SeTracker, solusi APRS murah meriah

Mungkin anda sudah membaca artikel saya https://cqradio.wordpress.com/2010/04/01/aprs-dengan-jvts/. Artikel tersebut merupakan eksperimen bekerja dengan APRS menggunakan peralatan yang simple. Namun, seiring dengan waktu ada yang lebih simple dan murah untuk bekerja di APRS. Hanya kali ini tidak menggunakan GPS lagi. Cukup dengan handphone berbasis java program, anda sudah bisa meninggalkan jejak via APRS. Benar-benar sangat low cost karena tanpa menggunakan GPS Bluetooth lagi.

Kembali, program ini di tulis oleh om Arman, YB0KLI. Anda dapat mengunjungi web beliau di www.expo.indo.net.id/setracker/. Secara garis besarnya, software ini bekerja berdasarkan dari lokasi BTS terakhir yang dapat di terima oleh handphone. Disetiap BTS, saat ini sudah dilengkapi dengan GPS System sehingga koordinat BTS Celullar tersebut dapat terlacak. posisi tersebut akan diterima oleh handphone melalui program kecil berbasis java yang telah kita install yaitu SeTracker. Data tersebut akan di upload ke server melalui jaringan internet GPRS yang sudah kita setting di handphone kita. Secara otomatis maka ID kita akan nampak di tracker rekan – rekan amatir radio lainnya.

Dengan demikian berarti posisi yang terlacak tidak tepat dong, kan posisi BTS yang terkirim? Betul, namun saya rasa cukuplah untuk kita sekedar meneruskan hobby APRS tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bukankah amatir radio harus bisa menggunakan semua peralatan yang sudah tidak terpakai atau dengan biaya semurah-murahnya?. Yang jelas posisi ini mempunyai radius sekitar 500 hingga 1000 meter dari lokasi BTS.

Okey, lalu apa yang harus disiapkan untuk mencoba SeTracker ini?.

  1. Handphone berbasis Java. beberapa type yang terbukti berhasil untuk digunakan adalah SonyEricsson C901, Vivaz U5, SE C510, P1i, G502 dan K550i.
  2. SIM Card selular, ini harus anda set dulu agar dapat digunakan untuk GPRS.
  3. Software SeTracker, yang dapat anda download di http://expo.indo.net.id/setracker/setracker.jar. setelah terdownload segera install di HP anda.

Setelah berhasil anda install lalu jalankan software tersebut. Kemudian kunjungi http://aprs.fi/yb0kli-9 untuk melihat posisi anda. posisi yang akan terlacak adalah YB0KLI-9 dengan posisi yang mungkin akan agak jauh dari lokasi anda beberapa kilometer. Lalu setelah berhasil langkah apa yang harus dilakukan agar callsign saya yang terlacak? Oke, kembali kita ikuti langkah dibawah ini :

  1. Catat IMEI handphone anda. Untuk mendapatkan Nomor IMEI sangatlah mudah. Jika anda menggunakan Sonny Ericsson, tekan * # 06 # . setelah muncul nomor IMEI anda  yang berjumlah 17 digit segera catat dengan baik. Misal IMEI anda 35681303-640727-4 SVN 62
  2. Anda sudah mempunyai Key VTS? yaitu nomor unik yang diberikan oleh Om Arman agar callsign anda dapat tampil sesuai dengan lokasi anda. Jika belum nanti sekalian confirm ke Om Arman via E-mail agar mendapatkan key VTS ini.
  3. kirim E-mail ke arman.yusuf (at) gmail.com dengan format isian : No IMEI HP anda, Jenis HP dan SIM Card yang digunakan, hasil testing anda diatas, dan jangan lupa mintalah Key VTS tersebut.
  4. Tunggu balasan E-mail, dan jika sudah mendapatkan balasan maka silahkan jalankan kembali SeTracker dan cek di aprs.fi atau software AGWTracker maupun UiView32.
  5. Selamat, kini anda sudah bisa bermain APRS dan selama anda jalankan software ini serta kemanapun anda bergerak, maka posisi anda akan selalu terlacak.🙂

Jangan takut bekerja dengan APRS, karena kini sudah ada solusi murah dan meriah. Thanks Om Arman, YB0KLI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: