Logbook of The World

Berikut adalah artikel yang membahas tentang LOTW, Logbook of the World yang di tulis oleh Imam, YB4IR & Pri, YBØECT/KB3LWW. judul asli “LOGBOOK oF THE WORLD ( LoTW ) Bag. 01″ . Artikel ini saya post di blog saya kembali dan sudah mendapatkan ijin dari penulisnya langsung. Semoga bermanfaat

Selengkapnya silahkan kunjungi http://www.orari.or.id

Bagi mereka yang sudah biasa ber-DX tentu istilah Logbook of the World ( LoTW ) sudah tidak asing lagi. Tapi mungkin masih banyak rekan amatir radio yang belum terlalu paham mengenai LoTW ini. Inilah tujuan artikel kami yang akan terdiri dari 3 jilid. Yang pertama kami akan menerangkan apakah LoTW itu ? Bagimana menjalankan LoTW dan apa saja yang dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam program LoTW ini dsbnya. Kedua, kami akan jelaskan bagaimana cara install program LoTW dan menjalankan Program LoTW. Ketiga, kami akan menjelaskan bagaimana cara maintenance data LoTW dsbnya. Apabila masih ada minat bacalah jilid ke dua dstnya yang akan secara tahap demi tahap membimbing anda untuk dapat berpartisipasi secara lengkap dan benar.

Setiap Amatir Radio tentu memiliki suatu kebanggaan tersendiri jika dapat meraih suatu prestasi dengan memperoleh Award. Banyak jenis dan tipe awards yang diterbitkan oleh setiap negara yang tergabung dalam organisasi amatir radio di dunia (IARU) dan salah satu award yang paling tua dan masih menjadi “Primadona” dan selalu diincar oleh setiap amatir radio dunia adalah DXCC Award ( DX Century Club ) dan WAS Award ( Worked All States ) yang telah diterbitkan oleh ARRL ( Organisasi Amatir Radio Amerika ).

Untuk dapat mengklaim award yang dimaksud tersebut maka, setiap amatir radio tentunya harus mengikuti aturan dan persyaratan yang dikeluarkan oleh penerbit award. Sampai saat ini ARRL masih berpegang teguh dengan cara-cara “Tradisional” untuk dapat mengklaim award Misal : DXCC maupun WAS. Yaitu dengan melampirkan secara fisik sejumlah QSL Card, GCR List ( Aplikasi form ) dan Award Fee.

Dengan perkembangan tekhnologi IT dan tanpa harus mengurangi arti “Tradisional” yang menjiwai arti “2way communications” dari QSL Card maka, ARRL menyediakan suatu fasilitas bagi setiap amatir radio untuk dapat mengklaim award seperti DXCC maupun WAS melalui Logbook of The World atau disebut juga dengan LoTW.

LoTW adalah semacam gudang logbook elektronik yang dikelola oleh ARRL. Secara garis besar maksudnya suatu sistim dimana pengguna/user LoTW telah saling komunikasi dan telah memiliki LoTW software yang telah di install. Selanjutnya meng upload data komunikasi tersebut berupa ADIF Format atau Cabrillo Format pada server Internet yang telah disediakan oleh ARRL. Setelah di Upload maka, kita dapat segera mengetahui apakah kita sudah dapat konfirmasi atau belum dengan stasiun Amatir Radio yang juga telah mempunyai LoTW. Kita juga dapat mengetahui ada berapa banyak DXCC entities kita yang sudah dikonfirmasi, dan kita tentu dapat klaim QSL Kredit untuk award DXCC dan WAS tanpa melalui prosedur pengiriman QSL card dengan cara tradisional kepada ARRL dsbnya.

