REPEATER SEMAR

ImageLho kok namanya Semar sih mas? iyalah, suka suka yang mbikin… he h ehe. Soalnya saya cuma tinggal pakai saja. Kali ini saya cuma mau sedikit review fasilitas repeater yang bekerja di band UHF buatan Om Lilik yang disediakan secara gratis untuk rekan-rekan dekatnya. Termasuk saya dong…

Repeater ini di buat dari dua buah rig motorola GM-300 dengan sokongan duplexer built up juga. Power menurut Om Lilik di keluarkan sekitar 20 watt saja. Lebih daripada cukup untuk melayani area Tangerang, Jakarta, Bogor dan Depok mengingat posisi antenanya di letakan disebuah apartemen yang berlantai 100 lebih. Apalagi dengan senjata antenna cellwave disuap menggunakan kabel heliax dan tuning yang tepat. Hmm, sebuah repeater yang sempurna walau homebrew.

Image

gambar 1 : Aksi Om Lilik ketika memasang antenna repeater

COR nya pun menggunakan builtup motorola COR. Dilengkapi dengan fasilitas DTMF sehingga Om lilik dapat mematikan maupun menghidupkan dari jauh. Ya, bisa disebut sistem remote-lah. Untuk menjaga dari overheating karena repeater ini di rancang untuk bekerja 24 jam continues maka di lengkapi dengan dua buah fan AC yang masing-masing di set untuk bekerja secara bergantian. Idenya cukup cemerlang, tinggal ditambah dengan timer VAC yang mudah didapatkan di toko-toko elektronik dan harga yang bisa dikatakan murah, sudah bisa melindungi repeater dari panas. Sekaligus tentunya melindungi fan dari kerusakan akibat bekerja 24 jam.

Image

gambar 2 : Awas… tetap safety first.

Penulis sendiri sangat menyukai dari konfigurasi tersebut, termasuk lokasi antennanya. Persis dipasang di ujung atas apartemen yang terdapat helipad. Makanya jika ada maintenance Repeater SEMAR penulis senang sekali, soalnya sekalian refreshing melihat kota Tangerang dari ketinggian. Dari posisi ini saya sempat komunikasi dengan rekan Jakarta Barat menggunakan antenna helical dengan radio UV-5R power 2 watt dengan report 5/9. Bahkan satu rekan dari Tanjung Karang, Lampung bisa saya monitor dengan HT ini. Benar-benar posisi yang sangat bagus. Saya berharap suatu saat dapat melakukan DX’ing dari posisi ini.

Image

gambar 3 : Pasang bracket antenna dari ketinggian ratusan meter

Pengguna Repeater Semar adalah sebagian dari teman teman yang hobby tekhnik komunikasi dan rajin bereksperimen di dunia RF. Ada yang suka di HF, VHF dan UHF. Sangat membantu untuk sekali untuk saling koordinasi antar kawan. Memang, saat ini kami batasi penggunanya untuk menghindari repeater overload mengingat semuanya adalah swadaya tanpa adanya donatur buat maintenance. Pekerjaan berat namun mengasyikan.

Image

gambar 4 : Penulis di lokasi repeater. Perhatikan view backgroundnya, kota Tangerang.

Satu hal lagi yang patut di acungi jempol adalah Repeater SEMAR sering digunakan untuk aktifitas emergency komunikasi jika terjadi bencana. Tangerang sering terjadi banjir di beberapa titik pada musim hujan. Dan jika terjadi, Repeater ini digunakan untuk kegiatan dukungan komunikasi. Tidak hanya pada posisi emergency saja, seperti saat lebaran Idul Fitri Kemarin kami gunakan juga untuk saling berbagi informasi/kejadian secara internal pengguna repeater ini.

Harapan kedepan tentunya ingin kami tingkatkan fasilitas Repeater SEMAR ini. salah satunya dengan melengkapi Cross Band repeater UHF/VHF. Untuk Crossband repeater ini sudah direalisasikan dengan menggunakan Kenwood TM-731A yang sudah bisa melayani area  tempat tinggal penulis. Untuk Crossband repeater ini silahkan klik https://cqradio.wordpress.com/2012/08/23/modifikasi-cross-band-repeater-kenwood-tm-731a/

Ide yang briliyan datang lagi dari salah satu pengguna, yaitu Om Apollo. Beliau sudah merancang sedemikian rupa agar repeater ini bisa di mix dengan sistem komunikasi seluler. Jadi bagi teman-teman yang berada di luar kota dan tidak mungkin bisa mengakses fasilitas ini, masih dapat berkomunikasi dengan teman-teman dengan menghubungi no yang tersedia. Sangat cantik sekali ide ini, semoga bisa terealisasi.

Image

gambar 5 : Melayani area Jabodetabek

Demikian sekilas hasil eksperimen repeater Semar. Tulisan ini dibuat untuk memberikan appluse kepada sahabat-sahabat saya, spesial buat Om Lilik yang mempunyai dedikasi luar biasa sehingga fasilitas ini bisa berdiri. Juga Om Apolo yang selalu mempunyai inovasi-inovasi cerdas di bidang aplikasi homebrew agar fasilitas semakin lengkap. Om Romi, yang begitu luar biasa pula andilnya saat selalu maintenance fasilitas bersama sahabat lainnya. Tak lupa Om Retno dengan UV-5R yang selalu memberikan report hasil uji coba dari berbagai posisi dan lokasi. Dan seluruh pengguna Repeater Semar yang selalu merespon panggilan di jalur tersebut. Saya bangga menjadi salah satu anggota komunitas ini.🙂

2 responses

  1. Salam rakom y Mas,saya tinggal disekitaran Serpong<bisa Pm frekwensi – duplex repeater Semarnya ,untuk pantau n share kondisi lalu lintas, sehari hari .terimakasih y mas.email saya ajie.prabowo@yahoo.co.id

    1. Salam juga mas Aji….
      Untuk sementara repeater semar sedang dipindah lokasinya ke gedung mall taman anggrek jakarta barat…. Frekuensi sedang di cari yang lebih clear karena di mall taman anggrek dan sekitarnya sudah seperti ‘taman repeater’….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: