IC-AT100, Automatic Tuner

Ini akibat hasil komunikasi di radio VHF dengan sahabat lamaku, Daniel Ivan. Thanks bro, karena kebaikanmulah akhirnya bisa ku boyong automatic tuner AT-100 ini. Ada apa sih dengan benda ini dan mengapa saya begitu tergila gila hingga mau mengeluarkan sedikit $ (baca dollars) demi mendapatkan si cantik ini?
Berikut review secara bebasnya. Terus terang saya sangat membutuhkan automatic tuner ini walau di hamshack sudah ada DAIWA CNW 419. Hanya masalahnya masih manual sehingga ketika pindah frekuensi maupun band saya harus berkali kali tuning dengan membutuhkan waktu. Walaupun beberapa waktu bagiku masih terhitung lama, apalagi ketika menghadapi contest contest nasional maupun internasional. Kecepatan dan ketepatan tuning sangat dibutuhkan. Jangan sampai kelamaan tuning,  sehingga stasiun yang kita buru justru malah sudah QSY.
Tuner ini mempunyai kesitimewaan yaitu mempunyai kecepatan tune yang lumayan singkat. Icom meng klaim sekitar 3 detik hingga 7 detik. Luar biasa, dan memang ketika saya buktikan dengan antenna dipole di 40 meter band yang benar benar tidak matching  (swr 1:5) waktu yang dibutuhkan hanya 4 detik. Dengan dilengkapi fasilitas preset maka kita dengan mudah pula untuk menggunakan tuner ini dengan kondis yang tidak memungkinkan.
Di panel belakang, di lengkapi dengan 4 conector antenna yang akan  kita gunakan. Secara singkat dengan hasil testing yang saya lakukan, tuner ini mempunyai kelebihan kecepatan dalam mencari resonansi antena sehingga di dapatkan perbandingan ratio vswr 1:1,2. Cocok buat contester pemula seperti saya dan malas untuk tuning antenna karena dengan berbagai alasan yang masih bisa di terima.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: