QRP.. LESS POWER, MORE FUN

Mungkin jika anda membuka data saya di http://www.qrz.com/db/YC1UUU ada sesuatu yang beda dari biasanya. memang sejak bulan november 2012 ini saya berkomitmen untuk bekerja menggunakan QRP. Apa itu QRP? jika kita ambil arti secara harfiah, QRP bisa dikatakan berkomunikasi dengan menggunakan power yang rendah. Jika kita menggunakan mode SSB, kurang dari 10 watt sudah bisa dikatakan QRP. Sedangkan jika kita menggunakan power kurang dari 5 watt pada mode digital (BPSK31, RTTY dan variannya) & CW juga bisa dikatakan QRP. Nah, lebih gila lagi, ada juga penggemar yang menggunakan di bawah 1 watt. biasa mereka mengatakan bekerja QRPp.

wah, mau sampai mana mas run DX cuma menggunakan 5 watt. Wong, pakai 100 watt saja susah dan gak PD (percaya diri). Harusnya kan diatas 1 kilo watt, seperti yang suka racing “iwak-iwak” itu lho mas….

he h eh… gini mas bro, saya tidak akan banyak bicara, namun saya mau share bagaimana nikmatnya run QRP. Karena QRP adalah fun. Sebagai bayangan anda saja, saat ini saya menggunakan power 5 watt dengan antenna gamma-match dengan ketinggian 5 meter dari atas tanah.  Kabel RG-58 sepanjang 15 meter. Jadi sekarang bisa anda bayangkan betapa simple dan minimalis stasiun QRP saya.

Untuk sukses ber-QRP tentunya saya harus mempunyai trik dan strategy. Ya kan? nah untuk itu saya bekerja dengan mode yang efisien yaitu BPSK31 pada 15 meter band. strategy berikutnya tentunya saya harus tahu pula kapan jam terbuka propagasi untuk menjangkau signal yang lebih jauh, karena target saya dengan QRP station ini harus bisa bekerja sampai eropa, minimal sebagian asia dan afrika lah.

semula sayapun berpikir, mau sampai mana nih dengan daya 5 watt begini. apalagi dengan system antenna yang jauh dari efisien. VSWR saya dapatkan 1:1,5 pada 21.070.0Khz. mungkin kalau diukur diujung antena sana paling sekitar 3 watt saja yang terlontar ke angkasa.🙂

kenyataannya, sangat berbeda kawan!! Saya dapat bekerja dan kontak dengan RSQ 599 ke Italy, madagascar, jepang, papua newgeuni, Australia, Rusia dan beberapa negara lagi dari eropa. Sayapun menerima mereka solid copy. Nah lho… dengan 5 watt bisa menjangkau hingga ke tanah eropa sana.

Ternyata, run QRP itu sangat menyenangkan. Anda akan merasa terpacu andrenalin dan begitu dapat kontak dengan sempurna maka saya yakin, anda akan terlonjak dari kursi dan mengacungkan tangan ke atas sambil mengepal seraya berteriak, “YESSSS!!!”.

saya sendiri demikian begitu mendapatkan kontak dengan sempurna, sampai sampai XYL terkaget dan bertanya ada apa? Tentunya dengan semangat 45 saya bercerita kepada XYL tentang QRP dan keberhasilan dalam melakukan kontak QRP di radio. Eh, siapa tahu nanti beliau jadi tertarik pula menjadi seorang DX’er. efek plusnya tentunya jika mengajukan anggaran untuk menambah hamgear akan mudah disetujui. He he h e…

Mau sesuatu yang lebih dan menyenangkan dalam ber DX ria? cobalah QRP… LESS POWER, MORE FUN !!!

2 responses

  1. Thank you for the good writeup. It in fact was a
    amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you!

    However, how could we communicate?

Leave a Reply

