Bateery Eneloop

Image

Saya menjatuhkan pilihan untuk menggunakan battery eneloop sebagai pengisi tenaga buat sebagian alat alat komunikasi yang sebagian besar digunakan untuk portable. Sebagai bahan review, digunakan eneloop dengan ukuran AA voltage pada kondisi peak menurut label 1.2 Volt dengan daya 2000mAH. Jenis battery ini termasuk rechargeable yang artinya bisa di charge kembali. Eneloop mengeluarkan berbagai jenis, pilihlah daya yang paling besar namun tentunya sebanding dengan harganya pula, lebih mahal.  Battery yang saya gunakan type yang terbaru ditandai dengan tulisan HR-3UTGA yang sudah bisa di charge sebanyak 1500X. Sebelumnya menggunakan type HR-3UTG yang hanya mempunyai kemampuan 1000X charge.

Untuk testing saya gunakan pada radio TECSUN PL-660. Dengan posisi volume minimal dan kadang menggunakan headset, setelah 60jam Battery menunjukan kondisi habis dan receiver mati. Sangat awet sekali karena sebelumnya saya bandingkan dengan battery 1000mAH bawaan dari Tecsun sendiri hanya bertahan tak lebih dari 15 Jam. Sedangkan dengan menggunakan battery jenis Alkaline 1.5 Volt bertahan sekitar 25 Jam. Bisa anda lihat, Eneloop memunyai kekuatan yang luar biasa.

Saat anda membeli pertama kali tidak perlu di charge dulu karena battery ini termasuk battery yang cerdas. Sudah didisain untuk tidak diisi terlebih dahulu apabila digunakan dalam waktu 3 tahun setelah tanggal pembelian. Hebatnya lagi eneloop dalam kondisi charge full dan disimpan setelah 3 tahun hanya mengalami penurunan daya sekitar 25 %. Artinya masih 75% setelah 3 tahun. Bandingkan dengan battery lainnya, mungkin dalam 3 tahun sudah habis walau tidak digunakan.

Test untuk charge, saya menggunakan pengisi baterai jenis quick yang mengklaim 2 jam pengisian dalam kondisi 4 baterai dipasang. NC-MQR06W yang saya gunakan ini mempunyai input voltage AC110V-240V jadi cukup aman untuk digunakan dalam travelling. output 1.2V dengan berat hanya sekitar 111gram. Ringan sekali. Dengan dilengkapi lampu indikator makan kita akan mengetahui status baterai sebelum maupun sudah melakukan recharge. Dan jika baterai sudah penuh, maka charger ini akan shutdown sendiri secara otomatis sehingga kemungkinan baterai overcharge tidak akan terjadi. Charger yang cerdas, cocok buat saya yang sering ketiduran kalau malam men-charge baterai.

Baterai ini banyak yang jual di berbagai toko gadget maupun toko online. Belilah dari toko atau seller yang terpercaya agar baterai yang anda beli dijamin keasliannya. Saya dengan ini menyatakan recomended dengan baterai eneloop ini. Thok… Thokk Thoookkk…!! ( Ketok Palu )  🙂

note : Penulis bukanlah dealer dan tidak mempunyai keluarga di pabrik eneloop, ini hanya review pribadi saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: