QRP, SAMPAI MANA SAJA JANGKAUANNYA SIH?

IMG_1508

Penasaran dengan hasil hasil QSO QRP dari station saya? Ok, nanti akan saya berikan hasil dari beberapa QSO DX saya. yang pasti, menurut sya sangat luar biasa karena dengan sistem antenna yang begitu sangat sederhana dan jauh dari efisien, mampu menghasilkan kontak DX yang lumayan jauh. Sebelumnya saya akan memberikan data station yang saya pergunakan:

  1. Radio : saya menggunakan FT-80C yang di set reduce power hingga maximal 5       watt saja. Sayangnya memang saya belum mempunyai jenis radio yang real QRP Rig, semisal FT-817ND atau IC-703 plus. Bahkan yang homebrew juga belum saya rakit. Jadi saat ini hanya memanfaatkan yang sudah ada dulu.
  2. Band DX : Saya pilih di 21 Mhz atau 15 meter band, mengingat pada band ini propagasi mulai membuka dan lebih mudah untuk handling antenna dengan keterbatasan lahan yang saya punya.
  3. Mode : QRP adalah bekerja dengan skill dan Trik. Untuk itu saya memilih bekerja dengan digital mode, spesialnya adalah PSK31. Terbukti mode ini sangat ampuh dalam menembus QRM, QRN termasuk ketika propagasi dalam kondisi yang marginal. CW juga bagus, namun saat ini  saya masih memfokuskan di PSK31.
  4. System antenna : Saya menggunakan antenna Dipole dengan sistem matching  gamma match. Ketinggian antenna sekitar 6 meter dengan saluran transmisi CoAx RG-58 sepanjang 15 meter. Pada band ini VSWR saya dapatkan 1:1,3.  Dengan kondisi seperti ini, ketika saya lakukan pengukuran power di ujung antenna pada input 5 watt, hanya menghasilkan output power 3 watt. Artinya dengan sistem antenna yang saya pergunakan tersebut kehilangan power 2 watt dikarenakan losses kabel dan connector cable. Jenis kabel ini memang mempunyai losses yang cukup tingi.Accesories : Untuk mengcontrol power output dan VSWR, saya pasang DAIWA CNW-419. Ini merupakan jenis antenna tuner unit, namun hanya saya fungsikan sebagai meter saja.
  5. Power Supply : menggunakan homebrew power supply dengan trafo 15 Ampere.
  6. Software : Saya memilih Ham Radio Deluxe dengan dukungan PC rakitan.

IMG_1509Gambar 1:  Antenna Dipole Gamma-match yang saya pergunakan

Dari keterangan dan data tersebut diatas sebenarnya belumlah efisien bekerja QRP karena masih membutuhkan peralatan yang cukup besar dan banyak. Namun lupakan itu, karena yang harus di perhatikan adalah output power yang digunakan, 5 watt atau kurang untuk CW dan digital mode.

QSO pertama yang saya dapatkan pada saat contact QRP adalah dengan 4S7KKG station dari srilanka pada mode RTTY. Berikut hasil QSO sampai pada saat tulisan ini di launching:

  1. 4S7KKG dari Srilanka
  2. ZR6AOC David dari South Africa
  3. P29ZL, Tim dari Papua guinea
  4. F6ECI, Christian dari Perancis
  5. ON5DML, Paul dari Belgia
  6. 5R8FL, Andreas dari Madagascar
  7. UR5FA/MM, Oleg dari Ukraina yang sedang operate dari Laut India
  8. UY5IC, Valeriyg dari Ukraina
  9. A45XR dari Oman
  10. 3B8IK, Ian dari mauritius
  11. P29ZAD, Jerry dari Papua guinea
  12. HS0ZJK, Erric dari Thailand
  13. VK8NSB, Stuart dari Australia
  14. FR5HA, Joseph dari Reunion Island
  15. HL5FUA, Choi dari Ulleung Island Korea

peta qso qrp

Gambar 2: Peta hasil QSO QRP, perhatikan pin warna merah, itu adalah lokasi dimana saya berhasil kontak QRP DX.

Rata-rata saya menggunakan power hanya 3 watt dengan report sebagian besar mereka memberikan RST ke saya 599, report yang sangat sempurna. Hanya satu station yaitu 3B8IK dari Mauritius yang memberikan report 569, tapi tidak terlalu buruk karena saya hanya run 2 watt ketika bekerja dengannya.

2 responses

  1. boss aku ga da radio nee….. entu antenna yang pernah patah ?

    1. walah, lha itu yang di bawah lemari dipasang radionya.. jangan cuma buat ganjal doang..🙂
      ya, itu antenna yang pernah patah dan sekarang aku fungsikan sebagai dipole element saja boss…

Leave a Reply

