MODIFIKASI CROSS BAND REPEATER KENWOOD TM-731A

Nah, libur panjang telah tiba dan Idul Fitri telah lewat. Tangan rasanya kok gatal kalau tidak otak atik radio buat isi kekosongan waktu selama liburan ini. Pas lagi asyik ngobrol via repeater UHF bersama om Lilik dengan menggunakan UV-5R, eh timbul ide untuk buat crossband repeater.

Oke, tengak tengok di meja operator terlihat dengan jelas sesosok penampakan yang nampaknya bisa jadi bahan kelinci percobaan. Kenwood TM-731A duduk manis diatas power supply usangku. He he he, ini dia… siap-siap saja kamu aku bedah nanti.

Saya masih ingat, kenwood TM-731 A ini bisa digunakan sebagai repeater Crossband. Sudah tahu kan artinya repeater crossband? intinya, kita bisa menghubungkan 2 stasiun repeater / direct antara UHF dan VHF. Tidak perlu interface lagi, bahkan dengan tanpa biaya.Hanya modal keberanian buat membedah TM-731A.

Langkah pertama tentunya saya harus cari informasi bagaimana caranya untuk merealisasikan ide ini. Tanya sama siapa ya….? Lagi-lagi pasti ke “paman Google”. Karena beliau tidak pernah cerewet, tapi malah langsung memberikan solusi jawaban setiap saya tanya. Hasil jawaban beliau adalah saya harus menuju ke ribuan link yang di sarankan oleh beliau. Akhirnya saya memilih link ini http://www.radioaficion.com/HamNews/mods/mods-kenwood/9905-tm-731-modifications.html

Saatnya membedah TM-731A

Buka cover atas dan cover bawah dengan menggunakan obeng plus untuk membuka screw. Hati hati ya saat melepas cover atas, karena disana terdapat speaker yang menempel dengan kabel yang tertancap di soket mainboard. Jika tidak hati hati bisa “mruthul” kabel dan speakernya.

Setelah semua cover bisa dilepas, sekarang saatnya kita “penggal” kepala TM-731A. Karena di unit inilah kita akan melakukan modifikasi dengan cara “memutilasi” 2 buah komponen agar crossband repeater bisa aktif. Buka screw disisi kanan/kiri Head Unit agar terlepas dari body.

Saatnya panaskan solder dengan ujung yang tajam, karena ada 2 buah resistor yang harus kita buang. Yang pertama adalah R121. Resistor ini untuk aktifkan crossband repeater yang selama ini tidur. Lalu buang juga R122 untuk aktifkan Time Out Timer (TOT) yang akan bekerja selama 3 menit. Perhatikan gambar dibawah ini yang saya comot dari link tersebut diatas.

Setelah kedua resistor tersebut dibuang (angkat saja salah satu kakinya), pasang kembali kepala dan tutup atas/bawah yang tadi kita mutilasi. Proses bongkar pasang harus hati hati untuk menghindari rusaknya radio. Apalagi saat melepas kedua resistor tadi.

Reset mikroprosesor dengan cara tekan dan tahan tombol MR lalu hidupkan pesawat. Ingat, prosedure ini akan menghapus semua memori yang pernah kita simpan. Tekan tombol F dan kemudian tekan tombol [A.B.C.] untuk aktifkan atau menon aktifkan crossband repeater ini.

Dan akhirnya selesai juga, kini saya bisa lebih mudah menggunakan repeater UHF dengan me-link ke VHF tanpa biaya apapun. Gratis…

Hasil test, saya on kan Crossband repeater ini dengan antenna vertikal untuk membuka repeater SEMAR (demikian kami menyebutnya) yang bekerja di UHF. Sementara link saya set di VHF frekuensi 150.*** Mhz. Untuk membuka dan mendengarkan Crossband repeater ini saya gunakan UV-5R dengan antenna super pendek dan low power.

Tentunya hasilnya saya jadi lebih mudah untuk membuka repeater SEMAR walau menggunakan HT super low power di area cakupan crossband repeater ini. Mau mencoba? Monggo…….

Leave a Reply

