153 comments on “REVIEW WEIERWEI UV-5R

  1. OK Bro, saya barusan borong 6 unit HT ini dari glodok tadi sore..selisih antara VHF dengan model ini cuna 90 rebu,,,ya udah gua ambil aja…

    • sepertinya untuk broadcasting fm memang tidak bisa di save di memory . saya sendiri belum mencoba menggunakan kabel data tersebut untuk manajemen memory.

  2. met malam pak,radio saya kok ndak mau nyimpan memori udah saya lakukan seperti petunjuk bapak apa mungkin ada setingan menunya yang salah ??,,,,,

    • coba check, apakah channel memory yg dipilih sudah terisi sebelumnya? jika memang demikian harus di kosongkan / delete dulu. kemudian lakukan kembali prosedur pengisian memory.

    • habis di charge tentunya batre pack meningkat suhunya karena terjadi proses pengisian (hangat sedikit, bukan panas) nah, jika panasnya karena TX kemungkinan besar karena power di set ke high (4 watt). coba anda set ke posisi low power, tetapi konsekwensinya jarak tidak sejauh high power. kemungkinan ht ini tidak mempunyai sistem pendingin yg cukup buat transistor finalnya. saya belum sempat bongkar ht ini, namun unit yg saya gunakan suhunya masih sebatas wajar saat untuk TX.

      • tergantung penggunaan… yang pernah saya lakukan, dengan run Low power dan antenna aslinya, bisa bertahan 4 hari dengan rata2 penggunaan 6 jam per hari untuk komunikasi normal…
        termasuk awet menurut saya…

      • RALAT……..

        Untuk harga yang benar adalah 625 ribu rupiah di toko ALCOM… thanks buat om Heri YC3IMC di situbondo… :-)

      • wuaaaaa. aku baru dapet dan baru dikirim sehari kemarin. 750 rebu bro.
        ampun dah terlanjur bayar baru baca posting sampean om.
        thanks.
        salam 73 untuk Anda dsn keluarga.

      • he he!! gak apa2 bro, jangan lupa explore semua menunya. kalau ada yg menarik bisa di share ya… satu bug lagi yg saya dapatkan, ht ini lcd nya akan sedikit menghitam jika ht panas (dipakai buat tx). dan akan kembali normal setelah agak dingin. apakah semuanya demikian? kita tunggu hasil share pengguna yg lain. salam juga buat keluarga ya…

  3. tanya bro, kemarin gw dah beli type ini..tapi koq hasil receivenya kurang maximal ya..?? apa karena pengaruh antena bawaan ga bagus..?? gw test receive dengan HT pembanding, dengan jarak kurang dari 3 kilometer, HT pembanding bisa nangkep transmit dari repeater,sedangkan UV 5R kadang nankep kadang ga..kalau memang hrs ganti antena, ada rekomendasikah antena spt apa..?? thanks banged..

    • receive kurang maksimal? unit yang saya dapatkan receivingnya sama dengan beberapa ht yang saya punya, misal 2GA. apakah testnya posisi radio dan antennanya sama? yang saya coba baru menggunakan antenna dual band BRC SR-72. saya dapatkan dengan harga sekitar 75 ribuan. Hasilnya lebih bagus dibandingkan antenna aslinya. RX lebih peka, dan daya jelajahnya lebih jauh. dari beberapa review antenna ini cukup lumayan dibanding antenna helical. Namun saat ini saya tetap lebih suka menggunakan antenna aslinya karena tidak terlalu panjang, dan cukup untuk komunikasi di UHF dengan rekan2 hobbies seluruh tangerang (pakai repeater tentunya)…..
      Demikian, mungkin nanti ada yang mau menambahkan, kita tunggu komentar rekan2 lainnya di sini :-)

  4. bro , saya coba beli uv5r -ternyata waktu saya gunakan mode scanning tidak pernah bisa menangkap apa2 , padahal seting sql nya sudah paling rendah .Kayaknya cacat produksi bro kepunyaan saya baru beli sebulan , dan dari baru sudah cacat. trims bro .

    • selamat bro, anda sudah mempunyai si UV-5R…normalnya sih harus bisa buat scan dan jika terdapat signal dia harus berhenti sejenak. kalau masih baru di tukar saja dengan unit yang baru bro. Pengalaman rekan saya, beliau sempat mendapatkan vox headset nya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. namun karena mendapatkan garansi toko, maka headset vox diganti dengan yang baru dan berfungsi dengan baik.
      Saran bro, lain kali harus jeli dan cerewet sedikit jika kira kira unit yang akan kita beli tidak sesuai dengan manualnya.. coba semua functionnya. jika Ok, baru bayar…. pembeli adalah raja kan? :-)
      salam.

  5. sekedar share, setelah test selama hampir sebulan ternyata UV-5R saya bermasalah..dimulai dari LED Flashlight mati kemudian RX ga jelas seperti suara goreng krupuk..beberapa hari kemudian ketika melakukan transmit..tiba-tiba LCD langsung drop seperti battery lemah.
    karena sudah parah dan masih garansi, saya bawa kembali ke tempat dimana saya beli..setelah di check ternyata cacat pabrikan dan saya mendapat UV-5R yang baru.
    semoga UV-5R baru saya tidak bermasalah lagi..untuk info memang antena bawaan dari UV-5R kurang mumpuni,sekarang saya pake antena BRC CR-89VU…kalau kemarin dari dalam rumah ga bisa transmit…sekarang dari kamar bisa transmit,siiipp deeh..puas!

    • untungnya masih garansi ya bro… semoga temen2 yg lain selalu ingat untuk selalu minta jaminan garansi setiap mau beli hamgear merk apapun. oke bro, thanks share dan tindakan cepatnya. semoga unit barunya awet. salam

    • kurang bagus bagaimana di unit anda om? distorsi atau bagaimana, mungkin bisa di share lebih jauh. Kalau di unit saya audio receivenya bagus, loud and clear… baik pakai internal speaker atau headset :-)

    • Relatif mas… tapi kalau kita lihat dari spec. nya V8 jelas ketinggalan dibandingkan UV-5R. V8 hanya HT yang bekerja single band. Jadi kalau anda ingin bekerja di UHF dan VHF maka harus membeli 2 buah HT V8.
      Sedangkan UV-5R adalah HT yang bekerja dual band, VHF dan UHF.
      Dari segi output power dan fasilitasnya hampir sama saja.
      Nah dari segi harga, justru UV-5R lebih murah dibandingkan V8. Padahal UV-5R lebih unggul bandwidthnya dibanding V8. Dari 409shop.com UV-5R di bandrol dengan harga 48.80 USD, sedangkan V8 di patok harga 62 USD.
      Nah, kalau saya pribadi melihat pertimbangan diatas, jelas memilih UV-5R… namun semua kembali ke anda :-)

  6. met sore om.salam kenal aku di cilacap.dibelikan weierwei uv-5r.utuk masuk rpu gimana.recieve 160.930.tone 118.8 duplek -4850.jk tone max -2000.ketika ptt ditekan bisa transmit.tp jk duplek -4850 ptt ditekan tulalit tdk mau transmit.terus maksudnya dcs table dgn kode2nya itu apa.cara ngesave data2 gimana.jk offset sdh di isi pindah menu ilang lagi.pd menu no 10.11.12.itu untuk apa.matur nuwun sebelumnya.

    • Pagi Mas Fadli.. sebelumnya maaf agak lama balasnya :-)
      jika saya tangkap artinya mungkin begini ya : RX 160.930 duplek -4850 berarti TX di 156.080 dengan tone 118.8
      Langkah untuk settingnya adalah:
      1.On kan HT dan posisikan di VFO. Bisa ditekan tombol VFO/MR
      2.posisikan frekwensi aktif di VFO A. tandanya dilayar akan ada tombol kursor ditampilan frekuensi paling atas. frekuensi yang dibawah itu adalah VFO B. untuk atur ini gunakan tombol up / down di keypad HT anda.
      3.Pastikan VFO A tersebut diset di band VHF. untuk atur set band bisa di gunakan tombol BAND.
      4.Sekarang inputkan frekuensi RX 160.930 dengan cara tekan menggunakan keypad angka
      5.tekan tombol MENU, lalu pilih menu no 27 yaitu MEM-CH. gunakan tomnol up/down
      6.tekan MENU lagi dan pilih channel yang di inginkan. misal channel 025.
      CATATAN : untuk isi memory harus di channel yang kosong.
      7.tekan MENU sekali lagi untuk simpan.
      8. tekan EXIT.

      9. Sekarang masukan tone 118.8 dengan cara tekan MENU lalu pilih menu no 13, yaitu T-CTCS. Gunakan tombol up/down
      10. Tekan MENU lagi lalu pilih 118.8HZ. Gunakan tombol up/down
      11. Tekan MENU lagi untuk simpan, lalu tekan EXIT.

      10. Sekarang masukan frekuensi TX yaitu 156.080. gunakan tombol angka di keypad HT.
      11. .tekan tombol MENU, lalu pilih menu no 27 yaitu MEM-CH. gunakan tomnol up/down
      12 Tekan MENU lagi dan pilih menu 27 yaitu MEM-CH.
      13. Tekan MENU lagi dan pilih channel 025. Ingat, channel 025 ini yang tadi kita gunakan untuk simpan frekuensi RX. Berarti ditimpa dong? benar……. :-)
      14. Tekan MENU lagi untuk simpan, lalu akhiri dengan menekan EXIT.

      15. Tekan tombol VFO/MR untuk menuju ke frekuensi yang sudah kita memory tersebut.
      16. SELESAI

      Nah, jika berhasil di memory 025 akan tertampil angka 160.930 dengan tanda + – diatasnya.
      jika ada tekan PTT / transmit, maka akan berubah ke 156.080 (frekuensi TX)

      • Siang masbro, hr ni kebetulan sy mampir k toko prngkat coms dan lht2 ad uv 5r sy coba tanya k pnjualny,lht2 unitny cukup bagus jg jd minat pngn beli, nah stlh itu sy lgsung cr2 info di intrnet kbtulan bgt ktemu reviewnnya. Yg sy tnykan masbro punya saran ato tips sblm mmbeli uv 5r ini,apa aj yg hrs diprhtikan khususnya bg awam sprti sy ini,spy tdk mngcwkan dkemudian hari.trims

  7. Met Pagi Om…
    Thanks banget atas share ilmunya tentang Weierwei UV 5R-nya. Saya jadi terinspirasi untuk beli satu unit. Kemarin saya sudah beli, namun saat men-setting untuk frekuensi Repeater ada sedikit kesulitan, yaitu dimana angka shift-nya bukan merupakan angka kelipatan 10 namun kelipatan 5 yaitu 4.525. Mohon penjelasan untuk merubah selisih shift pada Weierwei ini menjadi kelipatan 5. Thanks
    Oya Om.., perkenalkan nama saya Sony. Tinggal di JakTim. Saya masih pemula di dunia “ngebreak”. Masih perlu banyak belajar dari para Master…

    • Met Pagi yang Kedua Om…
      Ternyata Saya yang salah Om.. Saya tidak teliti membaca postingan Om sebelumnya (utk Gan Fadli) ttg Duplex Frekuensi. Saya masih berfikir menggunakan pola setting Duplex Frekuensi menggunakan Alinco DJ-195_ yang menggunakan Shift saat memasukkan frekuensi Transmit.
      OK Om.. Sekali lagi thanks banget atas semua sharing Experience-nya..
      Mudah2an ada kesempatan utk bertatap muka dengan Om Yon..
      Amiin.

      • Pagi juga Om Sony…
        Syukurlah kalau sudah bisa. Silahkan di explore lagi menu menu UV-5R nya. Barangkali nanti menemukan menu atau fasilitas yang unik lainnya.
        Salam buat keluarga dan semoga bisa eyeball QSO juga :-)

  8. ***raimba
    ***on August 29, 2012 at 2:56 pm said: Edit
    ***Siang masbro, hr ni kebetulan sy mampir k toko prngkat coms dan lht2 ad uv 5r sy coba tanya k ***pnjualny,lht2 unitny cukup bagus jg jd minat pngn beli, nah stlh itu sy lgsung cr2 info di intrnet ***kbtulan bgt ktemu reviewnnya. Yg sy tnykan masbro punya saran ato tips sblm mmbeli uv 5r ***ini,apa aj yg hrs diprhtikan khususnya bg awam sprti sy ini,spy tdk mngcwkan dkemudian hari.trims

    Dear Mas Rimba…
    memang gampang2 susah ya milihnya :-)
    Tapi coba lakukan beberapa test berikut ini :
    1. Lakukan test fisik, dengan cara periksa secara teliti tampilan fisik dan kelengkapan serta
    accesories yang di sertakan. Barangkali ada tombol yang pasangnya miring, LCD yang agak
    gelap sebelah, Tulisan UV-5R yang mungkin gak ada (seperti unit yang saya beli) dll.

    2. Test fungsi HT. Dengan cara check fungsi tombol2 yang ada. Semuanya harus berfungsi sesuai
    peruntukannya. Rasakan tekanan keypadnya. Harusnya responsif dan tidak perlu ditekan
    dengan keras.

    3. Check output powernya. Harus sesuai dengan data yang disertakan. untuk UV-5R hanya
    menyediakan LOW dan HIGH saja. Minta bantuan tokonya untuk check ini, mereka biasanya akan
    menyediakan dummyload dan power meter sebagai alat ukurnya. Check di semua band dan
    Lakukan test acak saja. Dari frekuensi bawah, tengah dan ujung atas masing2 band. Jangan lupa
    sambil lakukan test fungsi microfon sekalian yaaa… (gunakan HT satunya untuk mendengarkan,
    pinjam saja sama tokonya). Coba bicara dengan jarak yang sedang dan dengarkan… uv-5r cukup
    sensitif dan tidak perlu teriak2 saat TX.

    4. Lakukan test semua accesories yang disertakan. Misal VOX, coba di pasang dan aktifkan vox
    headset. Normalnya ketika kita bicara di depan mic VOX, HT harus memancar/TX. Set menu dan
    tingkat kepekaannya. Sahabat saya pernah mengalami VOX yang tidak bekerja semestinya.

    5. Lakukan testing recharge batre. Ini sangat penting juga untuk memastikan bahwa charger bekerja
    dan batre pun memang dalam kondisi yang bagus.

    6. On kan HT beberapa saat dan sambil coba untuk testing receive / penerimaan. Cari orang yang
    lagi ngobrol di HT atau gunakan saja HT satunya lagi (pinjam Toko) untuk test penerimaan.
    Normalnya, suara cukup lumayan keras dan clear.

    7. Jangan lupa minta garansi jika unit yang di test sesuai untuk di beli. Ini sangat penting. :-)

    Demikian Mas Rimba, memang kesannya ribet. Namun pasti puas dengan pilihan yang sudah di test sedemikian rupa. Salam…..

  9. sorry gnggu aktftasx.. klo blh tau neh, jnengan bli ht weierwei uv-5r tu dg hrga brpa bro? kok kyakx sy liat toko2 online mhal2 bnget.. bs nitip ya n dkrim via expedisi

  10. saya dapatkan dengan harga 650 ribuan, tapi ada toko yg lepas sekitar 625 ribuan… Di toko online ada kok yang jual juga 650 rb belum plus ongkos kirim… (merk Baofeng UV-5R). coba search lagi di google…. :-)

  11. trims bnget infox bro.. sbnerx d kota sya ada yg jual weierwei uv-5r n cma2 itu satu2x toko yg jual ht dg hrga 750.000 tp syangx neh toko tu dg sngat angkuhx gk mau ngasih garansi, pdhal klo comment rekan2 dsni n mnrut jnengan sndiri bhwa garansi tu mutlak sngat d rekomendasikan!? klo spt tu mnrut jnengan gmna? mhn pnjlasanx biar sya gk sesal mmbeli nnti. trims

  12. trims bnget infox bro.. sbnerx d kota sya ada yg jual weierwei uv-5r n cma2 itu satu2x toko yg jual ht dg hrga 750.000 tp syangx neh toko tu dg sngat angkuhx gk mau ngasih garansi, pdhal klo bca comment rekan2 dsni n mnrut jnengan sndiri bhwa garansi tu mutlak sngat d rekomendasikan!? klo spt tu mnrut jnengan gmna? mhn pnjlasanx biar sya gk sesal mmbeli nnti. trims

  13. oia 1 lg.. toko tu jg gk ngebolehin buat test n check brangx? yg tnjukan k sya hanya brangx tnpa baterai yg dpsang n klo sya mnta bsa dtest gk gt? dg entengx si pemilik toko mnjwab brangx lgkap n siap pakai gt aja. trims n mhon pnjelasanx

    • kalau saya pribadi harus mutlak di check mas bro… supaya kita yakin bahwa unit yang kita beli sesuai dengan datasheet nya. Masalahnya, kalau barang sudah kita beli dan ternyata ada problem pabrikan dan tidak ada garansinya, yang repot tentu kita sendiri :). Saya menekankan garansi di tulisan saya karena untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan. Dan ternyata dari sekian unit yang di beli kawan2 terdapat cacat produksi. Karena ada garansi itulah maka unit yang problem bisa di tukar kembali. Dari setiap toko yang saya survey di glodhok, mereka memberikan garansi ini.

      Jadi menurut saya, mending cari toko yang memberikan garansi (biasanya sebulan). Ada beberapa toko online yang nampaknya bisa memberikan garansi ini, banyak kok mas bro. Coba anda ke http://www.tokoradio.com atau ke http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14047344 . mungkin anda akan banyak mendapatkan informasi tentang radio ini…. ;)

  14. alhamdulilah bro UV-5R sya dah dtg td pgi n da yg mau sya tnyakan neh bro.. sya mo set msuk k rpu kok susah ya ato gk bs transmit 142.045 outputx n 143.340 inputx duplex 129.5 tp kok gk bsa transmit ya pdhal dah tk smpan d memory yg sma n sblmnya gk trisi(ksong). mhon share infox bro? trims

  15. pertanyaan saya , apakah seting memorynya sudah benar? coba ikuti dengan teliti langkah2nya (lihat di comment2 sebelumnya)… seharusnya bisa bro. Pastikan pancaran anda dapat diterima dengan oleh input repeater..

  16. Pagi mas bro, saya danny dari balikpapan, saya mau nanya bagaimana cara setting Ht SMP 328, saya hanya di kasi tau frekwensi yg harus di isi adalah TX: 434.750 dan RX: 435.250. Mohon bantuannya karena saya orang baru di dunia radio hehehe…Thanks.

  17. aq pnya sdkit infrmasi bro ttg scan tone d uv-5r. prtma2 setnya sma dg yg ms cqradio share d atas yaitu.. 1. msukan freq outputnya kmdian save d mem yg anda suka
    2. kmdian msuk k menu 13 tkan menu, tkan scan n scra otomatis dy kan brhnti sndri d tone yg trplih.
    3. save d mem n d nmor tmpat anda mem save outputnya.
    4. msukan inputnya n save dtmpat mem n nmor yg sma spt td. FIN

  18. Reblogged this on mahrankantawan and commented:
    bang………knp ya d uv-5r ku ketika aq yg d ajar kan abang
    10. Sekarang masukan frekuensi TX yaitu 156.080. gunakan tombol angka di keypad HT.
    11. .tekan tombol MENU, lalu pilih menu no 27 yaitu MEM-CH. gunakan tomnol up/down
    12 Tekan MENU lagi dan pilih menu 27 yaitu MEM-CH.
    13. Tekan MENU lagi dan pilih channel 025. Ingat, channel 025 ini yang tadi kita gunakan untuk simpan frekuensi RX. Berarti ditimpa dong? benar…….
    14. Tekan MENU lagi untuk simpan, lalu akhiri dengan menekan EXIT.
    kembali ke 400.000 lgi padahal sdh aq set seperti d atas tu td???
    2) kenapa ya ada bunyi tulalit ketika kt melepas PTT???

  19. da sdkit info buat tmn2 dsni jka da bunyi tulalit swktu mlpaskan PTT.
    1. msuk k menu n cari menu PTT ID ato d no 19, tkan menu n PTT IDnya dbuat off
    2. tkan menu lg n exit.
    slahkan anda cba explore ja uv-5r nya

  20. ass mas bro….saya arta di bpp.saya d kasih HT wierwie UV-5SR oleh kakak saya…saya pengen tau gimnaa cara menggunakan HT tersebut….awam bngt mas bro..makasih atas share waktunya

    • Waalaikum salam wr.wb mas bro….
      cara pakainya yang pasti pertama nyalakan dengan memutar potensio yg ada di bagian atas radio tersebut. lalu scan frekuensi yg biasa di gunakan di daerah anda. coba dial di band VHF, dari 142.000 Mhz sampai 149.000 Mhz. disana nanti anda akan mendapatkan frekuensi amatir radio (ORARI) maupun RAPI. Sayang sekali, saya kemarin baru dari balikpapan juga selama 2 bulan. tinggal di pos 10 Balikpapan baru. mungkin jika waktu itu anda sudah comment disini kita bisa ketemuan nih…. :-) anda di mana balikpapannya mas bro?

  21. izin tanya bukankah,bafoeng uv5r dengan weireweiuv5r sama ,tapi kenapa harga jauh beda,,,di toko online sebelah yang bafoeng dijual 590 ribu n yang weir…dijual 650 ribu,,,gmana masukannya???

  22. mas,saya baru saja beli ht ini,yg saya tanyakan GIMANA cara menghubungkan antara HT dengan WALKY TALKY? ??soalnya dirumah ada 4 walky talky NUWUN.

    • coba di frekuensi berikut ini (UHF Band):
      1 FRS / GMRS 462.5625
      2 FRS / GMRS 462.5875
      3 FRS / GMRS 462.6125
      4 FRS / GMRS 462.6375
      5 FRS / GMRS 462.6625
      6 FRS / GMRS 462.6875
      7 FRS / GMRS 462.7125
      8 FRS 467.5625
      9 FRS 467.5875
      10 FRS 467.6125
      11 FRS 467.6375
      12 FRS 467.6625
      13 FRS 467.6875
      14 FRS 467.7125
      15 GMRS 462.5500
      16 GMRS 462.5750
      17 GMRS 462.6000
      18 GMRS 462.6250
      19 GMRS 462.6500
      20 GMRS 462.6750
      21 GMRS 462.7000
      22 GMRS 462.7250

      Semoga membantu bro :-)

  23. halo mas brow….mas ane udh beli UV-5R…seperti saran anda untuk mendisable lampu warnanya biar hemat baterainya caranya bagaimana mas bro???mohon bantuannya…suwun..

  24. halo juga mas bro…. maaf telat balas comment anda yaa…
    untuk disable lampu backlight layar maupun lampu led yang sekiranya bisa lebih menghemat konsumsi batre adalah :
    pencet tombol MENU lalu pilih menu 29 (WT-LED), set ke posisi OFF. lakukan pula pada menu no 30 (RX -LED) dan menu no 31 (TX-LED).
    demikian mas bro, semoga bisa membantu.

  25. Sorry pak,mohon bantuanny..bagaimana cara untuk setting frekuensi UHF UV-5R dengan Freq RX 445.37500 , TX 440.20000. Tone RX CSQ Tone TX. DPL 065

    • Dear mas Audie
      untuk setting frekuensi repeater bisa anda lihat di comment di atas. sepertinya saya sudah pernah menjawab dengan pertanyaan yang sama, hanya di band VHF. langkahnya sama, demikian semoga bisa membantu.

  26. aass mas brow.alhamdulilah udh 2 bln sy pke weierwei uv 5r ga da masalah tuh…rx mantep sensitif bgt, tx jg mantep cpt conect ke rpu… pokoknya siiip deh..sy jg reomendasikan ke para security yg ada di perum saya…

    • walaikumsalam wr.wb… wah, syukurlah kalau masih awet dan tidak ada masalah mas bro… semoga ini menjadi solusi yang murah meriah bagi penggemar briko briko :-) , salam

  27. permisi Om perkenalkan saya Rudy dari samarinda saya baru beli WEIERWEI UV5R seharga 750K untuk di tengah kota terima sinyal sensitif om transmit juga oke Full tapi sampai di daerah yang dikelilingi perbukitan sinyal kok jadi lemah transmit kurang jelas diterima om apa pengaruh antena standar/asli bawaan WEIERWEI UV5R nya yang mau saya tanyakan antenna yang cocok dan bagus antena apa ya SR72 atau RH536 om mohon konfirmasinya om

    • Dear mas Rudi,
      harga agak tinggian di tempat anda ya… :-)
      sinyal menjadi lemah saat kita transmit/receive di area yg dikelilingi perbukitan? itu jelas akan terjadi mas bro. Signal di band VHF / UHF mempunyai sifat LOS (Line off sight). artinya hanya sebatas pandang dan garis lurus. jadi kalau sudah menabrak bukit, gunung, gedung maka signal tersebut akan teredam sehingga signal akan menjadi lemah. tentunya untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dengan cara mengganti antenna yang mempunyai db gain besar atau memasang antenna yang letaknya lebih tinggi (external antenna misal hygain, ring-o, yagi maupun vertical home base antenna lainnya).

      Tapi kalau anda ingin mempertahankan pemakaian yang tetap portable, mau tidak mau harus mengganti antenna aslinya semisal SR72. Saran saya jika anda beroperasi untuk homebase lebih baik pasang antenna external saja, perubahan signifikan akan lebih anda dapatkan.
      Demikian mas bro, semoga bisa menjadi pertimbangan :-)

      • terima kasih om atas penjelasannya maaf pemula mau tanya lagi saya sering berkomunikasi menggunakan VHF om maunya saya tetap portable om bisa dibawa kemana mana kalau untuk yang agak pendek dari SR72 dan langsung conector SMA Female ada ga om yang penting kualitas TX dan RX nya bagus jelas diterima kemudian kalau SR72 kan harus pakai adaptor BNC ke SMA FEMALE lagipula mengingat panjangx SR72 Om kalau ada kasih bocorannya merknya dan tipenya om terima kasih banyak

  28. Mohon petunjuk mas, saya Baru 2 hari membeli HT Werwei UV 5 R, tapi masalahnya sekarang apabila, masuk pada freqwensi 46.800 seperti ada interferen yg sangat besar jadi frekwnsi yang semestinya qt pakai, tdk bisa termonitor akibat adanya interferen tsb, seperti ada dublingan, padahal , kalau menggunakan HT jenis lain, freq tesb sangat jelas n clear,moho pencerahan mas… salam YD8RIK Tomohon.

    • Dear Om Erik, Jika memang compare dengan radio lain hasilnya seperti yang anda katakan mungkin pengaruh dari signal dari pll digital atau harmonisa digital systemnya yang akan mengakibatkan osilasi pada frekuensi tertentu. saya sendiri belum mencoba di frekuensi tersebut… Namun saya pernah mendapatkan kasus seperti itu di radio IC-V68 Icom. Salam de YC1UUU

  29. saya baru beli Weierwei UV5R, ketika fungsi heatset saya pasang saya gak dengar apa2, trus pada antena terasa panas kenapa ya Mas? mohon pencerahannya trims

    • jika pakai headset tidak dengar apa2 pastikan dulu ada signal dan suara yg masuk di HT. jika semua ok, coba periksa apakah saat headset di colokan, HT akan transmit/memancar? jika ya set pengaturan level vox nya atau matikan vox. jika problem masih berlanjut saya curiga headset anda bermasalah/short. jika antena (pangkal bawah) panas saat transmit, itu wajar. tapi seharusnya tidak terlalu panas. coba kurangi power namun resikonya tentunya pancaran tak akan sejauh menggunakan high power. kalau panasnya saat RX/mendengarkan saja, seharusnya tidak demikian, soalnya saat RX antena tidak melontarkan energi.

  30. salam kenal..saya baru beli baofeng uv-5r, ada masalah tidak mmau transmit, seperti tombol terkunci pada saat ptt ditekan bunyi beep tetapi tdk mau transmit, mphpn petunjuk……….salam de YC3FTD

    • coba masuk menu mas… sepertinya di sana ada menu lock ptt.. maaf belum bisa jawab secara spesifik soalnya lagi di tengah laut tanpa bawa HT ini.. :-) salam de YC1UUU/3

  31. mo nanya lagi mas,,,,,, maaf soalnya pemula banget neh hehe,,,,,!!
    klo mo pake antena atas yg di matching antenanya doang ato plus kabelnya mas? kmaren ditawari pake antena temen katanya dah match, trus klo mau tak pakek dengan weierwei saya apa perlu di matching lagi mas? mohon pencerahannya trims,,, maaf kebanyakan tanya mas hehehe,,,,,,,,,,,,

    • saran saya Sebaiknya lakukan rematching line dengan radio yang anda pakai, agar yakin dan dipastikan VSWR bagus…. demi keawetan radio anda. bonusnya tentunya pancaran anda akan lebih efisen karena tidak ada power yang sia sia :-)

  32. Hallo mas, saya adalah salah satu pemilik HT tersebut, dan saya mengakui apa yang mas paparkan, di atas, begitu juga tentang kelemahannya cuma yang saya mau tanyakan untuk finalnya menggunakan IC atau TR mas, hari ini saya lihat ada 1 TR dg kaki cuma ada 3 bisa dibilang juga dengan ukuran yg sangat kecil beda dg Icom V68 yg pakai TR 1971, tp untuk UV 5R Transistornya kecil sekali mas cuma jujur belum saya lihat nomornya jika boleh tahu barang kali mas sudah tahu nomernya berapa, ada tidak di pasaran dan harganya berapa, mohon informasinya untuk jaga-jaga mas karena TR 1971 aja sudah hampir langka dipasaran atau mungkin cuma permainan penjual untuk manaikan harga karena di desa kami kawasan indramayu dari kota samapi peloksoknya lagi marak radio fm jadi TR tersebut mulai 1971, 1946, 2630, 2782 harganya lumayan yang paling susah cari 1971, sudah harganya mahal barangnya uwuh, walau bagi saya tk masalah bisa diganti dengan 1947 toh power outputnya juga sama saat dicun bisa sampai 8 Watt. makasih saya tunggu infonya tentang final UV 5R mas

    • Halo juga mas bro… kalau dilihat dari skemanya final yang dipakai di UV-5R ini menggunakan jenis Transistor jenis MOSFET Silicon N-channel.Bentuknya memang sangat kecil, beda sekali dengan packacge dari C1971 maupun C1946. Type transistor yang dipakai ini adalah RQA0009SXAQS. saya sendiri belum sempat survey apakah jenis transistor final ini ada yang jual di indonesia apa tidak.
      Jika seandainya jebol dan anda tidak bisa mendapatkan di pasaran saya yakin ini masih bisa diganti dengan jenis mosfet yang lain, namun repotnya tentu harus ada yang disesuaikan beberapa komponen pendukungnya.

  33. om knp ya tiap sy coba utk read from radio selalu gagal yak..padahal com port nya dah betul..so jd gakbs prog dr pc

    • dear mas Rico, saya belum bisa jawab pertanyaan anda karena sampai saat ini saya belum pernah mencoba program UV-5R menggunakan komputer. mungkin nanti ada teman lain yang bisa share…. :-)

    • Permasalahn mas Rico sama dengan saya, saya menggunakan 2 software (Software UV-5R & Chirp) hasilnya sama padahan kabel data digunakan untuk HT Cina merek lain jalan normal. ada beberapa informasi kalo UV-5R ada beberapa model, cara mengeceknya, matikan HT, tekan tahan angka 3, kemudian hidupkan HT. punya saya BFB297

  34. mas cq di UV5 saya ketika dilayar tampil CH- 1 / 2 / 3…dst. dan PTT ditekan (transmit) kok tetep aja alias gak berubah ke frek. transmit? trus ketika memprogram untuk OFFSET dan SFT-D perlu diprogram juga apa gak? bgmna caranya mas,,, makasih banyak,,,!!!

  35. Salam kenal om, baru kemarin beli uv5r, dan baca-baca diatas cara menyimpan frekwensi, mau tanya kalo nyara manggilnya frekw yg sudah disimpan gimana, semisal udh disimpan dichanel 1 dan mau panggil chanel 1nya bagaimana. tks

  36. Salam kenal kembali kawan, untuk memanggil memorynya sebenarnya cukup simple. Tapi sudah lama tidak pegang UV-5R lagi jadi lupa. mungkin nanti ada kawan di bawah ini yang akan jawab…. :-)

  37. Selamat Sore, maaf, mengganggu dikit…. mas bro…, klau Weierwei UV-5R, bisa nggk dijadikan repeater……. krn saya lihat di menu ada vox otomatisny….. saya sudah coba voxny… bagus. tapi klau boleh tau pake perangkat apa lagi supaya bisa jadi repeater.

    • Malam juga mas bro…. Tentunya uv-5r ini bisa kita manfaatkan menjadi sebuah repeater. Bisa dimanfaatkan sebagai inputnya atau outputnya. Kita butuh sebuah rangkaian yang prinsipnya bekerja sebagai sebuah saklar otomatis jika mendapatkan triger tegangan di depan. Sebut saja interface / COR. Nah, trigernya bisa kita manfaatkan melalui fasilitas vox, atau juga bisa menggunakan indikator led rx (menggunakan LDR sebagai sensornya), atau memanfaatkan tegangan yang muncul saat RX (perlu bongkar uv-5r nya). Dari beberapa metode yg di atas sepertinya metode VOX yg lebih simple…. :-)

  38. pagi mas, UV-5R apakah bisa sebagai repeater antar walky talkie (UHF) jadi bisa komunikasi antar walky talkie dan HT, karena selama ini harus gantian tidak bisa dengan semua, maaf kalau tidak jelas pertanyaan nya

    • Pagi juga… maaf agak lama balasnya :-)
      saya masih agak rancu dengan pertanyaan anda :-)
      UV-5R bisa dikerjakan sebagai repeater baik UHF/VHF, dengan catatan anda harus menyediakan 1 radio lagi sebagai input/outputnya. dan disini diperlukan COR (saya pernah menjawab pertanyaan memfungsikan UV-5R menjadi repeater, coba scroll up). Disini berarti judulnya adalah anda membangun repeater menggunakan UV-5R. mengapa harus 2 radio? karena UV-5R belum full duplex.
      demikian, semoga benar ya asumsi saya tentang pertanyaan anda. :-)

  39. Salam mas bro
    Saya baru punya weierwei UV5R. Bagaimana cara simpan frekuensi. Sy mau pake frekuensi 159000 dan 154000. Klo sy timpa ke chanel yg sm chanel hanya terganti dan tidak ada tanda “+” atau “-” diatasnya. Dan dimana klo mau set “TONE” krn menu ke 12 “SEEK” dan menu 13 “SEEK” jg. Dan klo mau di set tdk bisa krn parameternya berjalan dgn otomatis (scan terus tanpa henti). Tolong pncrhannya.

  40. Mas Bro Taufiq….
    Asumsi saya ini buat simpan frekuensi repeater ya bro? coba scroll up, sudah ada comment saya tentang pengisian buat frreq.repeater ini dari pertanyaan bro fadli. ikuti step by step dengan teliti,langkahnya agak panjang mas bro…

    • @dhonny. bisa aja om…namun antena d kabel dimatcing dulu. dan juga di freq mana anda mempergunakan (transmit) .utk freq 130.0000 -170.0000 pake antena vhf, utk freq 430.0000 – 460.0000 pake antena uhf.

  41. Malam suhu nya HT,maaf saya mau sharring,tadi uv-5R saya baru di setting memory.
    Sekarang saya bingung bagaimana cara nya supaya saya bisa naik turunkan frekuensi.
    Soalnya saya pencet tombol ini itu hanya menaik turunkan memory
    Mohon pencerahan nya

  42. Malam suhu nya HT,maaf saya mau sharring,tadi uv-5R saya baru di setting memory.Sekarang saya bingung bagaimana cara nya supaya saya bisa naik turunkan frekuensi.Soalnya saya pencet tombol ini itu hanya menaik turunkan memoryMohon pencerahan nya

  43. kalau anda dalam mode memory tentunya tidak bisa naik atau turun frekuensi nya. Yang naik turun adalah memory frekuensi yang sudah anda setting. Untuk bisa up/down frekuensi yang anda maksud tentunya harus ke mode VFO dulu…

  44. met pagi mas bro,,mau tanya neh, sy punya HT UV-5R dan kabel USB nya, tapi ga mau conect dgn laptop saya,
    apakah mas bro punya driver prolific USB nya ???
    klw ada minta dunk mas,, kirim lwat email sy sj y irwan_466@yahoo.co.id
    makasih bnyak mas,

    • tidak punya mas bro… saya sendiri belum pernah manajemen frekuensi menggunakan usb interface. tapi coba anda googling, biasanya ada driver yg sesuai dengan hardware usb cable tersebut.

  45. Malam ,saya sudah berhasil save frek,,
    Sek yg saya mau tanya sama sesepuh weirwei,,, bagaimana set nama nya

    • untuk memberikan nama alphabetic pada memory harus menggunakan komputer mas bro.. anda memerlukan interface cable nya dan softwarenya. di toko online indonesia ada yg jual kabelnya. bisa di googling bro…

  46. Mas bro saya kemaren beli HT Weierwei vev-3288s, terus mw aq setting frekuensiny sesuai dengan yg mas postingkan diatas, tp gak bisa karena gak ada menu VFOnya, terus menunya cuma 1-15 terus melompat ke 22, itu gimana tu caranya biar ada menu VFOnya?

    • tentu tidak bisa mas bro… karena langkah tersebut untuk uv-5R… saya belum pernah menggunakan type yg mas bro pakai. mungkin yg lain bisa jawab…

    • ada beberapa cara yg bisa dilakukan :
      1. menambah penguat microphone 1 tingkat. namun harus anda pikirkan untuk menempatkan rangkaian ini di dalam ht (harus di bongkar). tapi jika lombanya boleh menggunakan extra mic, lebih ok masukan saja ke kotak exra mic tersebut. rangkai sesimple mungkin. syukur2 pakai komponen SMD (mikro).

      2. Adjust vr penguat mic di ht / atur nilai komponen di penguat mic ht aslinya. sayangnya tekhnik ini agak sulit karena harus bongkar ht dan sangat beresiko.

      3. coba ganti2 mic condensor ht dengan type / impedansi yg beda.

      monggo mana yg menurut anda mudah di kerjakan, namun menurut hemat saya dan segi kepraktissan bisa digunakan cara 1.

      Apakah bisa dimainkan dengan software untuk adjusting volume mic ini? jika bisa, ini langkah yg paling mudah dan bisa dikatakan tidak beresiko. sayangnya saya belum bisa explore lebih lanjut untuk software ini.
      selamat bertanding… :-)

  47. Siang bos mau tanya neh…satu bulan kemarin saya habis beli 40 unit UV-5R dan sudah terpaki di kantor saya untuk koordinasi maintenance yang saya ingin tanyakan,..
    1: kok semuanya g bisa scan sinyal ya…?
    2. bagaimana cara setting untuk mengirim pesan…?
    3. bagaimana biar suara jernih apa yang bisa di setting..

    • Dear Mas Bro….
      Untuk scan di coba dengan cara set lebih besar tingkat pengaturan squelchnya di Menu. Agar suara jernih dapat dengan beberapa cara, yaitu:
      1. Dengan mengganti antena yg mempunyai tingkat gain lebih tinggi.
      2. Cari posisi yang lebih baik/tinggi….
      3. Ubah ke posisi high jika anda masih menggunakan low power.
      4. Dll….. :-)

  48. Selamat Sore Mas,

    Salam kenal, saya juga pengguna HT ini, kami berkomunikasi menggunakan RPU, tapi setiap saya melakukan komunikasi lawan bicara selalu memberikan informasi kalo dari HT saya terdengar kemresek kaya mbawa kantong kresek, mohon pencerahan untuk menghilangkan bunyi kemreseknya bagaimana ??

    • jika yang dmaksud kemresek karena noise, ini disebabkan karena daya jangkauan pancaran HT anda tidak sempurna di terima oleh lawan bicara. cari posisi yg lebih bagus dan bisa ganti antena yang mempunyai gain tinggi.
      Namun…..
      Jika yg dimaksud kemresek bukan itu, mungkin ada gangguan yg disebabkan oleh koneksi yg kotor/koneksi tidak sempurna di radio anda. cek mic / jacknya, atau connector ke antenna jika menggunakan antena luar.
      Sebenarnya ini mudah di.bedakan kok, antara kemresek noise dengan bukan.

  49. Salam kenal, saya sudah menggunakan HT tersebut diatas, cuma ada sedikit masalah ketika saya ingin melakukan setup freq menggunakan software (agar bisa diberi nama). saya menggunakan software boefeng uv-5r, kabel data modif dari CA-42 — GAGAL, padahal kabel data tersebut biasa saya gunakan untuk setting freq. ht merk china lainnya dan sukses. ada yang bisa bantu…..

    • Dear Mas Achmad… pengalaman anda sama persis dengan saya.. mungkin ada teman lain yg punya solusi bisa memberikan pencerahan… monggo.. :-)

  50. mas, numpang tanya apakah ht wierwei uv-5r bisa dipakai ditempat terbuka yang hanya ada penghalang pohon saja, apakah suara yang diterima dan dikirim jernih suaranya, jarak antara 2 ht tersebut hanya 3 km, sebab saya hanya gunakan untuk bermain merpati (menitor dari tempat satunya kemana arah terbang merpatinya aja)
    terima kasih mas.

    • tentunya bisa mas… apalagi ditempat terbuka yg tidak ada halangan gedung – bukit… untuk lebih sempurna gunakan antena yg mempunyai gain lebih tinggi

  51. @ Mr. Edwar, saran saya jangan pake uv-5r, karena RX-nya kurang bagus (pengalaman saya), sekedar saran om, pake aja firscom fc-07 (single band VHF) dengan upgrade antena. atau HT singgle band merek lainnya.

  52. bos kalo tidak keberatan postingkan fungsi menu pada UV 5R…Semisal STEP…gunanya apa…,vox…gunanya apa…..dst…..terimakasih

  53. mantab gan… ane baru ambil 2 unit… rencana pakai komunikasi antar personil di lapangan sekalian nambah2 hobi baru….. salam newbie Bali om n mastah sekalian…..

    • sip Mas Bro….. silahkan di update jika ada kelemahan/kekurangan HT ini. seperti kita ketahui, produk china biasanya lemah di kualitas. namun sebandinglah dengan harga… happy nice “briko-briko” mas bro…. :-)

  54. Wah enak ya di Jawa. Kalo disini (Luwuk, Sulawesi Tengah), diriku beli 6 bulan lalu Weierwey UV-5R harganya Rp 900.000,-. Mungkin karena hanya satu toko yang menjual alat-alat komunikasi. Oh ya, apakah emang radio ini output audionya cempreng, Mas Bro?

    • output RX memang agak cempreng mas bro.. apalagi kalau.di bandingin sama motorola.. jelas jauh. wAduh…. 900ribu? mendingan tambah dikit udah dapat HT yaesu yang baru dan anti air lg… mahal sekali yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s