Manfaat LoTW
Banyak manfaat yang dapat kita rasakan jika kita sebagai pengguna/user dari LoTW, antara lain adalah sebagai berikut:

• Dengan LoTW dapat lebih praktis karena setiap saat kita dapat kirim data QSO ke server ARRL/LoTW untuk mendapatkan konfirmasi (QSL) dari lawan QSO kita jika stasiun lawan itu juga sebagai pengguna LoTW maka, biasanya hanya dalam waktu 24 jam maka lawan QSO kita juga sudah pula mengirimkan datanya ke LoTW, disinilah konfirmasi terjadi. Apabila kebetulan lawan QSO kita tsb sudah lebih dulu mengirimkan datanya maka hanya dalam hitungan detik kita sudah dapat melihat “2way QSO” kita terkonfirmasi dan data ini dapat digunakan untuk menambah kekurangan negara DXCC untuk klaim DXCC Award. Sama halnya jika kita ingin klaim WAS Award.
• Dengan LoTW dapat lebih hemat biaya dan hemat waktu, bayangkan jika kita harus mengirim QSL Card kita secara direct melalui pos udara maka, berapa biaya cetak QSL Card, amplop, biaya perangko kirim dengan pos udara, tambahan IRC ( International Reply Coupon ) atau green stamp ( US$ ) sebagai balasan yang harus kita keluarkan. Bayangkan pula jika kita mengirimkannya melalui QSL Biro, berapa tahun baru dapat kita peroleh balasan QSL Cardnya untuk dapat kita pergunakan sebagai persyaratan klaim DXCC Award.
• Dengan LoTW kita dapat mengetahui setiap saat data QSO kita yang telah terkonfirmasi dengan stasiun DX dan juga jumlah negara DXCC yang sudah berhasil kita capai secara terinci pada setiap Mode dan Bandnya.
• Ternyata bahwa, stasiun DX lebih menyukai berQSO dengan sesama user LoTW karena dengan sesama user LoTW dapat lebih praktis untuk menambah poin koleksi negara DXCC nya ARRL.
• Hampir setiap software logger yang memiliki fasilitas telnetnya juga telah dilengkapi pula dengan identifikasi user LoTW sehingga mereka akan mengetahui frekwensi bekerjanya pengguna/user LoTW yang sedang ber DX dan andaikan kita sedang “CQDX” pada suatu band maka, panggilan kita akan segera diserbu ( pile ups ) oleh user LoTW dari seluruh dunia.

Tujuan
Digunakan untuk mengaplikasi misalnya pada DXCC Award maupun WAS Award ( Produk ARRL ) dengan cara yang lebih praktis, lebih hemat biaya dan hemat waktu, apabila dibandingkan dengan cara klaim “Tradisional” yaitu apabila dengan cara mengirimkan sebundel bukti QSL Card kepada Kantor Pusat ARRL di Newington, CT USA.

Disamping itu tujuan adanya LoTW adalah memberi wadah alternatif untuk stasiun amatir radio dari manca negara yang berpartisipasi dalam DXCC tanpa menggunakan kartu QSL.

Logbook of the world ( LoTW ) adalah suatu fasilitas yang disediakan oleh ARRL secara online sistem dengan memanfaatkan jaringan internet yang dapat digunakan oleh seluruh amatir radio di seluruh penjuru dunia untuk saling mengkonfirmasi “2way QSO” nya dengan batasan-batasan sebagaimana regulasi Mode dan Band Plan dari IARU dan bahkan untuk band WARC pun juga dapat diakomodir pada LoTW.
Apabila anda sedang portable, bergerak darat, maritim, atau DXpedisi, maka ARRL memberi kemudahan melalui LoTW, dalam arti ARRL menerima data log anda.
Untuk meminimalisasi penggunaan data komunikasi anda dipakai oleh orang lain maka, anda harus terdaftar melalui ARRL LoTW Administrator. Tetapi anda tidak wajib menjadi anggota ARRL untuk berpartisipasi dalam LoTW.
Bagi mereka yang ingin ber LoTW maka, mereka harus mengirimkan Foto copy Izin memancar/License ( IAR & KTA ORARI ), dan bukti Identifikasi diri ( KTP, SIM atau pada halaman muka Paspor ) melalui POS UDARA. Setelah mengirimkan data tersebut, maka ARRL LoTW Administrator akan mengirim email kunci yang dapat menjalankan TQSL Program yang telah anda install ( akan dijelaskan lebih lanjut pada artikel Jilid 2, Ed. ).

Sebagai Ilustrasi : Pri, YBØECT dan Steve, W2FB pernah melakukan komunikasi jarak jauh/DX QSO pada band 20m CW dan, kami berdua sudah upload logbook ke LoTW, kami akan terbitkan QSL untuk QSO tersebut. Namun QSL ini adalah electronik alias “Virtual QSL” karena tidak dapat dipegang, dilihat, dan dikagumi. Tidak dapat di pajang pada dinding kamar/ruang radio. Tetapi dapat digunakan untuk klaim kredit award DXCC atau WAS. Kita tidak perlu bersusah payah mencari QSL route & mengirim kartu tersebut melalui QSL Manager, QSL by Direct, atau QSL via Nasional QSL Buro yang tentunya akan memakan biaya dan menyita banyak waktu.

Selanjutnya kami dapat klaim untuk DXCC kredit pada 20m Band CW. Proses ini hanya makan waktu beberapa menit dan biayanya hanya antara 15 sen sampai dengan 25 sen per kredit yang kita klaim untuk DXCC ( Harga per kredit berbeda, tergantung kita berapa kredit yang kita beli, semakin banyak maka, semakin murah ).
Berbeda dengan cara Tradisional, untuk cara tradisional tersebut akan memakan biaya minimum US$ 3.50 ( perinciannya : US$ 2.00 untuk SASE + US$ 1.50 untuk biaya pos udara ) dan makan waktu kurang lebih sekitar 2-3 minggu bahkan lebih. Keuntungannya dengan cara tradisional, anda akan mendapatkan kartu QSL yang dapat dipegang, dilihat, dan dikagumi, serta dapat di masukkan dalam album koleksi kartu QSL atau boleh jadi dipajang pada dinding kamar radio (hamshack).
Untuk mereka yang senang koleksi kartu QSL, program LoTW ini merupakan tambahan amunisi dalam berburu kartu QSL dan DXCC kredit. Dapatlah dibayangkan sendiri berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk klaim award, apabila ingin berburu kartu QSL untuk setiap DX QSO anda ?.
Berbeda dengan LoTW, dalam waktu hanya beberapa menit, dan dengan mengisi applikasi untuk DXCC kredit online, membayar award FEE, dalam waktu 2-3 minggu DXCC award sudah di tangan. ( info: DXCC award + Lapel PIN akan dikirim oleh ARRL melalui Pos, Ed. ). Perlu diingat bahwa, untuk upload data logbook haruslah secara teratur sepanjang telah melakukan DX QSO, agar supaya DXCC credit mudah tercapai sesuai keinginan anda.
Untuk berpartisipasi dalam LOTW kita hanya membutuhkan komputer/PC dengan fasilitas internet, logbook elektronik, dan kemampuan komputer dasar. Namun apabila anda belum mempunyai fasilitas Internet maka, anda dapat menggunakan fasilitas Internet pada warnet di sekitar kota anda. Kelemahannya dengan menggunakan fasilitas warnet adalah, anda paling tidak harus bolak balik pergi ke warnet sehingga akan dapat menyita waktu anda. Dan Software LoTW ( TQSL ) harus di simpan pada Flashdisk, karena pada saat menjalankan LoTW, program tersebut hanya jalan apabila pada komputer yang dulu di pergunakan waktu download pertama kali. Namun, saran kami, pergunakanlah komputer pribadi dan bukan melalui warnet.

Apabila anda seorang DXer yang sudah menggunakan log book Elektronik dan tertarik untuk meraih DXCC atau WAS award atau anda sudah memiliki DXCC tapi ingin menambah skor anda di berbagai band, dan mode maka, kami menghimbau anda untuk berpartisipasi dalam LoTW.

