CURAHAN HATI TENTANG BITX-KU

Sampai sekarang exciter BitX ku belum selesai selesai juga. Entah sudah berapa bulan, hanya untuk membuat transceiver yg di kenal simple ini saja tidak rampung-rampung. Apalagi membuat transceiver yang kompleks. Alasan keterbatasan waktu nampaknya menjadi sebuah alasan yang tepat.

Sebenarnya saya sangat penasaran dan sebal dengan eksperimen yang tak selesai ini. Apa sih yang susah, saya yakin tidak ada! apakah faktor lucky belum berpihak? Ah, gak juga menurut saya. Dunia elektronika ini sebenarnya bisa di cerna dengan logika dan ilmu eksact (walah… opo kuwi..). Gemas dan gregetan juga melihat satu demi satu teman teman saya sudah mulai berhasil merakit “binatang” ini dan mengudara di beberapa Band yang bisa di capai oleh “binatang” ini. Grrrrrrrrrrr…..!!! sebel

Oke, flash back dikit apa sih yang sudah di selesaikan Bung Yon? Saat ini saya baru merampungkan DDS nya (lihat postingan tentang DDS yang pernah saya tulis), sementara untuk exciternya sudah selesai semua namun baru sebatas receive saja, itupun masih budeg sekali. Nampaknya harus di trouble shoot di bagian Band Pass Filternya. Sementara untuk Transmit masih gagal total…😦 .

Jadi nasibnya sekarang sementara di bungkus plastik dulu dan di masuk ke kotak sambil menunggu mood meneruskan project ini dan mencari waktu luang untuk menyelesaikan eksperimen penting ini. Kenapa sangat penting? yah, penting bagi Bung Yon. Karena terus terang, dengan membuat project transmiter atau project apapun di dunia amatir radio ini membuat hidup Bung Yon semakin berwarna. Kata iklan rokok sih, bikin hidup lebih hidup…. he he he. Ah, sudahlah nggedabrusnya kita terusin curhatan ini.

Oke, sambil menunggu waktu off (saat ini saya masih di offshore) saya berusaha terus mencari semua informasi tentang BiTx ini. Nah berikut ini beberapa gambar yang saya dapatkan, dan saya yakin ini sangat berguna untuk menghidupkan “binatang” yang disebut BiTX ini. masak tidak bisa…?

Image

Gambar skema BitX.

Ini saya yakin semua sudah tahu dan punya, yaitu gambar skema BiTX nya. coba dan coba untuk memahami alur skema ini dan ada sedikit pencerahaan untuk alur kerja dari transceiver ini.

Image

Yang ini skema blok… ya, skema perbagian. Ini lebih mudah untuk saya pahami.

bitx per diagram

Gambar diatas nampaknya sangat bermanfaat saat kita tracing langsung di PCB setelah semua tersolder dengan sempurna. Bagian demi bagian dengan mudah kita lihat. Nah, dengan tambahan sedikit ilmu ini apakah Bung Yon masih belum bisa menghidupkan “Binatang” ini? hmmmm….. kita tunggu saja postingan selanjutnya.

Terima kasih buat kaskus, blog teman-teman dan group facebook BitX

2 responses

  1. Ayo semangat… semangat… harus bisa !!

    Coba baca dengan seksama di blognya KC0WOX : http://golddredgervideo.com/kc0wox/bitxver3/bitx20version3.htm

    1. He he.. Project yg gak kelar2 Om Yani.. Thanks Link nya, sangat berguna buat saya.. Kepikiran terus sampai di offshore🙂

Leave a Reply

