan kemampuan handling powernya.  Namun dengan ukuran 1,2mm saya yakin ini mampu dilewati power hingga 300 watt. Sangat lebih daripada cukup karena konsruksi yang mau dikerjakan hanya untuk dilewati power 5 watt. Ingat, run QRP brooo…. Jangan lupa kalau ada pelindung email sekalian disiapkan untuk mencegah shorting kawat pada saat dipakai.ini sih optional saja.
  3. Kotak plastik universal.
    saya mau nanya, telanjang itu gak enak kan? bisa masuk angin. Jadi BALUN yang dirakit ini harus dikasih baju supaya ‘ora saru’ malu ah sama tetangga. Saya sudah mempunyai kotak kecil yang cantik dan sangat pas digunakan dengan ukuran panjang 6cm X Lebar 4cm X Tinggi 3cm. Pas sekali, ketat dan seksi.
  4. Connector SO-239 Sasis.
    Yang ini sudah ada pula. jadi tinggal pasang. Kalau sengaja mbeli sepertinya harga gak mahal-mahal amat, mungkin seharga nasi uduk. Jadi masih sangat layak kalau diperjuangkan.
  5. Skun Kabel dan screw.
    Usahakan ketika mbeli skun kabel harus diukur sekalian ketika mbeli screwnya suapaya pas.
  6. Lem Besi DEXTONE
    Jangan nanya lagi udah punya atau belum. Yang ini juga sudah tersedia di junk box. ha ha ha…. lengkap amat ya. Gak juga sih, lem ini bekas jaman dulu ketika eksperimen antenna multband, jadi masih ada sisa.
  7. Alat Kerja
    Tang potong, cutter, solder, timah dan lain sebagainya. Pasti udah tahulah alat kerja apa yang diperlukan, yo to?
  8. KOPI
    wajib ini! biar eksperimen makin gayeng dan asyik.

Oke, semua peralatan dan bahan-bahan sudah tersedia dengan baik dan benar. Oh, ya sebelum saya lanjutkan ke proses berikutnya tentunya kita harus sudah mempunyai skema BALUN yang mau dirakit. Inilah rancangan yang mau dibikin balun 1Perhatikan ya, pada posisi “DOT” adalah posisi awal saat kita menggulung dan mendapatkan input kabel RG-58 dan variannya. Pasti udah pada tahu kan, kalau kabel jenis RG adalah jenis kabel unbalance atau saluran tidak seimbang. Dan ujung satunya lagi nantinya dia akan mendapatkan sisi kanan dan kiri antena dipole. Antena yang seimbang atau sama sisi kanan dan kirinya. Balanced gitulah istilahnya.

Proses menggorengnya:

  1. Kita mulai saja untuk melilit kawat email pada toroid. Saya mulai dari arah kiri lalu penuh hingga mengelilingi toroidnya. Dengan diameter kawat yang 1.2mm dan ukuran toroid cincin yang tersedia, didapatkan jumlah gulungan sebanyak 10 lilit. Dan ini hasil yang saya bikin:
    IMG_0063
  2. Pasang skun kabel dan solder ujungnya yang lain ke O-239. Lihat gambar skema diatas tadi sebagai panduan untuk memasang sisi sisi masing konektor. intinya yang sisi unbalance mendapat konektor SO-239, yang sisi balanced mendapatkan skun kabel. Nih dia punya saya:
    IMG_0064
  3. Setelah selesai, masukan kedalam baju.. eh, ke kotak yang sudah kita siapkan tadi. Gambarnya udah saya tongolin di paragraf paling atas, scroll up ya… Kalau yang ini hasilnya setelah lengkap dimasukan kedalam kotak. Oh ya, jangan lupa Balun diberi lem Epoxi Dextone untuk memperkuat posisi toroid pada kotak dan tidak bergerak ketika dibawa-bawa atau ‘mobat-mabit’ setelah di install diatas karena kena angin. Sekalian konektor SO-239 juga di lem saja. Setelah ditutup, dilem juga Box-nya biar paten. Pokoknya bikin konstruksi yang kuat karena Balun ini tidak akan kita bongkar-bongkar lagi.
    Yang penting adalah pastikan solderan, koneksi baut harus sudah kuat. Tight dengan baik dan benar lalu ukur dengan multimeter untuk memastikan sambungan bagus. Kalau anda mau ukur pakai analayzer juga boleh. Sediakan saja R 50ohm sebagai dummy load. Saya nggak akan memberikan proses ngukurnya karena memang BALUN ini gak saya ukur pakai analyzer karena skemanya sudah kelihatan, sangat simple dan sederhana. Jadi cukup pastikan sambungan bagus dan tidak ada short antara masing-masing email.
    IMG_0069
  4. Setelah ok dengan final check, saya pasang di antenna wire dipole 40 meterband. Antenna dibikin dari kabel yang kecil karena memang buat QRP portable. Selain enteng ia juga sangat kecil kalau digulung. Perhatikan perbandingannya dengan kartu disebelahnya (seukuran kartu ATM).
    IMG_0071

Selesai sudah mbikin BALUN 1:1 nya dengan biaya sejumlah 0 rupiyah. Ya iyalah wong semua sudah ada di junk box…. Jadi masih tetap mau mbeli BALUN yang harganya ratusan ribu?. Pikir ulang deh, dengan biaya sekitar 30 ribu saja sebenarnya sudah bisa untuk bikin BALUN sendiri. Dan masih bisa direduce jika anda sudah mempunyai bahan-bahannya, baik dari mulung maupun stock jaman eksperimen di junk box anda. Hasilnya bagaimana Mas Bung Yon? Tuh, baca saja di postingan bawah ini… https://cqradio.wordpress.com/2014/09/13/bicycle-qrp-portable/

SALAM BODOL’ER…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: