MERAKIT AD9850 DDS SIGNAL GENERATOR

Image

Merakit pemancar & penerima radio (transceiver) tentu tidak lepas dari blok Oscilator / VFO. Tentu kita menginginkan sekali sebuah oscilator yang mantap dan steady, tidak mengalami driff sedikitpun. Apalagi kita akan bekerja di mode SSB / CW yang di kenal dengan bandwidth yang sempit di bandingkan jika kita merencanakan sebuah transceiver untuk di mode AM. Banyak cara yang biasa kita lakukan, mulai dengan  merakit VFO dengan berbagai cara agar tidak driff (namun biasanya tetap driff), hingga merakit PLL (harganya lebih mahal dan agak ruwet) maupun pakai sistem oscilator kristal (sayangnya hanya bisa digunakan untuk satu frekuensi) maupun dengan mix yang tersebut di atas.

Nah, kali ini saya eksperimen sebuah signal generator yang difungsikan sebagai oscilator dengan sistem DDS yang dikenal sangat stabil (dan memang stabil bro…) dengan harga yang cukup murah meriah dengan hasil bisa di adu dengan pesawat pabrikan tentunya. Jika anda sudah membaca di blog teman teman yang lain tentang DDS, ya seperti itulah deskripsinya. Jika belum, dibawah ini akan saya terangkan sedikit apa itu DDS.

“The DDS module is base on AD9850 which is provided by ADI Company and common used in many DDS module.The chip provide 0-40MHz measurement capability,the AD9850’s innovative high speed DDS core provides a 32-bit frequency tuning word, which results in an output tuning resolution of 0.0291 Hz for a 125 MHz reference clock input.This module provide you a ready made hardware and you can use serial or paralle pins on board to control the AD9850 for different frequency out put. The duty can be adjust by a adjustable resistor – which change the adjust voltage level of the comparer.”

Jelas kan, disebutkan bahwa frekuensi kerjanya bisa digunakan dari 0-40Mhz. Cukup kalau hanya untuk membuat transceiver di rentang HF. Dan fiturnya ini bro:

  • 2 channles square wave output and 2 chanles sine wave output
  • Sine wave: 0-40M ; Square wave: 0-1M
  • Using 70MHz low pass filter, the waveform’s SN better clear
  • Parallel and Seiral data bus selction
  • Duty cycle adjustedable – Comparator reference input voltage generated by the variable resistor
  • DA reference Pin12 elicit, easy adjustment wave out amplitude
  • Size: 42 x 30 x 1.6 mm

Hanya sayangnya DDS berchips AD9850 ini mempunyai keluaran yang mulai kurang bagus setelah 20MHZ ke atas. Tidak masalah bro, lagian sudah cukup lah dari 0 – 20 Mhz. Dan jika menginginkan diatas 20 Mhz tinggal menambah penguat satu transistor dan beres… Oke, apa saja jamunya untuk membuat Signal Generator ini?

  1. DDS MODUL AD9850. Saya mendapatkan DDS modul ini melalui online shop di indonesia. Banyak kok yang jual dengan harga yang kompetetif. Saya dapatkan waktu itu dengan harga Rp.100.000
  2. Controler. Untuk membuat agar DDS Modul ini bekerja tentunya diperlukan sebuah kontroler. Fungsinya untuk menggeser up/down frekuensi kerja, band, step/ memory frekuensi dan pengaturan lainnya. Untuk controler ini kita memanfaatkan microcontroler PIC 16F628A.

Image

Gambar Skema controler

Hanya itu saja bro, nanti dari output DDS inilah kita suntikan ke transceiver sebagai pengganti oscilator VFO kita. Baik, sekarang kita masuk untuk step perakitannya. Yang saya lakukan hanya merakit controlernya saja, karena DDS yang kita beli sudah dalam bentuk Modul. Tinggal nanti menghubungkan antara DDS modul ke controler lalu ke transceiver.

  • Langkah awal yang saya lakukan adalah harus membuat PCB nya. Seperti kebiasaan saya, untuk membuat PCB sendiri sangat ribet🙂 jadi order PCB saja yang sudah jadi. Saya hubungi om yoke, YB3LVX dan orderlah ke beliau.
  • Cari literature. Tentunya untuk mengetahui apa itu DDS, Controlernya saya harus “ubek-ubek” Google search. Kunjungi http://yc3lvx.blogspot.com/2013/01/memasang-dan-membuat-dds-vfo-pada-bitx.html, postingan om Yoke ini sangat banyak amat membantu eksperimen dan pengetahuan yang saya perlukan dan ini menjadi rujukan utama saya. Thanks Om Yoke. Sesuai arahan di postingan tersebut sayapun mengunjungi web http://www.hamradio.in. Disana saya download skema dan layout PCB buatan Niras C.V, download saja di http://pcb.hamradio.in/ dan pilih file DDS_4_PDF.zip yang berukuran 150k
  • Berburu komponen. Pada intinya pencarian komponen ini sangat mudah. Hanya di kota Tangerang untuk mendapatkan PIC 16F628A, LCD 2X16 character dan rotary encodernya sangat susah. Akhirnya saya belanja online ke http://indo-ware.com/
  • Memrogram PIC dengan HEX. PIC 16F628A ini harus kita isi dulu dengan firmware. Untuk mendapatkan firmware ini tinggal download saja di http://www.hamradio.in/downloads/index.php?d_op=getit&lid=55 dan klik download. maka akan terdownload file dds4v0.zip yang berukuran 216kb. Ekstrak saja dan anda akan mendapatkan disana file Hex yang harus di isikan ke PIC. Untuk mengisi file HEX ini saya menggunakan downloader. Anda bisa merakit sendiri atau membeli jadi alat downloader ini. Saya sendiri beli jadi saja dari indo-ware.

Image

Proses merakit :

Solder dengan hati hati semua komponen yang ada di blok controler. Pada controler yang saya rakit ini terdapat 2 ic PIC. PIC pertama digunakan untuk mengontrol transceiver single band. Dan PIC kedua digunkan untuk multiband. Karena saya bekerja di single band 40m (BITX), maka hanya PIC 1 saja yang saya isi file HEX dan terpasang di PCB controler. Rakit pula board tombol-tombolnya dengan teliti. Jika sudah, pastikan sekali lagi tidak ada komponen yang salah pasang, termasuk jumper jumper yang diperlukan dan kemungkinan short solderan anda. Sikat menggunakan sikat yang lembut kalau perlu dan cek sekali lagi.

Jika sudah selesai hubungkan semua bagian, yaitu antara board controler ke LCD serta ke mini board tombol. Jangan lupa DDS9850 Modul harus di pasang di controler boardnya. Yang perlu hati hati disini adalah ketika kita memasang ic PIC ini. Jangan sampai terbalik posisi pin nya. saya lebih suka menggunakan socket untuk pemasangan ini agar lebih mudah dalam handlingnya. Pemasangan LCD ke board controler pun harus hati-hati, karena kita akan menyolder kabel yang cukup banyak dan berdekatan (saya menggunakan kabel pita). Jangan sampai short dan pastikan dengan continuity meter.

Image

Oke, jika semua sudah ready kita siap untuk proses testing. Seperti acuan dari postingan om yoke di http://yc3lvx.blogspot.com/2013/01/memasang-dan-membuat-dds-vfo-pada-bitx.html maka semua saya lakukan sesuai urutannya. Dan akhirnya berhasil lah saya set sesuai dengan IF pada BITX yang saya pakai . Ketika saya coba untuk menghubungkan ke BITX transceiverpun tidak mengalami kendala dan berhasil dengan sukses pula.

Wow… kini saya mempunyai sebuah oscillator yang mantap dengan harga yang terjangkau dan berani di adu dengan transceiver buatan jepang itu. He he h hee… maju terus homebrewer, salam!

6 responses

  1. mas,boleh minta link beli ddsny ga? kok sya susah dapet toko online yang jual DDSnya.

    terima kasih

    1. Untuk modul DDS banyak yang jual online kok mas bro…. Salah satunya coba cek di http://www.indo-ware.com

  2. mas… kalo ad9850 itu di coding biar outputnya bisa keluar dengan skala range 450khz-2mhz bisa ngga??? nah kalo di coding keluaran dari range itu bertahap kenaikannya sampai 2 mhz bisa ngga???

    kalo bisa minta refrensinya mas..

    terima kasih..

    1. seharusnya bisa mas….
      cuma saya belum pernah untuk coding hal tersebut🙂

  3. asalamualaikum mas, mas saya boleh minta contact person mas, saya lagi susun skripsi buat rancangan pembangkit frekuensi dari 190 khz – 495 khz menggunakan dds, kalo bole kirim di email saya mas lengkongallan@gmail.com , mohon arahannya mas, terima kasih sebelumnya

    1. waalaikumsalam mas bro…. contact person sudah ada di http://tokocqradio.blogspot.com/🙂

Leave a Reply