Bagaimana Cara Untuk Menggunakan LoTW ?
Langkah-langkah awal yang perlu kita ketahui untuk dapat menggunakan fasilitas LoTW ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Download software LoTW pada website ARRL ( http://www.arrl.org/lotw/#download )

2. Pilih software dengan versi terbarunya ( Download tqsl-111.exe )

3. Install software tersebut pada PC atau Notebook yang akan selalu kita pergunakan dan ikuti setiap perintahnya dengan benar ( Secara rinci cara-cara install software LoTW ini akan diulas Edisi berikutnya, ed. )

4. Kirim foto copy Izin Amatir Radio (IAR), Kartu Tanda Anggota (KTA) ORARI, Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) atau Surat Izin Mengemudi ( SIM ) atau Passport halaman muka melalui pos udara kepada Kantor Pusat ARRL :
To :
Logbook Administration ( LoTW )
ARRL
225 Main Street
Newington, CT 06111
USA

5. Setelah data IAR, KTA dan KTP/SIM kita diterima dan dinyatakan sah oleh Kantor Pusat ARRL maka, kita akan mendapatkan kunci sertifikat/password ( untuk menjalankan software LoTW ) yang akan dikirim ke email kita. Kunci/password ini hanya digunakan “Satu Kali” saja disaat pertama kali kita menjalankan program tersebut, tetapi bukan saat kita memasukkan data QSO kita yaitu berupa tanggal QSO, Jam/UTC, Band, mode dstnya, selanjutnya data tersebut tidak pernah dipergunakan lagi karena sudah terdaftar secara otomatis data kita pada server ARRL. Kecuali jika kita menggunakan call sign lain lebih dari satu call sign ( misal : untuk Dxpedition, Special Call atau yang lainnya, maka kita perlu kunci tambahan dari ARRL). Satu kunci hanya berlaku untuk satu callsign saja sebagaimana yang kita daftarkan sesuai dengan IAR & KTA yang telah kita kirim.

6. Setiap pengguna LoTW sebaiknya mempunyai kartu kredit, namun apabila kita tidak mempunyai kartu kredit maka, kita dapat mengirim Award FEE melalui “Pos Udara” ( checque dari bank–bank di Amerika, International Money Order atau kirim tunai ), namun apabila award FEE tersebut dikirim melalui pos udara maka, resiko kehilangan atau mungkin tidak sampai ada pada pihak pengirim.

Sebagai gambaran dalam perhitungan award FEE : untuk setiap aplikasi satu awards jika kita “Member ARRL” dibutuhkan biaya

awardnya US$ 12 + biaya satu QSLnya yang termurah US$ 0.15 & termahal US$ 0.25 sebagai biaya Basic. Karena apabila ingin mendapatkan rate yang US$ 0.15 maka, harus beli paling tidak 500 kredit. Apabila ingin membeli antara 50-99 kredit maka, biayanya 22.5 sen dan di atas 100 kredit biayanya 20 sen. (biaya per QSL dapat kita pilih sendiri sesuai dengan jumlah QSL yang akan kita pilih sebagai cadangan dana kita di ARRL yang nantinya dapat kita pergunakan untuk klaim DXCC Award maupun WAS Award.

Namun, apabila kita “Bukan member ARRL” maka, biaya awardnya US$ 22 + biaya satu QSL yang termurah adalah US$ 0.15. Biaya ini sudah termasuk ongkos kirim award ke alamat rumah kita dan Lapel Pin. Jadi, untuk klaim satu DXCC Award dibutuhkan minimal 100 negara DXCC, berarti total biayanya adalah US$ 22 + ( US$ 0.15 x 100 )

7. Setiap user LoTW harus mempunyai software logger pribadinya. Banyak logger yang dapat di download secara gratis, misal : Logger32 ; MixW ; WJ2O ; HamLogger dsbnya. Setiap QSO harus diperhatikan data secara benar seperti tanggal, jam/UTC, frekwensi, mode dan callsign lawan QSO kita. Karena apabila data yang kita kirim ternyata salah karena faktor “Human Error” maka, sampai kiamatpun data kita tidak akan terkonfirmasi.

Pada sistem ARRL LoTW akan “Terkonfirmasi” secara otomatis, apabila semua data yang kita kirim adalah cocok dengan data yang dikirim oleh stasiun lawan QSO kita. Untuk diketahui pula bahwa, terkadang satuan menit dan detik seringkali berbeda dengan lawan QSO kita, namun pada sistem ARRL hal ini sudah diperhitungkan. Mereka memiliki batasan maksimal yang dapat ditolerir ( beda waktu QSO maksimum antara log kita dan log lawan QSO adalah 30 menit ). Sehingga kita tidak perlu khawatir jika terdapat perbedaaan dalam satuan menit. Asalkan jangan sampai beda sampai beberapa jam apalagi sampai beda hari/tanggal. Ini tidak dapat dikonfirmasi sebagai “2way Comminications” ( tidak matched ).

