Menyadap Percakapan Digital Amatir Radio di 15 Meter Band

ImageJudulnya seram ya, menyadap! Sebenarnya sih tidak sampai seheboh itu, tapi katanya, bahasa tulisan menentukan tingkat andrenalin dalam menulis dan membaca. Tapi okelah bisa kita ganti dengan kata, mendengarkan. Tapi itu juga tidak pas, karena sebenarnya kita akan menterjemahkan data digital yang dipancaran oleh stasiun DX dengan karakter yang bisa dibaca dan dimengerti. Oke, kalau demikian istilah tepatnya harusnya adalah “mendecode”. Oke, setuju ya…

Mulai saja ya…, dengan Tecsun PL-660 RECEIVER ternyata sya masih bisa menikmati percakapan para amatir radio yang gemar berkomunikasi menggunakan data data digital, salah satunya BPSK31. Mode ini memang menjadi mode favorit para penggemar DX karena memang sangat “sakti” untuk menjangkau jarak yang sangat jauh dikarenakan menggunakan bandwidth yang sangat sempit. Beda sekali dengan mode Phone. Sore itu saya iseng untuk mencoba menala receiver di 21.071.0 USB siapa tahu TECSUN saya lagi bertelinga lebar. Dan memang, entah karena propagasi yang lagi membuka atau memang sebuah keajaiban, terdengar nada nada BPSK31 yang sangat unik, yang hampir tertutup oleh noise. Dari bar meter receiver tidak terlihat sedikitpun, namun saya yakin tetap akan terdecode. Antena saya memanfaatkan antena eksternal bawaan asli dari Tecsun dan dibentuk semacam loop mengikuti sisi sisi jendela yang ada di kamar. Jika diukur titik pertemuan loop yang membentuk semacam kapasitas tingginya sekitar 20 Cm dari ground! Hah, tinggi antenna hanya 20 Cm? Yak!! benar sekali, dan dengan ketinggian antenna hanya sekitar 20 Cm, saya akan mencoba mendecode pancaran signal BPSK31 tersebut. Dan saya yakin ini adalah station DX.

Netbook Mininote HP 10″ segera saya buka dan membuka software MixW versi gratisan saja. Software ini sangat bagus untuk digunakan dalam komunikasi data dan tidak hanya BPSK31 saja, namun hampir sebagian besar Digimode bisa menggunakan software MixW ini.

Saya tidak perlu menggunakan kabel koneksi apapun untuk menghubungkan Tecsun PL-660 dengan Netbook mininote HP 10″ . Karena sifatnya hanya RX maka ini sangatlah mudah. Yang pasti atur software pada mode BPSK31. Jangan lupa atur di USB. set microphone dalam keadaan aktif agar ia mampu menerima semua aktifitas suara di sekitarnya. Jika pengaturan ini sudah berhasil, kita dapat melihat gerakan pada waterfall software yang bergerak mengikuti suara suara disekitar netbook tersebut.

Nah, tiba tiba terdengar suara BPSK31 kembali melalui speaker Tecsun. saya perhatikan di waterfall terlalu distorsi, sehingga tidak terdecode signal tersebut. Oke, tak kurang akal karena dipermainkan derau, volume receiver saya kecilkan dan akhirnya terlihatlah sebentuk garis biru signal BPSK31 di MixW. Yes, saya atur posisi RX pada signal tersebut dan terdecodelah signal Digital tersebut. Ternyata station DX dari eropa dan jepang sedang berkomunikasi. Saling tukar menukar data station dan operator. Walau kadang terhalang oleh derau, namun luar biasanya software ini masih bisa mendecode dengan baik dan mau kerja sama pula dengan receiver yang hebat ini, Tecsun PL-660 ini. Saya nikmati percakapan mereka hingga akhir QSO. Nampaknya station DX dari jepang ini yang melakukan panggilan CQ DX karena setelah komunikasi tersebut ia melakukan panggilan DX keseluruh dunia. Namun sayangnya tidak lama derau kembali naik dan menutup signal marginal station dari jepang. Andrenalin cukup naik juga, sampai lupa kalau saya hanyalah sebagai pendengar karena di akhir QSO mereka saya sempat melakukan prosedur panggilan dengan menekan tombol sending di MixW. Jadi ya hanya suara “tuiirrrr…tuirrrrrr” gitu aja keluar dari speaker netbook dan tak akan terkirim ke angkasa. Lha ya jelas lha wong cuma pakai Receiver🙂

2 responses

  1. mantap mas, lanjutkan terus tulisannya, klo bisa yg jelas gitulah detail biar mudah di pahami cara koneksi kan PL nya ke lettot.

    1. thanks… berikutnya nanti di bikin yg detail deh

Leave a Reply

