THE FIRST QRP HOMEBREW TRANSCEIVER YC1UUU

ImageHalaaah… si mas Bung Yon ini pakai bahasa inggris segala judulnya. he he he… sekali-kali soalnya sebagai bentuk rasa senang karena sudah lahir transceiver homebrew saya yang pertama. Mungkin inilah karya pertama saya di bidang merakit transceiver HF setelah berulang kali gagal terus. Tapi tentunya pantang menyerah bro….🙂

Dalam merakit homebrew yang pertama ini saya memilih sebuah karya yang menurut saya sangat bagus dan tentunya sangat compact karena ukuran PCB nya sangat kecil sehingga mudah untuk di ajak travelling. Karya ini adalah ciptaan Pak Indra S Ekoputro / YD1JJJ yang di beri nama MICRO-40S,  40M QRP SSB TTRANSCEIVER. Untuk lebih lanjut bisa kunjungi web beliau di http://blekokqrp.blogspot.com

Saya order kit ini dan ada beberapa komponen SMD yang sudah di solder untuk memudahkan perakitan. Selebihnya adalah komponen-komponen non SMD yang tentunya sangat mudah untuk disolder oleh seorang pemula pun.

Kit ini di rancang bekerja di band 40m pada rentang 7.00 MHZ – 7.200 Mhz dengan IF 5 Mhz dan Bandwidth 2.1 Khz. Sesuai judulnya, radio QRP, maka power output pun di keluarkan 3 watt. Menariknya, transistor final yang di pakai dari jenis IRF yang dikenal sangat murah harganya. Dan yang lebih penting lagi adalah penggunaan daya yang sangat efisien menurut saya. Hal ini bisa dicapai karena menggunakan IC NE602 yang sangat terkenal di amatir radio tersebut. Namun sayangnya IC ini sangat langka di toko elektronika.

Saat merakit kita tidak usah khawatir, karena kit ini dilengkapi dengan petunjuk yang detil di sertai peringatan-peringatan agar kita hati hati pada section tersebut. Petunjuk di buat step by step dan kita bisa mengikutinya agar setiap bagian yang kita solder dapat menghasilkan sesuai harapan.

Image

Gambar 1: Petunjuk perakitan

Kit ini saya rakit menghabiskan waktu hampir 4 jam, mungkin bagi yang sudah eksperien bisa lebih cepat waktunya🙂 . Setelah melakukan proses tuning di beberapa bagian yaitu oscilator, Bandpass Filter dan Low pass filter akhirnya saya bisa mendapatkan power hingga 3 watt dengan final IRF510.

Image

Gambar 2: Setelah di rakit dan di masukin enclouser

QRP radio ini saya pasangkan dengan EFHW (End Feed Half Wave) dan dilengkapi tuner untuk menyesuaikan impedance yang terkenal tinggi pada antenna tersebut. Sumber arus dan tegangan saya pilih sebuah accumulator Sealed MF 3A dari bekas aki motor. Box pemancar saya buat dari PCB yang di potong potong dan di bentuk kotak kecil dilengkapi 2 kenop yaitu volume dan tune pada bagian depan. di tambah satu led sebagai indikator power dan connector 8 pin Microphone membuat tampilan semakin manis.

Image

Gambar 3:  Simple dan sexy🙂

Potensi pengembangan ke depan saya akan menambahkan satu rangkaian di depan dengan pembangkit tone generator yang fungsinya tentunya sangat penting bagi saya sebagai penggemar komunikasi morse🙂 .

Image

Gambar 4: Toroida amidon punya, tak di ragukan kualitasnya

Dan kini MICRO-40S siap untuk di test on the air……….

Leave a Reply