8. Setiap data yang dapat kita kirim via email ke LoTW maupun langsung di upload di web LoTW harus sudah dikonversi dalam format TQ8.

9. Data dalam format TQ8 dapat berasal dari data dalam bentuk format ADIF maupun CABRILLO ( Tata cara mengkonversi data ini akan diulas pada “Teknik menggunakan software LoTW” pada Edisi berikut )
Berapa Biaya Klaim DXCC Award Melalui LoTW ?
Sebelum dikupas secara rinci berapa biaya DXCC award yang harus dikeluarkan, perlu disampaikan pula bahwa disini kami membandingkan biaya DXCC award melalui cara Tradisional dan dengan cara LoTW, agar para pembaca khususnya amatir radio mengetahui seberapa efektif dan efisiennya biaya yang harus dikeluarkan.

Perbandingan Biaya Award Antara Tradisional & LoTW
Dxcc Award :

URAIAN TRADISIONAL LoTW KETERANGAN
Cetak QSL Card Rp. 500 per lembar 0 Cetak QSL dengan cara sederhana
Biaya kirim perangko QSL Card Direct ke stasiun DX Rp. 7.500 ke EU/AF
Rp. 8.500 ke NA/SA
Rp. 4.500 ke JA/VK 0 Biaya perangko berdasarkan tarif Kantor Pos Indonesia
Biaya kirim perangko QSL Card Via Biro Orpus Rp. 1.500 ke Jakarta + Rp. 1.500 per lembar QSL Card ke EU/AF/NA/SA dan
Rp. 1.000 ke JA/VK 0 Biaya via Nasional QSL Biro berdasarkan tarif dari ORPUS ( tarif yang baru )
Biaya kirim balik QSL Card via direct ( SASE ) IRC Rp.10.000 atau
Green Stamp US$1 0 IRC & US$ 1 Sebagai pengganti biaya perangko
Periode waktu untuk memperoleh QSL Confirmation Via QSL Biro : > 1 tahun
Via Direct : 1 s.d. 2 bulan Tercepat 10 detik Pada LoTW tergantung kecepatan masing-masing user untuk mengirimkan datanya ke server LoTW
Pemilahan QSL Card per DXCC Award Dipilah dan disortir satu persatu setiap QSL Card berdasarkan kelompok DXCCnya Otomatis Setiap negara DXCC hanya di butuhkan 1 buah QSL Card
Biaya Klaim DXCC Award • Biaya perangko pos ke USA Rp. 70.000 (100 QSL Card dalam bentuk paket)
• Biaya sortir per QSL Card US$ 0.15 hanya untuk diatas 120 kartu QSL
• Biaya Award + Lapel pin US$22 + sdh termasuk Check biaya QSL sampai dengan 120 kartu QSL (non member ARRL) atau US$12 (member ARRL) • Biaya per QSL Card US$ 0.25 (termahal) atau US$ 0.15 (termurah) tergantung berapa banyak kredit QSL Card yang kita beli di LoTW
• Biaya Award + pin US$22 (non member ARRL) atau US$12 (member ARRL) Untuk klaim ke dua, ketiga dan selanjutnya pada periode tahun yang sama maka baik manual maupun LoTW akan dikenakan biaya Awardnya US$22 (member ARRL) atau US$32 (non member ARRL)
Periode klaim DXCC Award sampai DXCC di tangan Minimum 2 s.d. 3 Bulan sejak Aplikasi dan QSL card di kirim 2 s.d. 3 minggu DXCC award + lapel PIN akan dikirim ke alamat rumah melalui Pos Udara

Catatan : sumber tulisan dari http://www.orari.or.id/read.php?id=203. Terima kasih kepada Om Imam, YB4IR & Pri, YBØECT/KB3LWW

2 responses

  1. info yg bagus…..segera di upload info lainnya….thanks om rustan yc8isi lokal kendari

  2. Ok, om thanks juga. semoga bermanfaat. salam amatir radio.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: