EQSO

Tinggal di kota Balikpapan rasanya menyenangkan. Ada satu yang membuat kurang, bahwa saya tidak bisa meneruskan hobby amatir karena memang tidak membawa HF/VHF Radio. Dunia serasa di block dan tinggal di sebuah pulau terasing. Tetap hidup harus berjalan, tanpa Radiopun saya akhirnya tetap bisa kontak dengan rekan-rekan amatir radio di seluruh penjuru dunia. Ya, DX terus berjalan. Bagaimana bisa?

Tentu anda pernah mendengar istilah EQSO, dimana dengan berbasis teknologi internet kita dapat membangun jaringan komunikasi antar sesama radio amatir. Banyak software yang beredar di internet, anda dapat memilihnya baik yang free maupun harus register terlebih dahulu dengan cara mengiimkan scan IAR ke admin. Banyak istilah dan software yang digunakan, namun pada intinya adalah sama saja. Eqso, yang di awali oleh M0ZPD bisa anda dapatkan softwarenya di www.eqso.org

Di Indonesia sendiri telah dikembangkan pula oleh rekan-rekan ORARI yang di awali oleh YB0KLI dan rekan, terkenal dengan IQSO. Silahkan kunjungi link IQSO di www.iqso.orari.net .

Ada lagi Echolink, silahkan kunjungi di www.echolink.org . System amatir radio berbasis Voice Over IP (VOIP) juga sangat banyak penggemarnya.

Masih kurang puas juga? Nah, ini ada lagi software yang sangat bagus dengan tampilan layaknya sebuah radio HF. Lengkap dengan QSB, Fading, Band dan Mode yang ada di radio konvensional. Coba silahkan kunjungi dan dapatkan software CQ100 di www.qsonet.com . Ada juga software yang di beri nama Hamsphere, silahkan dapatkan di www.hamsphere.com

silahkan di coba masing-masing softwarenya, banyak tutorial di internet yang membahas kelima software di atas. Sampai jumpa di VOIP HAM de YC1UUU, Yon.

Advertisements

About YB1UUU

DX'ing and Contesting
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 Responses to EQSO

  1. yc1yyk says:

    wuih, artikelnya hebat hebat…
    sepantasnya jadi penegak nih mas..
    sukses ya mas Yon… semoga bisa jadi penegak yang bisa jadi panutan.. ūüôā

    • cqradio says:

      thanks mas yayok, artikelnya cuman hasil dari pengalaman ngebrik doang.. buat dokumentasi pribadi aja. siapa tahu berguna juga buat temen yang lain. ūüôā . kalau untuk jadi penegak masih jauh mas.. kudu sinau maneh ha ha..
      salam buat keluarga de YC1UUU, Yon.

  2. a.rachim guna says:

    yc1uuu. . .. . . kayaknya untuk registrasi IAR ( Callsign ) sdh di tutup berati tidak bisa masuk ke room registrasi seperti room ORDIGI.NET. . .room NASIONAL net . . .DAN ROOM INDONESIA NET . . . adakah cara lain untuk registrasi selain di http://www.eqso.org ( eqso.registration ) tolong kalo ada petunjuk mas de yc8ek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s