1 Watt QRP CW, Siapa Takut

Banyak orang bekerja di HF mengkhawatirkan akan kondisi stasiunnya sehingga membuat mereka malas untuk beroperasi di band rendah tersebut. Yang alasannya powernya kecil tidak sampai 100 watt, ada juga yang beralasan faktor antenannya tidak menundukung dan alasan klasik lainnya. Mereka berpikiran bahwa untuk bekerja di HF bahkan komunikasi DX harus menggunakan peralatan yang super canggih, big gun antenna dan power yang sangat besar.

Pagi ini saya katakan, alasan tersebut tidaklah berdasar. Banyak bukti dengan power yang rendah di bawah 5 watt bisa bekerja DX. Dan itu sering saya lakukan. Istilahnya adalah bekerja denga QRP. Sering saya bekerja DX dengan power di bawah 5 watt dengan mode CW dan digital bisa menjalin kontak dengan rekan rekan amatir di eropa, Afrika, dan Amerika. Mungkin akan saya ceritakan di postingan lainnya. Kali ini saya akan share CW QRP pagi ini.

Nah, pagi ini ternyata komunikasi QRP bisa saya lakukan di 40 meter band. Saat itu saya mendengar panggilan CQ YD0DLZ, signalnya cukup kuat di 07.025.00 ini, walau ada station pirate yang cukup mengganggu di mode USB. Power di TS-440S saya turunkan hingga 1 watt, dan panggilan segera dilakukan. Ternyata YD0DLZ om Tono yang berlokasi di Pondok Bambu, Jakarta Timur berhasil mendengarkan pancaran signal QRP saya dengan sempurna, terbukti beliau mengirimkan signal report 599, sebuah report yang sempurna di QSO CW ini. Sayapun memberikan report 599 dan saling bertukar QSL Info. Kejutan lainnya, komunikasi dengan YD0DLZ adalah the first QSO. Thanks Om Tono.

Jadi, pada intinya bekerja dengan power yang rendah adalah sesuatu yang sangat mungkin. Terbukti power 1 watt bisa berkomunikasi dengan jarak 30 Km report 599 pula. Untuk itu bekerja QRP kita perlu trik. Perhatikan kondisi propagasi Band yang ingin anda gunakan. Lalu sebaiknya gunakan mode yang mempunyai bandwidth sempit, misal CW atau BPSK31. Kedua mode tersebut sangat ampuh untuk bekerja DX QRP. Bekerja dengan QRP adalah bekerja dengan skill. Selamat ber-QRP, sampai jumpa di udara. De YC1UUU/QRP TU E E.

Leave a Reply

