CRYSTAL TESTER OSCILLATOR

Berawal dari proses pembuatan BITX, saya harus mendapatkan 5 kristal yang identik untuk digunakan sebagai filter ladder dan BFO. Karena alih alih akan menjadi filter, justru kalau kita salah dalam mendapatkan kristal yang sama malah akan menjadi sebuah benteng untuk meloloskan signal. Kira-kira begitu dari beberapa literature kawan-kawan di internet yang berhasil saya temukan. Untuk itulah di perlukan sebuah prosesi bagaimana cara mendapatkan 5 kristal yang identik.Image

Gambar 1 : Crystall 10 Mhz

Langkah pertama saya order 20 buah kristal 10 Mhz dari satu tempat dan satu pabrikan.  Dari ke 20 buah kristal ini tidak akan sama nilainya pada 10.000 Khz. Lalu bagaimana cara mengetahui nilai aktual kristal tersebut? Untuk itulah kita perlu membangun sebuah alat yang mampu membangkitkan getaran pada kristal ini dan menampilkan nilai frekuensi getaran tersebut.

Image

Gambar 2: Skema Crystall tester

Hmm…. kalau sudah bicara masalah getaran frekuensi tentunya sudah bisa kita tebak. Membuat Oscillator!! Ya, kita akanmembangun sebuah oscillator crystall dan untuk menampilkannya kita perlu sebuah alat bantu lagi, namanya Frequency counter. Kebetulan saya sudah mempunyai frequency counter Zaoxin model HC-F2700L. Lalu oscillatornya sendiri saya memanfaatkan skema BFO dari BITX yang saya buat, namun tentunya untul lilitan dan C nya kita buang karena kita ingin mengukur nilai aktual crystal tersebut. Kalau masih terpasang L dan C maka bisa-bisa frekuensi akan swing mengikuti nilai pada C yang bisa di rubah.

Image

Gambar 3: Setelah di rakit

Image

Gambar 4: Disolder langsung pakai PCB bolong🙂

Dan ternyata, dari ke 20 crystal yang saya beli, hanya mendapatkan 5 crystall yang nilainya identik /hampir sama. Dan kebetulan sesuai jumlahnya dengan yang saya inginkan untuk BITX saya. Selamat bereksperimen.

Leave a Reply

