MERAKIT TRANSCEIVER SSB BITX 40 METER BAND

ImageEntah setan gundul mana yang tiba – tiba nempel, kok sekarang mendadak hobby menyolder muncul kembali. Jika sebelumnya asyik berkutat dengan kegiatan SWL ing, DX ing dan sekedar ragchewing dengan hamgear produk jepun, sekarang pingin sekali membuat transceiver sendiri. Target sebenarnya tidak muluk-muluk. Cukup dengan power 5 watt saja namun sudah cukup handal untuk DX. Kembali lagi ke QRP dong mas? he he he… ya begitulah, QRP lebih tepat dan pas untuk kondisi saya saat ini. Sebagai seorang nomaden, QRP Gear lebih pas masuk ke ransel yang tak begitu besar. Dengan demikian sepertinya band 20 / 15 meter band dengan digital mode (PSK31, RTTY) lebih pas sebagai sasaran lahan nanti. Tentunya dengan power yang 5 watt sudah lebih dari cukup untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan amatir radio seluruh dunia.

Sasaran berikutnya tentu adalah transceivernya. Awalnya sebenarnya minat untuk membeli FT-817nd, sebuah transveiver dari YAESU yang memang di peruntukan buat para QRPer. Namun entah sekarang lebih pingin homebrew saja alias merakit sendiri. Jelas keuntungannya adalah lebih murah namun tidak murahan. Selain itu skill akan semakin terasah, malu ah mengaku amatir radio masak tidak bisa buat transceiver sendiri… he h he!

Dengan demikian, kesimpulannya saya harus mencari skema yang mudah, simple gampang di modif dan komponen gampang di cari di kota tempat saya tinggal. Setelah browsing sana sini, akhirnya pilihan jatuh ke BITX Transceiver. Saya tidak akan cerita panjang lebar apa itu BITX, silahkan anda langsung saja menuju ke http://www.phonestack.com/farhan/ Di sana anda akan mendapatkan semua informasi tentang BITX yang di rancang oleh seoarang amatir radio dari india VU2ESE, Ashhar Farhan. Rancangan beliau sangatlah unik dan yang pasti semua komponennya mudah didapatkan.

Nah, sekarang tinggal bagaimana membuat PCB nya. Banyak cara dan trik yang bisa kita lakukan untuk membuat PCB BITX ini. Semua lay outnya bisa anda dapatkan di web nya Om Farhan. Tapi memang dasar saya yang malas untuk membuat PCB, dan inginnya cepat dan praktis. Jadi akhirnya saya berburu PCB BITX yang sudah jadi saja. Browsing lagi, eh ternyata ada rekan sendiri yang sudah mencoba BITX ini dan produksi PCB nya pula. Ya sudah, saya hubungi beliau dan pesan PCB BITX lengkap dengan FLL dan linear amplifiernya yang di rancang keluar 15 watt. Silahkan anda kunjungi blog nya Om Yoke, YC3LVX di http://yc3lvx.blogspot.com/ . Di Blog beliau kita bisa mendapatkan semua informasi tentang BITX sekaligus bisa konsultasi dengan beliau jika kita mengalami kesulitan untuk perakitan transceiver ini.

ImageSetelah menunggu beberapa hari, PCB kiriman dari Om Yoke tiba dengan selamat. Tak sabar, segera saya buka dan langsung berburu komponen yang diperlukan. Ada beberapa toko elektronika di kota saya yang bisa menjadi target untuk mendapatkan semua komponen ini. Sayangnya saat lagi asyik mencari kelengkapan komponen, tiba tiba ada pesan singkat masuk ke HP yang bertuliskan bahwa sudah ada booking tiket pesawat untuk esok hari berangkat ke Balikpapan dari kantor. Waduh, nampaknya harus tertunda sebulan kedepan project BITX ini… he he! Ya sudah, mau di bilang apa lagi.

Dengan demikian tulisan ini nantinya akan di update terus mengikuti perkembangan dalam merakit transceiver BITX yang akan saya kerjakan di 40 meter band dahulu. Jika nanti berhasil, akan saya upgrade ke 20 meter band, sesuai tujuan semula. Jadi tetap stay tune disini yaaa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: