Embedding log di halaman QRZ.com

clublog5

Setelah bertekat mau kembali aktif ber-DX disela sela kesibukan bekerja, kini saya mulai aktif mencari solusi tambahan untuk melancarkan kegiatan DX nanti. Yaesu FT-450 baru sudah tiba dengan selamat dirumah . Transceiver kecil ini menjadi pilihan saya untuk kembali ber-DX. Saya belum sempat me-review radio ini karena sama sekali belum membuka isinya dan masih rapih di dalam Dus-nya. Untuk Power supply saya memilih yang 30A maksimal, produk dari RTVC dan kini kondisinya masih didalam dus juga, soalnya belum sempat buka isinya. Ceritanya baru semua… cieeeee🙂

Untuk memudahkan QSL’ing dan claim award, saya sudah mulai aktifkan kembali LOTW (Logbook Of The World) yang dikelola oleh ARRL sehingga jika nanti saya akan klaim awward keluaran ARRL sudah tidak perlu lagi kirim QSL Card paper. Cukup dari matched log hasil QSO DX saya nanti. Saat ini baru 54 negara yang sudah konfirmasi QSO saya dari 1.314 QSO yg dimulai dari tahun 2006 akhir. ingin tahu lebih lanjut silahkan langsung ke http://www.arrl.org/ 

Pilihan kedua untuk upload log saya mengikuti dan register juga di CLUBLOG. Silahkan kunjungi www.clublog.org . Disana anda akan lebih tahu apa itu fungsinya CLUBLOG dan saya yakin sangat berguna untuk aktifitas DX kita terutama untuk QSL’ing.

Nah, kini cukup “nggedabrus-nya”, kita langsung menuju ke pokok pembahasan yaitu bagaimana untuk memasang hasil QSO kita yang sudah diupload di CLUBLOG pada halaman callsign kita di QRZ.COM. Eh, belum tahu juga QRZ.COM? langsung saja klik www.qrz.com yaaa….. Dengan memasang clublog di qrz.com maka semua orang akan bisa melihat hasil kita QSO yang terakhir sebanyak 10 station.  Sangat membantu bagi station lawan bicara kita untuk memastikan bahwa ia memang sudah confirmed bekerja dengan kita. Asyik kan….

Berikut caranya yang sebagian saya dapatkan langsung dari halaman di CLUBLOG:

  1. Aktifkan fitur 10 QSO terakhir  dalam profil klub Log Anda. Opsi ini dinonaktifkan secara default untuk alasan privasi.  ini terletak di halaman Pengaturan di clublog. Klik untuk memilih “Activate the last 10 QSOs and stats tool on your account?”
    clublog1

  2. Login ke QRZ.com anda dan bawa kursor mouse diatas callsign Anda di sebelah kanan menu garis bawah banner iklan atas untuk melihat menu drop-down.

  3. Klik “Edit [Your callsign] …” dalam menu drop-down.

  4. Click “Add or edit your biography text, fonts, etc.”
    clublog2

  5. Klik tombol “Source” tombol di bagian kiri atas editor. Jika Anda tidak menggunakan mode Source, itu tidak akan berhasil!
    clublog3

  6. Halaman yang sekarang akan berubah ke tampilan HTML, dan menampilkan kode sumber baku untuk halaman biografi  QRZ Anda. Potong dan paste kode HTML berikut ke tempat yang tepat pada halaman tersebut:< iframe   align = "top"   frameborder = "0"   height = "350"   name = "iframe"  scrolling = "yes"   src = " http://www.clublog.org/last10_iframe.php?call=yc1uuu"   width = "450" ></ iframe >
    >

    catatan: Jangan lupa untuk "yc1uuu" ganti dengan callsign anda

    clublog4

  7. Setelah itu simpan dan silahkan lihat kembali halaman QRZ.com anda…. Makin cantik dan informatif. Itu jika anda rajin DX… he he!!

HAPPY NICE DX’ING BRO…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: