Yaesu FT-1500M

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan informasi dari YD1WAT, Prio Raharjo bahwa ada transceiver FT-1500M dengan kondisi second yang mau di jual. kebetulan saya lagi mencari sebuah rig yang bisa digunakan untuk backup di hamshack. Rencana kedepan radio ini akan saya gunakan untuk RF Gateway atau semacam gateway untuk data digital lainnya. Setelah harganya cocok segera saya boyong dan memeriksa kelayakan daya pancar maupun receivingnya.
kalau kita lihat sepintas, radio ini mempunyai kesan military style. Mengingatkan pada sebuah vendor lainnya yaitu Motorola yang konsisten di jalur military dan field construction. Dengan bentuk yang imut dan elegan akan membuat siapapun jatuh hati dengan rig ini. Yaesu nampaknya ingin membuat sentuhan yang berbeda pada versi yang sudah discontiuned ini. panel depan dibuat sedemikian simple, hanya terdapat dua buah knop yaitu rotary dial dan volume yang terletak di masing masing sisi. Dibalut dengan bahan yang baik, rotary dial ini sangat lembut digunakan dan tidak begitu terasa perpindahan antara gigi-giginya sehingga sangat nyaman untuk pindah frekuensi. Layar monitor dilengkapi pula dengan fasilitas dimmer agar kita dapat mengatur tingkat kenyamanan layar.
Sekarang kita beralih ke sisi atas, disini terdapat beberapa tombol yang dipersiapkan untuk memudahkan kita mengoperasikannya. Dengan konstruksi yang sangat berbeda ternyata membuat kita merasa lain jika sedang berkomunikasi dengan radio ini. Hanya sayangnya suara yang di hasilkan oleh speaker internalnya kurang begitu bagus sehingga kita kadang memerlukan eksternal speaker.
Berikut kelebihan FT-1500M :
  1. kompak dan simple, sangat cocok untuk anda yang hoby backpacking. Apalagi kalau dilengkapi denga switching power supply.
  2. expand power TX hingga 70 watt. Dengan menekan beberapa aplikasi tombol yang dapat menambah daya pancar yang aslinya pada kondisi high power hanya 50 watt, bisa menjadi 70 watt. Tanpa adjust secara fisik. Luar biasa.
  3. casing tebal. Dengan casing yang di luar rata rata ketebalannya sangat baik untuk mendispasi panas yang di timbulkan akibat output power yang digunakan.
  4. dilengkapi dengan conector DIN Mini di panel belakang. Sangat berguna bagi anda yang ingin menggunakan radio ini sebagai gateway maupun paket data. Dimana kecepatannya sudah disiapkan untuk 1200bps dan 9600 bps.

Namun di balik kelebihan tersebut ternyata FT-1500 mempunyai pula kekurangan yang lumayan mengganggu, yaitu di antaranya :

  1. internal speaker yang mudah rusak dan suaranya kurang begitu kencang. Sehingga alternatif lainnya kita harus menambahkan external speaker, apalagi jika digunakan di mobil maka asesoris tersebut wajib di gunakan.
  2. kabel spiral di hand microphone cenderung mudah rusak pula. Kasus yang sering terjadi adalah rusaknya pembungkus/outer kabel sehingga kabel kabel iner akan terurai. Untuk itu kita harus siap siap dengan kabel cadangan dan carikan dengan kualitas terbaik. Ganti kabel spiral dengan yang bagus bila perlu.
  3. lcd monitor dengan warna yang kurang nyaman di lihat.

Tetapi pada dasarnya radio jenis ini lumayan bagus jika kita gunakan untuk pemakaian sehari hari, terlepas dari kekurangan dan kelemahannya tersebut.

6 responses

  1. Assalamu Alaikum Wr Wb.. tlng bantuannya.. info bgmn carax spy radio bisa mengeluarkan output smpai 70 Watt pd running hight….?!! tks atas bantuannya… (abu)

    1. nanti saya posting triknya.. thanks kunjungannya, salam

  2. Julkawait_banjarmasin | Reply

    Saya kesulitan mencari final yaesu ft 1500, ada info dmana mendapatkannya bang? Terimakasih…

  3. Kalau dijakarta mungkin masih bisa di buru di glodog. Tapi coba om search saja di beberapa online market di Indonesia sepertinya ada. Salam

  4. Saya butuh tr final nya
    Ada yg bisa bantu saya
    Contack saya di
    085764644443

    1. Yang bisa membantu mas Agung, monggo teman-teman….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: